Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Wabup Sekadau, Tutup Keling Kumang Festival di Tapang Sambas.

Foto Wabup Tutup KKF di Tapang Sambas, Jumat 18 Mei 1014
Sekadau, dermagafm.com - "Pelestarian dan Penguatan Budaya dalam Senergikan  Gerakan Ekonomi Hijau" adalah thema Keling Kumang Festival yang diadakan di kompleks Keling Kumang dari tanggal 16 Mei dan ditutup oleh Wakil Bupati Sekadau  hari Jumat tanggal 18 Mei 2024.
Turut hadir dalam acara penutupan yang dihadiri juga oleh istri Wabub ini,  adalah Kapolres Sekadau, Dr. AKBP I.Nyoman Sudama SIK beserta istri, Ketua DAD, Kadis PMPTSP dan sejumlah awak media lainnya.

Pada event ini, diadakan berbagai macam lomba, lomba bujang dan dara Keling Kumang, lagu daerah, dan lagu tradisional, pameran, lomba masak dan sejumlah kegiatan lainnya dan di sepanjang jalan menuju area, dipenuhi oleh para pedagang kelontong dan sejenisnya dan sungguh luar biasa, repson masyarakat pada acara penutupan ini, masyarakat yang datang memenuhi tempat pelaksanaan kegiatan ini.
Valentinus CEO CU KK dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh kepanitiaan yang sudah  mensukseskan acara ini,juga berterima kasih kepada Kapolres  Kabupaten Sekadau yang sudah menjaga  keamanan di wilayah ini karena berkat dukungan dari Polres kabupaten Sekadau acara kita bisa aman dan terkendali.

"Terima kasih kepada paramitra, tanpa paramitra kegiatan ini tidak akan bisa sukses,  tadi Bank BNI secara khusus memberikan  tambahan  hadiah untuk pemenang  bujang Keling dan dara Kumang, karena pemenang Bujang Keling dan dara Kumang  berkesempatan menjadi aktivis  Keling Kumang  serta mendapatkan beasiswa, itu luar biasa jadi sangat luar biasa sangat istimewa kegiatan ini dan waktu  pembukaan saya menyampaikan  kesepada seluruh peserta "Jadikanlah ini bukan sebagai hanya perlombaan dan pertandingan tetapi jadikanlah kegiatan ini sebagai pelestarian adat dan budaya,"kata Valent. 

Sementara itu, Ketua Gerakan Keling Kumang, Dr. Stefanus Masiun mengatakan bahwa gerakan koperasi ini bukan hanya gerakan ekonomi, tetapi merupakan gerakan hak asasi dengan mengutif Profesor Muhammad Yunus dari Pakistan.

"Profesor Muhammad Yunus  pengembang nasional nya Bangladesh seorang ahli ekonomi  pada tahun 2006, Profesor Muhammad Yunus mendapat hadiah Nobel  dan beliau bukan menerima hadiah Nobel  ekonomi  tapi menerima hadiah Nobel  Perdamaian, Karena lewat gerakan sosial ekonomi kita membangun perdamaian,"ujar Masiun

Masiun, yang juga Rektor Institut Teknologi Keling Kumang ini berharap merasakan nuansa dari penyelenggaraan acara ini, bahwa festival  Keling Kumang  festival adalah media untuk membangun kebanggaan membangun semangat kebersamaan dan mewariskan kekayaan budaya masyarakat kita kepada kaum muda,  tidak membuat  kaum muda tertarik untuk mengenal budaya mereka, tetapi lewat even Kelingkumang  festival ini anak-anak muda belajar lagi tentang permainan tradisional, pangkak gasing, menyumpit  mereka belajarlagi melihat lagi bagaimana kuliner tradisional, lewat acara ini anak-anak muda  menyanyi lagu-lagu tradisional,  lagu-lagu Dayak yang khas masyarakat kita dan lewat event semacam ini anak-anak muda kita menampilkan kecerdasan mereka serta fisik mereka lewat penampilan mereka dalam ajang Dara Kumang dan Bujang keling.

"Kita harapkan generasi tua bangga dan kemudian mewariskan kekayaan budaya kita kepada anak-anak muda dan anak-anak muda kita mengembangkannya makin luas makin besar makin berkualitas,"tutupnya.
Pada event tersebut, Wabup Sekadau,Subandrio, SH. MH, menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pengurus, kepada Panitia Fistival Keling Kumang ke- 2 dimana kegiatan ini telah dilaksanakan dengan sukses ini buktinya pada malam hari ini semua rangkaian boleh kita lakukan  hadiah sudah diberikan

"Pemerintah daerah mengucapkan selamat kepada pemenang dalam seluruh perlombaan pada festival ini semoga dengan kemenangan ini dengan prestasi ini bisa ditingkatkan untuk ke tingkat yang lebih lanjut karena kita akan ada  gawai Dayak seperti yang sudah kita lihat bersama tadi ada Parade bujang dan dara  gawai karena itu tidak salah kalau ajang ini juga merupakan kesempatan untuk kita mempersiapkan diri masing-masing untuk mengikuti ajang yang lebih besar yaitu di tingkat kabupaten yaitu pegawai dayak kemudian pemerintah Daerah Kabupaten sekadau  juga memberikan apresiasinya kepada panitia dan seluruh anggota CU Keling Kumang  di mana dengan festival ini telah mengangkat harkat  masyarakat Sekadau,  telah memperkenalkan budaya  Sekadau  bukan hanya kepada masyarakat yang ada di kabupaten Sekadau yang berbeda kecamatan akan tetapi kepada luar kabupaten Sekadau,"kata Wabup bangga.

Wabup juga berharap bahwa kegiatan festival ini terus berlanjut  dan fistivgal Keling Kumang yang ke- 3  tentu akan dilaksanakan pada tahun depan dan pemerintah daerah sangat memberikan dukungan kepada festival ini karena inilah ajang untuk kita melestarikan. (FJ)

Editor: Pen Jab Radio Dermagafm. 

Info ini bisa disimak di radio Dermaga 100,9 FM atau di dermagafm.com.


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya