Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

DR. Valentinus Saeng CP, Uskup Sanggau

 

DR. Valentinus Saeng CP, Uskup Sanggau

Sekadau, dermagafm.com - DR. Valentinus Saeng CP, ditunjuk oleh Paus di Roma menjadi Uskup Sanggau, menggantikan  Mgr.Yulius Menccucini CP yang memasuki masa pensiun 13 Maret tahun 2021, sesuai dengan Kitab Hukum Kanonik pasal  401. Surat penunjukan oleh Paus ini dibacakan oleh Mgr.Yulis Menccucini pada tanggal 18 Juni 2022 jam 17.00  di Gereja Katedral  Sanggau atau jam 12.00 waktu Roma. Acara pengumuman ini dimulai dengan doa bersama adorasi  yang juga disiarkan melalui youtube serta radio Dermaga.

Dalam kesempatan tersebut setelah doa adorasi, Mgr Yulius Menccucini membacakan  surat tersebut.

“Judul dari Surat Paus ini adalah dalam rahasia kepausan Apostolic Nuntiatura Indonesia, Jakarta 18 Juni 2022 nomor protokol 29. 50/20 22, Melalui surat ini saya hendak  mengkonfirmasikan  kepada anda dan meminta anda mengumumkan kepada Gereja lokal terkasih ini bahwa Bapa Suci  Paus Fransiskus telah mengangkat Romo Valentinus Saeng, Konggregasi Pasionis, seorang putra Kalimantan yang  lahir di Keuskupan ini,  saat ini menjabat sebagai Dosen Filsafat di STFT Widia Sasana  Malang,  sebagai Uskup Sanggau yang baru dan penerus anda. Berita ini dipublikasikan persis pada momen ini di Roma jam 12 dan di Sanggau jam 5 sore,”demikian kata Uskup asal Italia ini. 

Terkait dengan penunjukan Pastor Valentinus Saeng CP asal  Paroki Sungai Ayak ini, Bupati Sekadau Aron SH melalui pesan singkatnya kepada radio Dermaga memberikan ucapan selamat kepada uskup baru ini.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah  mengucapkan selamat atas dipilihnya Pastor Dr.Valentinus Saeng CP sebagai Uskup Keuskupan sanggau yang baru. Ini tentu sejadi kebanggaan kita semua sebagai umat Katolik khusunya dan masyarakat Kabupaten Sekadau pada umumnya, selamat menjalankan tugas perutusan sebagai Uskup yang membawahi  Kabupaten Sekadau dan Kabupaten Sanggau,”ucapnya.

Demikian juga wakil Bupati Sekadau, Subandrio SH,MH melalui WA kepada radio Dermaga mengucapkan proficiat kepada Pastor  yang diangkat oleh Paus Fransiskus di Roma. 

“Saya mengucapkan selamat kepada Pastor Velentinus yg sudah diangkat sebagai Uskup Sanggau dan selamat mengemban tugas baru  pelayanan sebagai Uskup dan  berharap d bawah kepemimpinan Beliau kualitas iman umat semakin baik dan pertumbuhan umat juga makin meningkat serta pelayanan kepada umat makin membaik,”ujarnya.

Adalah Pasifikus Iwan Karantika, Kepala Badan Registrasi dan Pajak Daerah Kabupaten Sekadau yang menghadiri acara doa adorasi di Sanggau, saat diminta komentarnya,

“Dengan rasa hormat dan persaudaraan dalam Tuhan Yesus, saya menyampaikan Proficiat atas diangkatnya Pastor DR. Valentinus Saeng, CP, putra Dayak sebagai Uskup Keuskupan Sanggau,,sekali lagi selamat dan proficiat,”jawabnya singkat.

Kepada radio Dermaga, Uskup Valentinus membalas ucapan proficiat oleh radio dengan jawaban “terima kasih. Mohon doa untuk karya selanjutnya,”balasnya.

Pastor Dion Pr yang saat ini bertugas di Paroki Noyan. 

“Saya pribadi bersyukur dan berterima kasih telah terpilih uskup baru Keuskupan Sanggau dari putra daerah Keuskupan Sanggau. Ini salah satu indikasi bahwa Gereja Katolik keuskupan Sanggau udah maju tidak mendatangkan lagi uskup dari luar daerah.

Perlu juga diketahui, putra daerah Keuskupan Sanggau pertama adalah uskup emeritus keuskupan agung Pontianak Mgr Heronymus Bumbun.

Begitu juga paroki Sei Ayak Keuskupan Sanggau termasuk berhasil melahirkan panggilan imamat terbesar jumlahnya di keuskupan Sanggau. Memyusul paroki Lintang dan paroki Jangkang.”

Radio Dermaga juga sempat meminta komentar 2 umat Katolik Sekadau Kring Santo Bendictus, Margareta Hermawati  mengatakan kegembiraan dan kebanggaan karena Mgr Valentinus ini berasal dari Kabupaten Sekadau. Demikian juga Yohanes Bosko, Ketua Kring santo Benedictus Pareoki Sekadau  mengucapkan selamat dan proficiat atas penunjukan tersebut dan turut mendoakan Uskup baru dalam menjalankan tugasnya. (Tim)

Editor:Drs.Nico Bohot

Info ini bisa disimak di 100,9 FM Radio Dermaga Sekadau, atau di dermagafm.com

1 Komentar

  1. Selamat berkarya bapa Uskup di Keuskupan Sanggau, Tuhan Memberkati 🙏

    BalasHapus
Berita Baru Berita Lainnya