Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Bupati Sekadau hadiri Misa Syukur Pembukaan Gawai di Cenayan

Foto bersama setelah Misa Syukur Pembukaan Gawai Nyapat Taun, nanam Bangka dan bejodi di Cenayan, Kec. Ng Mahap,
Selasa 3 Mei 2022.

Sekadau dermaga fm.com- Bupati Sekadau Aron SH  bersama istri, menghadiri Misa pembukaan Gawai Dayak   di Desa Cenayan Kecamatan Nanga Mahap yang dibuka dengan Misa Syukur, dipersembahkan oleh Mgr. Agustinus Agus Pr, Uskup Keuskupan Agung Pontianak di Gereja Katolik Cenayan,  hari Selasa 3 Mei 2022.

Turut hadir mendampingi Bupati, kepala Satpol PP Paulus Yohanes, Kepala Dinas Pemerintahan dan desa Sabas dan ustri, Kadis Penanaman modal, Agustinus Agus, anggota DPRD provinsi Martinus Sudarno, SE jumlah anggota DPRD Kabupaten Sekadau, Muspika Kecamatan Nanga Mahap, para pastor, Suster dan bruder,  tokoh masyarakat seperti Albertus Pinus, Stefanus, Kristianus Atok-(dosen STKAT Pontianak), serta sejumlah undangan lainnya. 

Dalam sambutannya Bupati Sekadau, Aron mengapresiasi kegiatan masyarakat dalam bentuk gawai nyapat taun, nanam bangka, bejodi yang dibuka dengan misa Kudus. 

"Hari ini kita berkumpul di sini dalam rangka gawainya nyapat tahun, tahun lama dan tahun baru, nanam Bangka dan bejodi di Cenayan yang dibuka  dengan Misa syukur yang dipimpin oleh Mgr Agustonus Agus Pr. Oleh karena itu atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Sekadau Saya mengucapkan selamat gawai kepada kita semua dan masyarakat desa Cenayan dan kepada Mgr. Agus saya ucapkan banyak terima kasih atas kerelaannya memimpin Misa pembukaan Gawai Dayak di desa Cenayan juga kepada para Pastor dan juga kepada tim Bapak Uskup dari Pontianak, "ujar Bupati. 

"Gawai Dayak ini sudah dibuka juga di Perongkan dengan Misa Syukur oleh Mgr Agus sekaligus misa perdana Pastor Rupinud Pr dengan konselebrasi para imam yang lumayan banyak. Itu artinya gawai sendiri merupakan ucapan syukur yang didahului dengan Misa Kudus karena kita sebagai orang Katolik yang menambah makna gawai, makna kerohanian gawai. Memang tahun ini sudah ada beberapa kegiatan yang bisa dilaksanakan secara terbuka termasuk gawai di beberapa daerah yang sudah dimulai dan mudah-mudahan kita semua tetap menjaga protokol kesehatan ini.  Pesan saya agar kita bisa melaksanakan gawai dengan bijak, jangan sampai membuat kekacauan atau keributan yang nanti akan menghilangkan makna gawai itu yang sesungguhnya sebagai ucapan syukur dan terima kasih kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas rejeki kita selama setahun dalam bentuk makan dan minum bersama dalam nuasa gembira ria,"sambung Bupati Sekadau yang hadir juga pada acara gawai di Perongkan beberapa waktu sebelumnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Mgr Agus menekankan kembali makna gawai yang sesungguhnya. 

Gawai bagi kita orang Dayak, merupakan ucapan syukur kita kepada Tuhan Yang Mahakuasa Pencipta langit dan bumi yang memberikan rezeki kepada kita, maka setiap ada kesempatan saya akan datang untuk mengikuti gawai dengan terlebih dahulu mengadakan Misa syukur sebagai bentuk nyata hubungan kita dengan yang di atas. Sebelum kita mengadakan pesta makan dan minum bersama, gawai tidak bisa dilaksanakan sendiri, harus bersama-sama orang lain karena hidup ini tidak bisa sendiri, tidak bisa membuat ladang sendiri tidak bisa berhasil sendiri, namun bersama-sama dalam kesatuan. Inilah sesungguhnya makna gawai dan kalau tidak ada Misa Kudus atau ibadah sebagai pembuka artinya makna atau roh gawe itu sendiri-sendiri bisa tercerabut dari inti gawai, "tutur Mgr Agus yang pernah bertugas di Cenayan sebagai Pastor tahun 1977-1981 ini. 

Sementara itu, Anggota DPRD Propinsi Martinus Sudarno juga mengapresiasi kegiatan gawai ini dan berpesan untuk menjaga makna gawai itu sendiri. 

"Saya mengucapkan selamat gawai dan mudah-mudahan gawai ini menjadikan kita bergembira ria, menghilangkan segala sekat dan perbedaan, kita bergembira dan jangan sampai dicemari oleh hal-hal yang negatif seperti perjudian sebab saya melihat di beberapa daerah itu, kadang-kadang gawai diisi dengan kegiatan perjudian, itu keluar dari makna gawai, dimana orang bersyukur bersama-sama kawan, keluarga kerabat dan handaintolan, "harapnya (Ika) 

Editor Drs. Michael NB

Info ini bisa disimak di 100,9 FM atau di dermaga fm.com Sekadau



Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya