Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Wabup Tinjau Lawang Kuari

Foto: Wabub Sekadau  Tinjau Lawang Kuari,  10 Juli 2022

Sekadau, dermagafm.com  - Lawang Kuari adalah tempat wisata yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat bahkan Kabupaten Sekadau disebut dengan Bumi Lawang Kuari. Lawang Kuari  adalah objek wisata  yang berada  di Desa Sungai Ringin Kecamatan  Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau.  Sudah banyak  infrastruktur yang dibangun di sana tentu dengan tujuan  menarik wisatawan lokal maupun luar daerah atau bahkan mancanegara. Pemerintah Kabupaten Sekadau terus melakukan pembenahan di  sana.

Dengan tujuan yang sama  Wakil Bupati Sekadau Subandrio,  SH MH,  menyempatkan diri mengunjungi  Gua wisata Lawang Kuari yang bersejarah ini pada hari Minggu 10 Juli 2022.

Pada kesempatan tersebut, Wakil  Bupati Sekadau yang didampingi oleh Ketua GOW menjelaskan maksud dan tujuannya kepada awak Radio Dermaga.

“Pertama-tama kita mau melihat kondisi tempat iwisata Lawang Kuari ini  saat libur,  kan cukup ramai dan tentu saja kita melihat kira-kira apa yang kurang  dan perlu dibangun dan apa yang bisa diperbaiki  sehingga semakin menarik  minat wisatawan  baik dalam negeri maupun manca negara. Gua Lawang Kuari ini sendiri menjadi ikon Sekadau dan pemerintah melalui Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Parisiwsata sudah berupaya membangun infrastruktur pendukungnya. Kenapa  tempat wisata ini dibangun, jelas salah satunya karena destinasi ini dekat dengan pusat Kota Sekadau- Pemda  juga  membangun tempat lainnya yaitu Batu Jotoh di Ng. Taman dan beberapa tempat lain dan yang paling mudah dijangkau, tentu kita perhatikan,” ujar Wakil Bupati. 

“Salah satu pengunjung wisata tadi yang berasal dari Nanga Mahap bahkan sempat berkata bahwa kalau ke Sekadau tidak mengunjungi Lawang Kuari, itu sama saja dengan belum pernah ke Sekadau dan ini Itu bagus juga.  Image itu perlu dibangun  bahwa Lawang Kuari adalah salah satutempat wisata yang bisa menjadi  icon kita di Kabupaten Sekadau dan kalau image ini sudah tertanam  orang-orang yang datang ke Sekadau harus dikondiskan bisa datang ke tempat ini. Tentu tempat ini kita percantik  supaya begitu orang datang akan menjadi suatu  kesan yang luar biasa,”tambah Wakil Bupati. 

Setelah melihat sendiri infrastruktur yang sudah ada, Wakil Bupati sempat berdialog dengan Abang Senen, sebagai  penjaga atau juru kunci tempat yang dulunya dianggap keramat oleh sebagian masyarakat Sekadau. 

“Setelah kita melihat kondisi ini sudah tentu Pemerintah Daerah Kabupaten  akan memperhatikan  pembangunan-pembangunan tempat. Tadi saya mendengarkan langsung usulan dari AbangSenen selaku Juru Kunci tempat ini, diantaranya membenahi pentas terbuka di bagian hilir dengan memasang lantai yang bagus, juga membuat barau penahan di samping gua ke ke bagian hilir dan bagian hulunya setinggi satu meter dan beberapa usulan lainnya. Nanti akan diperhatikan dan akan ditindaklanjuti oleh Pemerintah,”kata Wakil Bupati.

Sementara itu, Ketua GOW Kabupaten Sekadau, Nyonya  Wiwin Atriana Subandrio mengatakan bahwa tempat wista Lawang Kuari ini perlu kita benahi bersama-sama agar makin menarik pengunjung. 

“Tempat wisata Lawang Kuari saat ini sudah cukup lumayan bagus  dan biar semakin bagus   kita perlu menambahkan sesuatu yang lain yang menarik  biar bisa diminati oleh masyarakat  yang ada di Kabupaten Sekadau ataupun dari tempat lainnya. Untuk itu sebagai orang Sekadau, kita perlu bersama-sama mempromosikan tempat ini dengan berbagai media yang ada kepada orang luar Kabupaten Sekadau,”ujar Ketua GOW.

Menurut data yang tercatat di Pusat Informasi Lawang Kuari pada hari Minggu 10 Juli 2022 sebanyak  80 pengunjung  sampai dengan jam 15.00. Menurut Juru Kunci,  pengunjung  pada  hari-hari lain (bukan hari libur) selalu  ada  yang datang,  rata-rata dari wilayah Kabupaten Sekadau,  dari  Ng Taman, Ng mahap, Belitang dan Sekadau  Hulu. Saat covid19, pengunjung memang berkurang, tapi saat ini sudah berangsur-angsur ramai kembali.

Editor Drs. Nico Bohot

Info ini bisa disimak di 100,9 FM dan di dermagafm.com

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya