Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Wabup Sekadau Buka PRA RAT CUKK


Sekadau, dermagafm.com - Wakil Bupati Sekadau, Subandrio SH, membuka kegiatan PRA Rapat Tahunan Anggota (RAT) CU  Keling Kumang Branch Office Sekadau Bersatu dan Kantor Pasar di gedung Kateketik Sekadau, Rabu (12 Januari) 2022.Kegiatan Pra RAT ini dilaksanakan di 8 tempat berbeda secara daring dalam area 3 wilayah pengembangan CU KK. Untuk  kantor SB dan Pasar, diikuti 100 anggota. 

Dalam sambutannya Wakil Bupati Sekadau, Subandrio mengatakan bahwa sesuai Undang Undang no 25 tahun 1992 Rapat Anggota Tahunan merupakan Kewajiban bagi Koperasi karena RAT Merupakan Pemegang Kekuasan tertinggi didalam pengambilan keputusan dalam Koperasi,sebagai pelaksanaan prinsip Demokrasi, Transparansi dan Akuntabilitas dalam tata Kelola Koperasi. 

“Di Kabupaten Sekadau jumlah koperasi per 31 Desember 2021 sebanyak 178 unit dengan jumlah koperasi aktif sebanyak 136 Koperasi. Dari sekian banyak koperasi aktif tersebut ternyata hanya sedikit koperasi yang melaksanakan RAT dan ini merupakan tantangan dan permasalahanbagi kami selaku Pembina untuk lebih menggiatkankoperasiuntukmelaksanakan RAT karena koperasi diakui aktif secara kelembagaan dan usaha apabila koperasi telah melaksanakan RAT,” katanya.

Wakil Bupati berharap agar di tahun ini CUKK dapat berfokus pada Program Prioritas dan pelayanan yang dapat membantu pemulihan ekonomi anggota yang terdampak covid19 sehingga tercapailah Kesejahteraan Anggota seperti azas Koperasi yang sesungguhnya dan lkut mewujudkan Visi Misi Bupati Sekadau yakni Sekadau Maju Mandiri sejahtera dan Bermartabat serta mensupport Program Kerja Bupati IP3K karena CU Keling Kumang merupakan salah satu penggerak perekonomian Rakyat yang hadir di daerah yang belum di jangkau oleh lembaga keuangan atau Perbankan lainnya. 

“Saya atas nama Pemerintah berharap  agar  pelaksanaan PRA RAT ini berjalan lancar dan menghasilkan saran dan masukan yang cemerlang yang akan disampaikan dalam RAT CU Keling Kumang Tahun Buku 2021,” harapnya.

Pada bagian akhir sambutannya, Subandrio juga mengajak CUKK untuk bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk mensukseskan program IP3K dengan Visi dan Misi Sekadau Maju Mandiri sejahtera dan Bermartabat. 

“IP3K adalah infrastruktur, Pertanian, Perkebunan dan Perikanan untuk kesejahteraan dengan 7 misi dalam pelaksanaannya. Hal ini kami anggap yang bisa membawa Kabuapetn Sekadau keluar dari kemiskinan. Misalnya di bidang perkebunan. Nah di sinilah nantinya kita bangun koneksi antara CU dan Pemda Sekadau. Dalam bidang perkebunan, prioritas adalah bidang sawit karet dan coklat yang diberikan secara gratis kepada petani,”ajaknya. 

Sementara itu, CEO CUKK dalam sambutannya menggambarkan perkembangan CU KK selama tahun 2021 khususnya di bidang IT dan perkembangan anggota dan aset yang cukup siginifikan  walau di masa pandemi. Aset bertambah 175 milyar, anggota juga bertambah 17.069 orang dengan total anggota 200 ribu lebih dan aset 1,7 triliyun. (Tim)

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya