Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Pesan Bapa Suci Paus Fransiskus di Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-58 Tahun 2024

Paus Fransiskus, Pemimpin 1,36 milyar Umat Katolik Sedunia

Sekadau, dermagafm.com - Pendengar, pembaca Radio Dermaga dimanapun anda berada, Paus selalu menyampaikan pesan untuk Hari Minggu Komunikasi Sedunia. Pesan ini biasa diumumkan oleh Paus tepat pada Pesta St Fransiskus de Sales, pelindung para jurnalis, 24 Januari.


Pendengar Radio Dermaga di manapun anda berada, tahun 2024 ini adalah tahun ke 58 kita merayakan Hari Komsos Sedunia, dan pesan Paus Fransiskus bertajuk “Kecerdasan Artifisial dan Kebijaksanaan Hati: Menuju Komunikasi yang Sungguh Manusiawi”. Paus Fransiskus mengingatkan kita bagaimana kecerdasan artifisial dan kebijaksanaan hati dapat memperkaya pengalaman komunikasi kita untuk menjadi semakin manusiawi dan manusia yang seutuhnya. Menurutnya, manusia perlu memiliki ‘kebijaksanaan hati’ dalam menanggapi kemajuan teknologi jaman ini. Ia mengatakan: “Bentuk refleksi yang baik dimulai dari hati. Segala bentuk refleksi harus dimulai dari hati. Kalau tidak, risikonya manusia bisa kaya di bidang teknologi, tetapi miskin dalam kemanusiaan”. Ia menambahkan bahwa hati adalah tempat terdalam manusia. Di sana manusia dapat berjumpa dan berbicara dengan Tuhan. Segala keputusan yang baik lahir dari hati yang bijaksana. Sehingga hati tidak bisa dikalahkan oleh kecerdasan buatan. 


Paus Fransisksus berkata: “Sejak adanya internet, Gereja selalu berupaya mendorong pemanfaatannya untuk melayani perjumpaan dan membangun solidaritas antarpribadi. Saya sckali lagi ingin mengajak Anda untuk merenungkan fondasi dan makna mendasar tentang keberadaan kita yang terbentuk melalui relasi. Dalam konteks komunikasi dewasa ini yang penuh tantangan, mari kita menemukan kembali hasrat terdalam pribadi manusia yang tidak ingin terpuruk dalam isolasi dan kesendirian.”

Paus berkata lagi bahwa Seabad lalu, Romano Guardini, ketika berefleksi tentang teknologi dan kemanusiaan, mendesak kita untuk tidak menolak “ kebaruan” dalam upaya“ melestarikan dunia indah yang terancam punah ini.”

Pendengar Radio Dermaga, kita semua dipanggil untuk tumbuh bersama,  dalam kemanusiaan dan sebagai manusia. Kita ditantang  untuk membuat lompatan kualitatif menuju arah yang kompleks, multietnik, pluralistik, multireligius dan masyarakat yang multikultural. Teknologi mampu menciptakan aplikasi-aplikasi baru, memposting beragam konten, menyimpan data, berkomunikasi dengan orang lain dari beragam bahasa, menciptakan ilmu pengetahuan baru, tetapi teknologi tidak bisa dikendalikan dengan hati yang bijaksana. Kecerdasan buatan tidak mampu berefleksi dan mencerna. Ia hanya mampu menciptakan dan ‘melemparkan’ isi tapi tidak berpikir secara matang. Paus menegaskan juga bahwa setiap individu memiliki kesadaran yang bertanggung jawab atas penggunaan dan pengembangan berbagai bentuk komunikasi seiring dengan berkembangnya teknologi dan kecerdasan artifisial jaman sekarang. Ia menambahkan bahwa komunikasi perlu berorientasi pada kehidupan pribadi manusia yang lebih utuh.

Pendengar Radio Dermaga, Paus mengajak kita sebagai umat Katolik di manapun kita berada, berjalan bersama seiring dengan pesan Paus Fransiskus di Hari Komsos sedunia tahun ini. Mari kita saling sharing informasi dan formasi yang baik guna menumbuhkan iman, harapan, dan kasih kita, serta dengan setia menjadi saksi Kristus yang bangkit, mewartakannya dengan cara baru dan melalui media-media komunikasi sosial yang ada saat ini.

(Info ini berasal dari berbagai sumber Katolik)

Editor PenJab Radio

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya