Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Bupati Resmikan dan Uskup Berkati Gereja Katolik Pekawai

Foto Umat bersama Uskup dan Bupati serta para Krismawan-wati saat peresmian
Gereja Santo Gabriel Possensi stasi Pekawai
Paroki Nanga Mahap Kamis 28 April 2022

Sekadau, dermagafm.com - Gereja Katolik Santo Gabriel Possenti Stasi Pekawai Paroki Nanga Mahap, Keuskupan Sanggau diresmikan oleh  Bupati Sekadau Aron SH dan diberkati Mgr Yulius Mencucini, CP pada hari Kamis 28 April 2022.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan dukungan pemerintah terhadap semua aktivitas  keagamaan salah satunya pembangunan gereja. 

"Pemerintah mengucurkan bantuan melalui dana hibah untuk membangun gereja ini kerjasama pemerintah dengan keuskupan dan para pastor Paroki, pemerintah selalu menyiapkan dana hibah untuk pembangunan gedung gereja dan rumah ibadah lainnya dan dilakukan supaya rumah ibadah atau gedung gereja bagus kedepannya dan umat senang dan rajin datang ke gereja, dan ini semua adalah bentuk dukungan dan apresiasi pemerintah kepada pembanguanan rumah-rumah ibadah, “kata bupati.

Bupati juga menyampaikan, pentingnya peran gereja dan pastor  paroki dalam pembinaan iman, 

“Kedepanya yang penting itu peran gereja dan pastor Paroki dalam pembinaan iman, karena kita menyadari pertumbuhan umat Katolik setiap tahunnya memang luar biasa banyak dan itu menjadi perhatian bagi kita semua dalam kesiapan umat  dalam menghadapi tantangan saat ini dan satu-satunya wadah adalah gereja juga untuk meningkatkan iman dan keyakinan terhadap Tuhan.  Agar di setiap perjalanan hidup kita selalu mendapatkan berkat dan rahmat dari Tuhan, saya juga mengingatkan  situasi saat ini  masih dalam suasana covid 19 dan kita masih dalam status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 maka  protokol kesehatan selalu dianjurkan, “kata Bupati.

Sementara itu dalam sambutan Uskup, Mgr. Yulius Mencucini Cp mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah bekerjasama dalam membangun gereja dari awal hingga diresmikannya hari ini, terutama kepada pemerintah Kabupaten Sekadau. 

“Pembanguanan gereja ini tidak lepas dari kerja keras dan kerja sama umat Stasi Pekawai Paroki Ng. Mahap, Desa Nanga Suri Kecamatan  Ng. Mahap, Terutama saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau yang telah mengucurkan dana hibah yang cukup besar hingga gereja ini bisa berdiri tegak dan diresmikannya hari ini, karena membangun fisik sebuah gereja itu adalah tanda bukti bahwa umat stasi ini mencintai Tuhan dan Tuhan hadir ditengah umat. Gereja Santo Gabriel stasi Pekawai Paroki Santa Maria Bunda Allah Ng. Mahap ini merupakan Gereja ke-942 yang saya berkati karena gereja juga merupakan tanda keberanian kita menjadi saksi kebangkitan Kristus dan selalu siap mewartakan kabar suka cita, “ kata Uskup yang sudah memasuki masa pensiun pada bulan Maret 2021 lalu. 

Pada upacara pemberkatan dan peresmian Gereja Katolik Santo Gabriel Possenti Stasi Pekawai, Uskup memberikan sakramen Krisma kepada 101 orang umat. 

Turut hadir mendampingi Bupati dan Uskup, Lima orang Pastor dari Sekadau dan RTM, Wakil ketua DPRD, Handi dan anggotanya yaitu Jeffray Raja Tugam, Harianto,  Hasan dan Moloi, Kepala Badan Pengelolaan Retribusi Pajak  Daerah, Iwan Karantika, Kadis Koperasi dan UKM  Emanuel, Kasat Pol PP  Paulus Yohanes, Muspika Nga Taman,  Muspika Nanga Mahap dan serta sejumlah tokoh masyarakat, tokoh adat setempat. 

Ketua Panitia pembanguan gedung Gereja  Katolik Dusun Pekawai Desa Nanga Suri Kecamatan Nanga Mahap, Jito melaporkan bahwa pembangunan Gereja dengan dana hibah bantuan dari pemda sebesar satu miliyar tujuh ratu juta lebih dan bantuan umat bukan bentuk uang tapi kerjasama gotong royong umat karena  rasa memiliki, dan untuk pemberkatan dan peresmian gereja ini umat mengumpulkan uang 200 ribu per kk dan terkumpul 24.750.000, beras 240 kg dan beras pulut 600 kg dari gereja 6 juta 7 ratus ribu, donatur 16 juta 6 ratus 13 ribu, total biaya keseluruhan untuk  peresmian Gereja Santo Gabriel Possenti Stasi Pekawai  Paroki Santa Maria Bunda Allah Ng. Mahap, desa Nanga Suri Kecamatan  Ng. Mahap Kabupaten Sekadau 47 juta 6 ratus 3 ribu. (Ika)

Editor: Drs. M. Nico B

Simak siarannya di 100,9 FM dan di dermagafm.com

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya