Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Bupati Buka RAT CUKK: Harus Sejahterakan Anggotanya!

Sekadau, dermagafm.com-Rapat Anggota Tahunan atau RAT CUKK yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 25 Februari 2023, di kantor Pusat Tapang Sambas, merupakan kekuasaan tertinggi sebuah lembaga Koperasi. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian, Pasal 26: yang antara lain mengatakan bahwa Rapat Anggota dilakukan paling sedikit sekali dalam 1 (satu) tahun dengan tujuan untuk mengesahkan pertanggungjawaban Pengurus. RAT tahun buku 2022 dibuka oleh Bupati Sekadau.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, bahwa CU diharapkan mampu mensejahterakan anggota dan harus mampu manghadapi resesi global.

“CU diharapkan harus bisa mensejahterakan anggotanya dan membangun kekuatan bagi anggotanya untuk menghadapi resesi global dan kita semua tahu tidak bisa dipungkiri bahwa CU KK sudah banyak.membantu Pemerintah Daerah  Kabupaten Sekadau dalam membangkitkan ekonomi masyarakat kecil di sektor ekonomi dan pertanian dan itu selaras dengan program Pemerintah Daerah yakni IP3K, “kata Bupati.

Bupati juga mengatakan bahwa fokus pemda saat ini ialah pada sektor infrastruktur yang targetnya pada 2024 semua jalan menuju kecamatan sudah selesai. Pemerintah juga telah menganggarkan sejumlah angaran untuk pengadaan bibit kelapa sawit untuk sejumlah kelompok tani, dan hal ini akan terus oleh pemerintah akan dilakukan secara bertahap.

Sementara itu Chief Executive Officer, Valentinus, S.Sos. MM dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Pandemi sekarang sudah menjadi kawan, sehingga bisa dilewati pada ahun 2022 dengan baik. U Keling Kumang juga sebelum melakukan RAT, kita sudah melakukan Pra RAT terlebih dahulu di 41 titik kegiatan untuk 67 kantor Cabang (Brand Office-BO) dengan peserta sebanyak 9.191 orang peserta

"Beberapa hal yang sudah dilakukan Tahun 2022 diantaranya tingkatkan pelayanan berbasis IT dimana CUKK sudah memiliki layanan koperasi digital setor  dan tarik uang tanpa kartu dengan menggunakan kelingkungan digital tetapi belum terlalu banyak anggota yang menggunakan aplikasi tersebut baru sekitar 10.000 orang kemudian kita lakukan modifikasi di mana anggota yang sudah memiliki kartu digital lingkungan bisa melakukan penarikan simpanan harian di gerai Indomaret di seluruh Indonesia  Selain itu faktor pendidikan yang menjadi pilar utama Cu tetap diutamakan dengan memberikan pendidikan kepada 23.169 orang,"kata CEO CU KK.

Selanjutnya Dr. Drs. Stepanus Masiun, SH.MS, Ketua Dewan Pengurus CU Keling Kumang  mengatakan rapat tahun buku tahun 2022 ini mengambil  tema “Memperkokoh Resiliensi, Tangguh Menghadapi Resesi” dengan usia yang ke 30 CU KK tetap kokoh menghadapi kesulitan.

“Pada Rapat Anggota Tahunan Tahun Buku 2022 ini, kita memilih tema: Memperkokoh Resiliensi, Tangguh Menghadapi Resesi. Tema ini dipilih karena tahun 2023 ini, CU Keling Kumang berumur 30 tahun. Kemampuan CU Keling Kumang tetap eksis selama 30 tahun ini, telah menunjukkan adanya resiliensi yang tinggi. Memiliki resiliensi artinya memiliki kemampuan untuk terus beradaptasi dan tetap kokoh dalam menghadapi berbagai kesulitan. Hanya organisasi-organisasi yang memiliki resiliensi tinggi yang akan terus maju dan mampu melintasi zaman dengan sukses. Resiliensi dalam konteks tema ini, bukan saja pada level organisasi CU Keling Kumang, tetapi juga untuk semua anggota. “Ketua Dewan Pengurus CU Keling Kumang.

“CU KK juga mempunyai 7 tanda di mana seorang anggota memiliki resiliensi yang tinggi, yaitu 1). Memiliki kemampuan mengatur emosi; 2). Memiliki kemampuan mengendalikan emosi dan perilaku; 3). Memiliki optimisme; 4). Memiliki empati; 5). Mampu menganalisis penyebab masa lah yang dihadapi; 6). Bertekad mencapai tujuan yang diinginkan; dan 7). Mampu menggunakan peluang-peluang yang ada secara maksimal dan kita harapkan semua anggota CU KK memiliki 7 ciri ini. “kata Ketua BOD CU KK yang juga menjabat sebagai Rektor Institut Teknologi Keling Kumang ini. 

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Kalimantan Barat, Junaedi, Ketua Pusat Koperasi Katulistiwa Kalbar, Boby, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sekadau, Matius Jhon, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Apeng Petrus, Kepala Bidang Kelembagaan Pengawasan, Dinas Koperasi Kabupaten Sekadau, Andra dan seluruh anggota Board Of Director, Pengawas, Penasehat, aktivis - mantan perintis dan mantan pengurus CU KK, Kades Tp. Semadak dan tokoh Masyarakat dan undangan lainnya.(nb)

Editor: Pen.Jab Radio Dermaga

Info ini bisa disimak di 100,9 FM atau di medsos dermagafm.com atau di Tiktok @dermaga1009fm, atau di fb :radiodermaga.

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya