Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

On-air di Radio Dermaga: KPU Sekadau Siap Sukseskan Pemilu 14 Februari 2024

Foto: KPU - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sekadau, 13 Okt 2023

Sekadau dermagafm.com - KPU - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sekadau siap sukseskan penyelenggaraan Pemilu hari Rabu tanggal 14 Februari 2024 bersama semua penyelenggara dan seluruh masyarakat kabupaten Sekadau.

Hal ini dikatakan oleh Ketua Komis Pemilihan Umum bersama Sekretaris KPU anggota Komisioner lainnya menjawab pertanyaan saat siaran dengan radio dermaga 100,9 FM pada hari Jumat tanggal 13 Oktober 2023.

Ketua KPU Sekadau, Fransiskus Khoman menjelaskan peran dan fungsi KPU dalam proses penyelenggara Pemilu tahun 2024 nanti.

"Saat ini KPU sedang dalam proses  verifikasi dokumentasi persyaratan Calon  sementara hasil  pencermatan  rancangan Daftar Calon Tetap (DCT) sejak tanggal 4  sampai dengan 18 Oktober,"kata Ketua KPU.

Ketua KPU juga menjawab pertanyaan dari beberapa pendengar radio yang bertanya melalui wa tentang wacana pemerintah mempercepat pemilu dan juga terkait dengan baliho yang sudah ada gimana menurut ketua KPU hal ini sudah dinyatakan oleh KPU pusat yang sudah di agendakan tanggal 14 Februari 2024 adalah hari pencoblosan surat suara. Juga berharap kepada para caleg untuk mematuhi peraturan kampanye yang belum dimulai saat ini dan tidak diizinkan memasang nomor urut dan mengajak orang untuk mencoblos sebelum masa kampanye, sebab DCT belum diumumkan.

Hadir dalam kegiatan siaran dialog Talkshow ini, sekretaris KPU Therian Affanfy, juga Gita Rantau ( divisi Teknis Penyelenggara) dan Ibu Siti Nur Aisah ( Divisi Sosialisasi, pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat ).

Menjawab pertanyaan tentang bagaimana cara meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum nanti, Ibu Siti Nur Aisah mengatakan bahwa saat ini mereka sudah melakukan berbagai kegiatan.

"Sosialisasi goes to kampus ITKK, kemudian kepada lembaga sekolah di Kabupaten Sekadau, kepada masyarakat lainnya serta melalui media sosial, serta kepada semua stakeholder, kita terus menerus melakukan pendidikan,"ungkapnya.

Sementara itu sekretaris KPU yang bertanggung jawab atas semua fasilitas dan keperluan pemilu menjelaskan bahwa saat ini KPU sudah menyiapkan tempat untuk barang-barang kebutuhan dan dalam waktu dekat kotak Pemilu akan tiba kemudian disusul dengan material lainnya sampai dengan akhirnya nanti kedatangan surat suara.

"Kotak pemilunya itu akan segera sampai dalam minggu ini dan akan ditempatkan di tempat yang telah disiapkan, demikian juga hal-hal lainnya sesuai dengan tahapan Pemilu dan terakhir adalah surat suara. Untuk kotak suara ini panjang 40 cm, lebar 40 cm, serta tinggi 60 cm Bahan kardus yang digunakan adalah karton dupleks yang kedap dan tahan air. Beratnya mencapai 2,26 kilogram dan jika diisi kertas suara memiliki daya angkut 20 hingga 30 kg,"jelasnya.

Gita Rantau, selaku divisi teknis penyelenggaraan menyampaikan bahwa masa kampanye akan dimulai tanggal 28 November sampai dengan tanggal 10 Februari 2024.

"Saat ini kami sedang proses verifikasi administrasi sampai tanggal 18 Oktober nanti, kemudian penyusunan DCT tanggal 24 Oktober sampai tgl 2 November, penetapan tanggal 3 November dan pengumuman DCT tanggal 4 November 2023, baru mulai kampanye tanggal 24 November sampai dengan 10 Februari 2004,"ujarnya.

Sebagai closing statement ketua KPU kabupaten Sekadau bersama rekannya mengharapkan partisipasi semua stakeholder dalam event pemilu agar tujuan pemilu dapat tercapai.

"KPU sendiri akan giat dalam segala prosesnya dan kami melakukan dengan sebaik mungkin dengan memastikan pemilu 2024 ini dapat berjalan dengan aman dan lancar sesuai dengan yang kita harapkan karena dengan suksesnya pemilu tentu kita bisa menciptakan pemimpin-pemimpin kita harapkan,"kata Ketua KPU.

Editor: PenJab radio

Info ini bisa didengarkan melalui radio dermaga 100,9 FM atau melalui HP anda melalui dermaga fm.com.

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya