Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Radio Dermaga 100,9 FM Terima Penghargaan dari Mendikbud RI


Sekadau, dermagafm.com - Acara penyerahan Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) Tahun 2022 dan penyerahan sertifikat Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) digelar di gedung Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek Jakarta pada hari Jumat, 9 Desember 2022.

Radio Dermaga sekadau satu-satunya media radio siaran yang menerima anugerah tersebut dari kategori media, karena menurut tim penilai, radio ini telah berkontribusi bagi kelangsungan budaya lokal, yang telah konsisten dalam siaran maupun kegiatan pelestarian dan pengembangan budaya lokal Dayak selama lebih dari 25 tahun.

Hadir mewakili Mendikbudristek adalah Direktur Jendral Kebudayaan Hilmar Farid bersama staf ahli menteri bidang kebudayaan. 

Dalam sambutannya, Dirjen Kebudayaan menyampaikan salam hangat dari Menteri Pendidikan.

"Anugerah kebudayaan Indonesia yang akan diterima oleh 29 orang dalam 7 kategori merupakan tanda bukti kehadiran negara di dalam menghormati menghargai jasa dari para pelaku budaya dalam berbagai bidang di tempat masing-masing,"ujarnya.

Dirjen Kebudayaan juga menyampaikan ucapan selamat kepada 200 penerima sertifikat warisan budaya tak benda dari 781 usulan kepada sejumlah pejabat perwakilan propinsi dan Bupati dari beberapa Pemerintah Daerah. Dalam penetapan warisan budaya tak benda ini tersemat pesan untuk meningkatkan perlindungan terhadap karya budaya yang sudah ditetapkan, karena saat ini sudah ada 1.728 warisan budaya tak benda yang ditetapkan secara nasional. Kondisi warisan ini menurut Dirjen, sedang tidak baik-baik saja, jadi perlu perhatian semua pihak.

Adapun kategori  penerima penghargaan adalah Gelar dan Tanda Kehormatan dari Presiden RI, 5 orang, kategori Pelopor dan Pembaru, 3 orang, Kategori Maestro Seni Tradisi 5 orang, kategori pelestari 6 orang, Kategori anak dan Remaja 3 orang, kategori Lembaga (Pemda) 3 pweg, dan Kategori Media 4 orang yang masing-masing berasal dari Aceh Dokumentasi (video), Majalah Basis Jogja Karta, Majalah Budaya Berbahasa Jawa, Surabaya dan Radio Dermaga Sekadau.

Editor : Penjab Radio. 

Simak info lainnya di Dermaga 100,9 FM atau juga di dermagafm.com 



Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya