Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Uskup terpilih, Mgr. Valentinus Saeng CP, kini hadir di Keuskupan Sanggau.

Foto bersama: Bupati Sanggau,Uskup Yulius, Uskup Valentinus dan Bupati Sekadau di pendopo Keuskupan Sanggau, Rabu 27 Juli 2022.
Sekadau dermaga fm.com - Uskup Sanggau terpilih Mgr.Dr. Valentinus Saeng CP untuk pertama kali datang memasuki gedung Keuskupan Sanggau sejak ditunjuk sebagai Uskup Sanggau tanggal 18 Juni lalu menggantikan Uskup Yulius yang memasuki masa pensiun karena usia. Kedatangan Uskup Valentinus yang bersamaan dengan Mgr.Yulius Menccucini ini disambut  meriah oleh perwakilan umat Keuskupan Sanggau mulai dari pintu gerbang komplek Keuskupan Sanggau dan dihantar menuju pendopo gedung keuskupan, pada Rabu tanggal 27 Juli 2022.

Hadir dalam acara penyambutan meriah ini,  Bupati Sekadau beserta istri, Bupati Sanggau beserta istri Bupati Sekadau 2005-2015 Simon Petrus bersama istri, istri wakil Bupati Sanggau, Pastor Ketua Provinsial CP, Pastor Nikodemus Jimbun CP, para pastor  pastor paroki, para suster, bruder, perwakilan OMK, sejumlah tokoh umat, tokoh adat, tokoh pemuda dari berbagai organisasi dari kota Sanggau

Bupati Sekadau,Aron SH yang diberi kesempatan pertama menyampaikan ucapan selamat datang kepada Uskup valent.

"Kedatangan Uskup Valent ke Sanggau ini merupakan kebahagiaan kita bersama karena kita sudah memiliki Uskup baru yang ditunjuk oleh Paus Fransiskus. Paus sudah memberikan kesempatan terbaik dengan menunjuk putra daerah menjadi Uskup Keuskupan Sanggau, maka pantaslah kita memberikan rasa hormat, rasa gembira bersama dengan tepuk tangan meriah demi kita semua yang hadir di sini dan bagi umat Katolik dalam keuskupan Sanggau,"ucap Bupati.

"Atas pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau, saya mengucapan selamat datang kepada Mgr. Valentinus Saeng CP dan ke depan saya yakin kita dapat bekerjasama dengan baik dengan pihak keuskupan demi umat dan demi masyakat kita bersama dalam Kabupaten Sekadau dan Kabupaten Sanggau,"tutup Bupati Sekadau.

Selanjutnya Bupati Sanggau mendapat giliran kedua menyampaikan salam hangat kepada kedua uskup yang hadir. 

"Saya mengucapkan selamat datang kepada Mgr. Valentinus Saeng yang berbahagia dikota Sanggau, bumi Dara Nante, selamat datang kembali juga saya ucapkan kepada Mgr.Yulius karena sudah sebulan ini meninggalkan kota Sanggau ini,"ucap Bupati Sanggau, penyanyi Dolen do nado ini. 

"Kami merasa senang bisa menyambut kehadiran bapak uskup berdua ini di kota Sanggau dan kita semua pastilah merasa bangga karena Bapak Uskup kita Mgr. Yulius sudah menyelesaikan tugas mulia di keuskupan Sanggau dan saat ini sudah memasuki purna tugas dan akan kembali ke negeranya setelah pentabisan uskup yang baru dan tentunya kita merasa sangat bangga karena kedatangan Mgr. Valentinus sebagai uskup terpilih dan tentu menjadi kebahagiaan untuk kita semuanya. Seperti sebelumnya saya bekerjasama rasanya secara istimewa dengan Mgr.Yulius dan saya yakin ke depannya dengan Uskup Valent ini kita makin bisa bekerja sama ke depan dengan baik pula.,"sambung Bupati Sanggau.

Dalam kesempatan tersebut, Mgr. Valentinus Saeng CP, selaku uskup terpilih menyampaikan salam perkenalan kepada umat yang menyambutnya.

"Terima kasih atas kesempatan ini, dan terima kasih atas penyambutan yang luar biasa ini. Yang saya muliakan Mgr. Yulius Menccucini yang telah berjasa begitu besar untuk masyarakat umat Katolik di keuskupan ini. Beliau sudah banyak berbuat untuk kita di sini, terutama dalam hal institusi kelembagaan,  beliau adalah peletak batu pertama keuskupan kita ini dan juga beliau adalah misionaris besar untuk kita umat Katolik. Yang saya hormati juga bapak Bupati Sekadau dan Bupati Sanggau, para anggota DPRD, tokoh masyarakat, para biarawati, para  imam yang hadir di sini karena mereka kami ada di sini. Karena para misionaris Passionis ini kami para pastor ada dan hadir bersama umat Katolik. Jadi berterima kasih kepada mereka, para misionaris Italia yang sudah berjasa besar untuk kita di sini "ucapnya.

"Saya berasal dari Kecamatan Belitang, Kabupaten Sekadau, ditabhiskan menjadi imam tahun 1998 dan studi filsafat untuk program S2 dan S3 dan seterusnya saya mengajar Filsafat di Malang untuk para calon imam dari 8 keuskupan di Kalimantan, keukupan Malang dan 13 ordo konggregasi di sana dan untuk itu saya minta doa dari imam dan tentu saja doa dari umat sekalian, sebab saya sadar bahwa menggantikan orang besar, bukan hanya secara fisik, tetapi besar dalam jasa, dalam karya dan besar pengabdian dan ini tentu saja butuh kerja luar biasa dan untuk itu mohon dukungan umat semuanya,"ujar Uskup yang berasal dari Paroki Sungai Ayak Dekenat Sekadau.

"Dalam ulang tahun ke 50 tahun kehadiran Passionis Italia berkarya di Indonesia, saya menulis "karena mereka kita ada" dan itu bermakna bahwa jasa para pastor Italia sangatlah besar untuk kita semua di keuskupan ini. Saya juga mohon dukungan doa, karena  saya baru mengerti bahwa tugas kegembalaan ini adalah tugas yang maha mulia tetapi juga maha berat, untuk itu saya mohon doa bapak ibu sekalian untuk mendukung saya demi kebaikan kita semua terutama kedua umat Kabupaten ini, terima kasih banyak, Tuhan memberkati,"tutup Uskup yang disambut tepuk tangan meriah oleh umat yang hadir(Tim).

Editor:Drs.Nico Bohot

Info ini bisa disimak di radio dermaga 100,9 FM dan atau di dermagafm.com


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya