Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Sosialisasi Pemilu 2024: KPU rangkul Dermaga 100,9 FM &media lainnya

Foto: Komisioners, Sekretataris KPU  Owner Radio Dermaga, siap sukseskan pemilu 2024.

Sekadau, dermagafm.com-Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sekadau saat ini sedang mempersiapkan segala sesuatu khusus berkaitan dengan sosialisasi Pemilu 2024 media eletronik seperti radio Dermaga Sekadau dan media sosial lainnya. Hal ini disampaikan oleh 3 Komisioner KPU Sekadau saat merima wawancara dengan Pak Nico di ruang kerja KPU beberapa waktu lalu yang juga dihadiri oleh Sekretaris KPU, Therian Affandy S.Sos.

Gita Rantau S.Sos dari Divisi PARMAS Sosdiklih, partisipasi masyarakat, sosialisasi dan pendidikan pemilih mengatakan bahwa KPU sudah mempersiapkan langkah-langkah sesuai dengan juknis dan kemudian mempublisnya melalui berbagai media.

“KPU  secara kontinyu melakukan menginstruksikan dan sosialisasikan  perhelatan Pemilu serentak tahun 2024 dan hari ini kami sampaikan melalui Radio Dermaga yang dari dulu selalu bekerjasama dengan KPU. Apa lagi sekarang radio sudah punya mediaonline dengan dermagafm.com tentu sangat membantu kami dan ini juga bagian dari partisipasi masyarakat untuk mensuskeskan pelaksanaan pemilu 2024 dan perlu saya sampaikan bahwa karena sekarang masih masa pandemi  maka kami perbanyak bersosialisasi melalui medsos,FB, Instagram  dan  youtube,  juga sekarang KPU  lagi mempersiapkan  podcast  untuk bersosialisasi  di media sosial  dengan tujuan menumbuhkan parisipasi masyarakat dan pendidikan pemilih,” katanya.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Sekadau,  apabila belum terdaftar  di DPT (daftar Pemilih tetap) silahkan lapor ke KPU untuk didaftarkan sebagai pemilih di tahun 2024. Pemasangan baliho-baliho di Kecamatan-kecamatan akan dilaksanakan apabila sudah masuk tahapan, rencananya tahapan akan dimulai di Juni tahun 2022 ini. Kita juga akan menjalin kerjasama dengan media cetak, elektronik(TV atau radio) danmediaonline,”tambah Gita.

Persoalan data pemilih saat ini sedang terus diproses dan sudah terdata walau sementara tetapi itu bisa menjadi acuan selanjutnya. Hal ini disampaikan oleh Marikun S.Sos.

“Per  April lalu jumlah  DPB  sebanyak 156.698, pemilik  laki-laki 80.786 dan perempuan75.912 pemilih. KPU tiap bulannya melakukan pemutahiran  data  pemilih berkelanjutan dan setiap bulannya kami melakukan rapat pleno  internal untuk perbaikan data, misalnya, ada warga yang pindah domisili misalkan dari Desa A  pindah  ke desa B, maka harus ada pelaporanya, demikianjug jika ada yangmeninggal, dan  pemilih baru yang umurnya sudah genap  17 tahun dan sudah mempunyai KTP E, kita masukkan  sebagai daftar pemilih baru, nah itu yangkita laporkan pada saat rapat internal yang kemudian rekapannya kita sampaikanke Dukcapil, Bawaslu, TNI/POLRI,”katanya.  

“Dalam rapat pleno triwulan nanti misalkan ada masukan-masukan dari dinas-dinas terkait yang mengurusi  administrasi kependudukan dan juga partai politik  jadi kita tampung  kita cek kalau memang betul , Rapat 3 bulan sekali itu atau yang disebut biasanya oleh  kami di KPU  itu adalah rapat pleno DPB triwulan DPB daftar pemilih berkelanjutan ini kita lakukan lama 1 tahun itu kita plenokan per 3 bulan sekali,”akhirnya. 

Sementara itu, Heriadi A.SE selaku Ketua Divisi Penyelenggaraan menyampaikan tentang kesiapan KPU.

“Persiapan yang sudah dilakukan oleh KPU saat ini, persiapan di Sekretariat  saat  tahapan Pemilu tahun 2024  pada Juni nanti,jadi terkait tahapan itu  kita sudah masuk tahapan perencanaan  di bulan Juni,  kita sudah  mulai untuk tahapan Pemilu tahun 2024,”tutur Heriadi. 

“Tentunya kita sudah tahu semua berdasarkan hasil dengar pendapat bersama KPU dan Kementerian Dalam Negeri lalu, Bawaslu RI dan DKPP pada tanggal 13 April 2022 dengan kesimpulan bahwa Pemilu 14 Februari 2024 dan itu tanggalnya yang sudah fix, sudah pasti dilaksanakan. Untuk  Pemilu Legislatif tanggal 14 Februari 2024 sekaligus pemilihan Presiden. Sedangkan untuk Pemilihan Gubernur dan wakil gubernur, Bupati dan wakil bupati,  walikota dan wakil walikota  serentak di tahun 2024 itu adalah tanggal 27 November 2024 dan ini udah fix dilaksanakan untuk tahapan-tahapan itu. Kepada masyarakat yang ingin  tahu bagaimana informasi terkait Pemilu atau  KPU silahkan  membuka akun Facebook,  Instagram, info tentang KPU jelas sekali juga tentang tahapan-tahapan khususnya untuk Pemilu tahun 2024. Terkait data pemilih,  KPU juga sudah koordinasi dengan dinas terkait seperti Dukcapil,  Bawaslu  sudah dilaksanakan KPU melaksanakan pleno DPB atau Data Pemilih Berkelanjutan dan pada  tanggal 30 Mei ini  kami lakukan pleno data pemilih,”tutupnya

Sementara itu,Ketua KPU, Drianus Saban,S.Pd menyampaikan keteranganya melalui WA karena tugas luar, secara umum, bahw KPU Sekadau siap melaksanakan tahapan pemilu.

“Pada prinsipnya, KPU akan tetap melakukan kewajibannya untuk melaksanakan tahapan-tahapan yang sudah ditentukan melalui PKPU dan aturan yang lainnya untuk selalu siap sedia, termasuk melakukan sosialisasi pra tahapan yang sudah dilakukan oleh rekan-rekan komisioner yang saya yakin sudah berpengalaman melakukan tugasnya sesuai dengan divisinya masing-masing,”kata Ketua KPU singkat(Tim)

Editor: Drs. Nico Bohot 

Info ini bisa disimak juga melalui radio Dermaga 100,9 FM atau di link dermagfm.com

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya