Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

PLN Kantor Unit Layanan Sekadau, Paham tentang Bulan Suci Ramadhan 1443 H

Markus Adi, Kepala Unit Layanan PLN Sekadau

Sekadau, dermagafm.com - PLN Kantor Unit Layanan Sekadau telah mempersiapkan diri dalam menyambut datangnya bulan suci, Ramadhan 1443 H dengan berbagai persiapan teknis dan nonteknis. Hal ini dikatakan , oleh pimpinan PLN Sekadau Markus Adi yang didampingi Pendi, staff pelayanan teknis, kepada radio Dermaga belum lama ini di kantornya. 

Kepala PLN yang bertugas di Sekadau sejak pertengahan tahun lalu mengatakan ada pemberitaan di salah media yang memuat berita pemadaman listrik seakan-akan terjadi di masa Ramadhan ini, mungkin perlu sedikit diluruskan. 

"Memang kita akui bahwa sebelum Ramadhan pernah terjadi pemadaman akibat dari suplai mesin PLN Sintang itu ada gangguan dan tentu ada perbaikan, kemudian ada juga pemadaman lagi. Namun sejak tanggal 30 Maret sampai dengan tanggal 10 Mei 2022 kita tidak ada pemadaman apapun alasannya karena masa ini adalah masa siaga berkaitan dengan pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan sampai dengan pasca Idulfitri 1443 H tanggal 10 Mei nanti dan sekali lagi saya sampaikan bahwa masa siaga artinya kalau tidak mendesak kita tidak diizinkan melakukan pemadaman yang terencana kecuali yang sifatnya emergency, misalnya ketimpa pohon, jadi kita upayakan tidak ada pemadaman dan kalau ada gangguan yang terjadi karena pohon tadi tugas kita siap untuk percepatan penanganan "jelasnya.

Menurut Kepala PLN Sekadau bahwa di Sekadau dibantu oleh mesin PLN dari Sintang dari Sanggau dan dari Suak Payung. 

" Ada tiga mesin utama untuk Sekadau, yaitu dari Sintang suplay untuk daerah Sungai Ayak, Belitang dan Belitang Hulu, terus kalau dari Sanggau itu kan mulai dari Semuntai masuk ke Jalan Sanggau sampai sebagian Pasar Baru dan pasar Tengah sampai Seberang  Kapuas, yang ketiga idari mesin PLTD Suak  Payung itu untuk mengalirkan ke daerah Kecamatan Sekadau Hulu,  Nanga Taman dan Nanga Mahap, "sambungnya.

Untuk penyampaian informasi pemadaman di luar masa siaga di atas, pihak PLN sudah mempunyai grup WA, yang beranggotakan banyak pihak yang dianggap bisa menyampaikan info tersebut ke pihak lainnya. 

"Melalui  WA kita juga bermaksud sampaikan info pemadaman, perbaikan dan lain-lainnya dimana semua ada kami masukan, ada dari camatnya, ada dari kepala desa masyarakat juga ada juga anggota dewan di seluruh kecamatan lain, dari Polres ada juga dan di WA disampaikan rencana ada pekerjaan yang menyebabkan padam yang biasanya kami informasikan satu hari sebelumnya tapi kalau yang tidak terrencana akibat gangguan mendadak, kami usahakan sampaikan dan nanti kami akan perluas lagi penyampaian informasi pemadaman atau perbaikan lainnya melalui media elektronik yang ada di Kabupaten Sekadau yakni Radio Dermaga 100,9 FM yang bisa masuk sampai ke pelosok pelosok di wilayah Kabupaten ini,"sambungnya.

Terkait rumor yang mengatakan kalo ada pemadaman, PLN bisa hemat BBM, Kepala PLN mengatakan, itu memang sudah dari dulunya begitu. 

" Iya itu memang dari dulu kita sudah dengar, ya sepanjang saya bekerja di PLN, tapi yang jelas atau yang benar bahwa kalaupun terjadi penghematan BBM atau yang lainnya tentu ada ada mekanisme pemeriksaan atau pengontrolan dari pihak-pihak terkait, jadi masyarakat tidak perlu ragu tentang komitmen PLN untuk membuat negara ini menjadi terang benderang tidak ada niat untuk mengelabui masyarakat, "terangnya.

Lebih lanjut Kepala PLN menyampaikan bahwa kondisi sumber daya yang ada di Kantor Unit Layanan Sekadau. 

" Terdapat 11 orang tenaga yang ada di Kantor Unit Layanan, 1 orang yang membawahi Balai Sepuak, Belitang, Sungai  Ayak, sedangkan di Sekadau Hilir, Rawak Nanga Taman dan Nanga Mahap 1  orang pegawai, sisanya di kantor PLN Sekadau, kemudian tenaga lapangan yang membantu kami ada 58 orang terseba, ada yang di kantor unit, di pos siaga, di pos Semuntai, di Seberang Kapuas, Rawak, Nanga Taman dan Nga Mahap kemudian di Gonis Rabu dan 3 Belitang, satu orang tenaga,"tutupnya. (Ika) 

Editor: Drs.M Nico B. 

Info ini bisa disimak di 100,9 FM radio Dermaga Sekadau atau di dermaga fm.com yang onait 24 jam. 


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya