Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Gawai Siap Digelar 13 Juli

Ketua, Sekretaris DAD beserta Ketua dan Sekretaris Panitia Gawai Dayak XI tahun 2022 bersama sejumlah awak media.

Sekadau dermaga fm.com-Perhelatan Gawai Daya ke-11 di Kabupaten Sekadau akan segera digelar pada hari Rabu tanggal 13 Juli 2022  bertempat di Betang Youth Center.  Hal ini dikatakan oleh ketua DAD  Kabupaten Sekadau pada saat  konferensi pers di victoria Cafe Sekadau.

Pada kesempatan tersebut Ketua DAD Kabupaten Sekadau Wellbertus Willy,  menjelaskan tujuan dan harapan event gawai tahun ini.

"Kita sudah dua tahun tidak bisa melaksanakan gawai Dayak  karena wabah Covid 19 melanda dunia termasuk Kabupaten Sekadau. Kita semua patut bersyukur pada pertengahan tahun ini ada kelonggaran dari pemerintah dan kita bisa melaksanakan Gawai, namun protokol kesehatan tetap dijaga,” jelas ketua DAD.

“Gawai tahun ini kita perkirakan animo dari masyarakat  Dayak tentu sangat tingi  karena Gawai Dayak di Kabupaten Sekadau cukup dirindukan oleh masyarakat kita, kita bisa lihat antusiasnya masyarakat ikut gawai di kampung-kampung dan di Kecamatan  ramai sekali pengunjungnya, partisipasi masyarakat sangat luar biasa. Maka kegiatan Gawai Dayak tahun ini minta bantuan kepada media dan panitia bagaimana  dalam gawai ini dapat menciptakan keamanan  sehingga masyarakat betul-betul menikmati petunjukan-petunjukan digawai Dayak ini,”lanjut ketua DAD.

Ketua DAD juga memaparkan apa makna Gawai bagi masyarakat Dayak

”Gawai merupakan ucapan syukur kita atas panen yang melimpah dan  kita sebagai manusia bisa mengucapkan syukur kepada Jubata karena pertanian kita mandapat hasil yang baik  sehingga kita untuk mewujudkan ucapan syukur kita mengadakan semacam gawai atau pesta syukur. Disamping itu juga Gawai Dayak adalah merupakan ajang untuk menggali kebudayaan terutama kesenian adat dayak yang ada di Kabupaten Sekadau ini juga untuk mengekspos kebudayaan Dayak keluar,”sambung ketua DAD.

Di kesempatan yang sama ketua umum  Panitia Gawai Dayak ke-11 Finsen menjelaskan rangkaian kegiatan yang akan diperlombakan pada acara gawai ini,

"kegiatan perlombaan nanti seperti tarikreasi,  lomba pop singer, lamba dan bujang dara gawai, pangkak gasing, menganyam tikar, melukis perisai dan menyumpit. Pembukaan gawai tanggal 13 Juli 2022 kita mengadakan pawai  dan dalam pawai nanti ada partisipasi dari  suku lain  yaitu Majelis Adat Tionghoa” jelas Finsen.

Ketua umum  Panitia Gawai Dayak ke-11 Finsen, juga menyampaikan peserta yang akan hadir serta thema gawai.

"Panitia sudah  mengundang Gubernur Kalimantan Barat, Bupati dan Forkopimda Kabupaten Sekadau dan tentu saja 7 kecamatan sebagai peserta utama. 

Untuk gawai tahun ini yang ke-11 kita mengangkat tema, Melalui Gawai Dayak ke-11 kita perkuat esistensi Masyarakat Adat  dalam Pelestarian Tradisi dan Budaya Demi Terwujudnya Kabupaten Sekadau  Yang Maju  Sejahtera dan Bermartabat.  Tema ini merujuk kepada Visi Misi Bupati  Sekadau.  Kita berharap agar gawai kali ini  dapat memberikan multiplayer efek khusus gerakan ekonomi melalui even budaya pasca covid19," tutupnya.(Ika)

Editor: Drs.Nico Bohot

Info ini bisa disimak di 100,9 FM Radio Dermaga, radio berijin Kominfo RI, simak juga di streaming dermagafm.com

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya