Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

KUD Piansak Mandiri adakan RAT

RAT KUD Piansak Mandiri Setawar Tahun Buku 2021
 di Setawar Kec. Sekadau Hulu, Kamis 24 Maret 2022.

Sekadau, dermagafm.com - Rapat Anggota Tahunan atau RAT KUD Piansak Mandiri, Desa Setawar Kecamatan Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau, dilaksanakan dan dibuka oleh Kadis Koperasi dan UKM Kab. Sekadau, pada hari Kamis, 24 Maret 2022.

Hadir dalam RAT KUD Piansak Mandiri ini, St. Imanuel SKM ME, yang didampingi oleh Menejer CSR (Corporate Social Responbility) PT. Agro Andalan, Imanuel, Ria dan David Tenaga Kontrak Kementrian Koperasi sebagai pendamping Koperasi Binaan wilayah Rawak dan Sekadau Hilir, staff kantor Camat Sekadau Hulu dan para anggotanya. 

Dalam sambutannya, Ketua Koperasi  Unit Desa, Nazarius  mengatakan bahwa RAT ini adalah yang kedua kali dilaksanakan dan tentu banyak kekurangannya. 

"RAT tahun lalu sangat sederhana, kita lakukan di tengah kebun sawit, kali ini kita naik sedikit yaitu di gedung pertemuan samping gereja Katolik Setawar dan kali ini bisa saya laporkan bahwa anggota KUD Piansak Mandiri ini berjumlah 54 orang dan dan saat ini ini lebih dari 50% mereka sudah hadir dan tentu merupakan hal yang luar biasa dalam sebuah koperasi didukung penuh oleh anggota dan perlu saya sampaikan bahwa kita  belum memiliki legalitas yaitu terkendala pada NIB Nomor Ijin Berusaha yang saat ini sedang diurus oleh teman-teman  di Dinas Penanaman Modal pelayanan terpadu satu pintu dan tenaga kerja Kabupaten Sekadau. Pada kesempatan ini saya sampaikan juga bahwa para petani mengalami kendala dalam hal pengadaan bibit sawit yang asli dan unggul dan juga kendala pengadaan pupuk mudah-mudahan PT Agro andalan selaku pembina bisa membantu kami para petani dan tentu saja kita minta bantuan Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau. 

Sementara itu, Kadis Koperasi, St. Imanuel SKM ME, mengatakan bahwa Pemda siap memfasilitasi pengurus KUD maupun para petani untuk pelatihan dan pendampingan, yang penting ada kordinasi.

"Koperasi kita sudah melaksanakan RAT artinya melaksanakan undang-undang perkoperasian No 25 Tahun 1992, dimana dalam RAT ini anggota akan mengetahui perkembangan koperasinya, Rapat anggota Tahunan  ini menjadi kewajiban semua koperasi sebagai pertanggungjawaban kepada anggota. RAT tahunan hari ini untuk tahun buku 2021 walaupun RAT hari ini masih ada kekurangan tapi tidak mengurangi makna pertemuan kita hari ini, seharusnya pada RAT ini Koperasi-kopersi yang ada di sekitar kita harus diundang agar bisa sharing dalam manajemen dan lainnya,  kepala desa-kepala desa juga harus di undang, "ujar Emanuel yang sangat dikenal oleh masyarakat setempat karena pernah pernah bertugas di sana dalam kurun waktu yang cukup lama. 

" Kami sangat apresiatif pada KUD ini, sehingga kami berikan penghargaan ini sebagai apresiasi untuk Koperasi Piansak Mandiri ini, karena Koperasi Piansak Mandiri ini walaupun usia masih muda tapi manajemennya sudah bagus, dan yang perlu diperhatikan adalah koordinasi dan konsultasi dengan pemerintah di bidangnya, "tambahnya.

" Pengurus koperasi sudah mampu mempertanggungjawabkan kinerja dan program-programnya, itu berarti koperasi perkebunan Piansak Mandiri sudah memenuhi peraturan perundang-undangan. Hal ini merupakan salah satu indikator untuk menunjukkan bahwa Koperasi itu sehat dari aspek penilaian kepatuhan, "sambungnya lagi. 

Dalam kesempatan sebelumnya, Imanuel, Menejer CSR PT Agro Andalan menyambut baik usaha dan perkembangan KUD ini. 

"Kami dari PT. Agro Andalan sangat senang dan bangga, sebab kelompok tani yang bergabung dulu, dalam satu tahun berkembang menjadi Koperasi berarti sudah ada grafik  kemajuan. Terus terang, saya lihat ini merupakan kemajuan yang luar biasa kalau saya lihat produksi pun sudah meningkat, "katanya.

" Uang beredar di kelompok 70 sampai 75 juta perbulan, artinya sudah bagus dan saya berharap ke depannya, kita  bangun kemitraan, bukan ketergantungan kepada perusahaan, tetapi tentu perlu proses. Sekoali lagi saya katakan bahwa saya bangga karena Koperasi Produsen Perkebunan "Piansak Mandiri Setawar  Ini bisa mandiri. benaran, bukan hanya namanya mandiri, " sambungnya yang diamini oleh anggota dan aplause atau tepuk tangan. (Ika) 

Editor: Drs. Nico Bohot

Info ini bisa disimak di radio Dermaga 100,9 FM, atau di dermagafm.com


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya