Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Ini dia, trik Bu Kades Desa Meragun Meriahkan Bulan Kemerdekaan

Foto bersama Kades  Ima Kulata,  ketua panitia HUT RI Desa Meragun Maria Fransiska, 4 Agustus 

Sekadau, dermagafm.com-Bulan Agustus yang merupakan bulan kemerdekaan Republik Indonesia sudah memasuki minggu pertama dimana masyarakat sudah banyak  mengibarkan bendera baik di depan rumah maupun di kantor desa, sudah memasang umbul-umbul bahkan kegiatan olahraga sudah dimulai.  Hal ini disampaikan oleh Kades Meragun kepada radio Dermaga 100.9 FM,  Kamis tanggal 4 Agustus 2022 di kantor Desa Meragun

Menurut Kades Meragun, kegiatan ini bertujuan pertama memperingati dan memeriahkan hari HUT kemerdekaan Republik Indonesia.

"Tujuan lainnya untuk meningkatkan kembali,  menggerakkan kembali semangat silaturahmi, bangun kembali komunikasi aktif warga masyarakat desa Meragun, setelah dua tahun tidak bisa dilaksanakan karena Covid19, dulu dua tahun vakum kegiatan dan hiburan rakyat, maka sekarang Desa bersama BPD, Babinsa, Linmas dan element masyarakat sepakat meramaikan dan menghidupkan kembali itu semuanya " ujar nya.  

Kades dan perangkatnya membentuk panitia yang diketuai oleh Maria Fransiska yang melibat berbagai tokoh tua dan muda, karang taruna, ibu-ibu dan kaum remaja, laki perempuan.

"Telah disepakati oleh Panitia cara mengikutsertakan atau meningkatkan partisipasi seluruh masyarakat di 20 RT dalam Desa Meragun, maka dilibatkan laki dan perempuan, semua level masyarakat diikutsertakan, mulai dari yang pandai, sampai ke ibu-ibu atau bapak-bapak yang tidak pernah olahraga, diwajibkan ikut serta dalam kegiatan ini,  makanya ada sepakbola untuk putri, olah raga volley putra/putri dan juga ada sejumlah permainan rakyat pada hari 17 Agustus nanti setelah apel bendera,"terang Bu Kades.

Kegiatan ini sudah dibuka tanggal 3 Agustus oleh Kades Meragun didampingi Babinsa di lapangan sepak bola Meragun.

"Masyarakat diberikan kesempatan membuka warung minuman non alkohol dan aneka makanan ringan lainnya supaya secara ekonomi bisa meningkatkan nilai tambah. Selain itu mereka yang jualan keliling di sekitar area ini juga diminta partisipasinya untuk kebersamaan dan kesuksesan peringatan hari HUT Kemerdekaan negara kita yang tercinta ini, "tambah Bu Kades.

"Tujuan kita selain dari peringatan hari kemerdekaan, juga untuk menghidupkan kembali semangat kebersamaan yang sempat kendor akibat covid19 lalu, walaupun saya katakan bahwa Covid19 memang belum berakhir, tapi kita sudah dapat, secara nasional melakukan berbagai kegiatan khususnya di bulan Agustus ini.  Saya dan panitia sengaja mengharuskan semua RT untuk berpartispai, kecuali memang ada halangan, harap maklum, yang penting alasan nya jelas dan kuat. Jika semua bisa aktif, maka jelas akan melibatkan banyak orang, misalnya satu RT, 15 orang pemain sepak  bola, maka dikalikan 2 putra putri, maka akan berjumlah 30 orang, plus pemain volley 20 orang putra putri, artinya satu RT saja ada 50 orang yang tampil, dikalikan 20 RT, bisa dibayangkan partisipasi mereka,"lanjut Kades,

Sementara itu Ketua panitia, Maria Fransiska kepada Radio Dermaga menjelaskan bahwa partisipasi masyarakat cukup banyak.

"Partisipasi masyarakat pada kegiatan memperingati dan memeriahkan 17 Agustus ini,  tim sepakbola putra sebanyak 16,  tim bola pesepakbola putri sebanyak 15,  tim bola voli putra sebanyak 15,  tim bola voli putri sebanyak 13 dan hadiahnya untuk sementara adalah untuk bola kaki putra putri: untuk sepak bola putra dan putri juara 1 sebesar Rp1.000.000 + trophy,  juara 2 sebesar rp 850.000 plus trophy Juara ketiga Rp700.000 + trophy dan juara 4 500.000.  Sedangkan untuk voli juara 1 Rp, 800.000 plus trophy juara 2 Rp. 650.000 Plus trophy, juara 3 Rp.550.000 plus trophy dan juara Rp. 400.000. Hadiah memang tidak seberapa, tapi nilai semangat kebersamaan,partisipasi dan persatuan jauh di atasnya," katanya.

Kepala Desa juga menjelaskan bahwa mereka sudah menyiapkan paskibra untuk 17 Agustus nanti yang terdiri dari siswa-siswi SMP 6 di mana  saat ini sedang berlatih dan dilatih oleh babinda,Agustinus Abuy. 

"Pada saat setelah upacara 17 Agustus nanti, akan ada pertunjukan dan pelatihan bersama  "penanganan pasca bencana oleh Wahana Visi Indonesia yang melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Sekadau dan tidak lupa juga saya sampaikan bahwa akan ada permainan rakyat seperti saat-saat lalu untuk memeriahkan 17 Agustus ini dan akan diadakan acara penutupan pada tanggal 2 September nanti, berupa hiburan bersama masyarakat Desa Meragun dan sekitarnya,"tutup Kades. (Ika)

Editor: Drs.Nico Bohot

Info ini bisa disimak di 100,9 Radio Dermaga FM atau di dermagafm.com

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya