Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Ini Panggilan Hidup: Wejangan Uskup Sintang Jelang Tabhisan

 

Mgr. Samuel Oton Sidin OFM Cap, Uskup Sintang bersama Provinsial Ordo Passionis Indonesia dan 3 diakon yang akan dihabiskan Senin 27 Februari 2023
Sekadau dermaga fm.com - Tetaplah setia kepada panggilan dia berapa ekor dalam dunia modern ini masih ada orang yang rela meninggalkan kehidupan manusia pada umumnya dan menjadi pastor Katolik Hal ini tentu merupakan yang luar biasa. Hal ini dikatakan oleh  Uskup Keuskupan Sintang saat malam ramah tamah sebelum pentabisan 3 Diakon di aula Paroki Fidelis Sejiram, 26 Februari 2023.

"Anda bertiga memang luar biasa karena pilihan anda ini adalah bentuk panggilan Tuhan, maka peliharalah terus menerus sampai akhir, "harap Uskup asal Bengkayang ini.

Sejarah Katolik di Paroki Sejiram ini dimulai tahun 1888 kemudian didirikan Gereja Santo Fidelis sebagai gereja tertua tahun 1921-1924 dan saat ini sudah dijadikan warisan cagar budaya kebanggaan umat Katolik dan kebanggaan pemda Kabupaten Kapuas Hulu.

 
Calon imam atau Dakon yang akan ditabiskan 27 Februari adalah Diakon Dilan CP asal Desa Tp Tingang, Diakon Victor CP, adal Desa Rirang  Jati, Kecamatan Nanga Taman dan Diakon Apo CP asal Sejiram.

Jumlah Umat Katolik di Paroki Sejiram Kecamatan Seberuang Kabupaten Kapuas Hulule 10 ribu dari 11 ribu jiwa. Terdiri dari 15 Desa yang sebagian besar dari etnis Seberuang, Suait, Kantuk.

 
Adapun Diakon dalam Gereja Katolik, adalah fase terakhir setelah menyelesaikan masa studi selama 6-7 tahun di universitas atau Slekolah Tinggi Filsafat di mana sebelumnya disebut Frater atau calon Imam. akon membantu imam dalam tugas-tugas penggembalaan umat dan administrasi, namun bertanggung jawab secara langsung kepada uskup. Mereka memiliki peran khusus dalam liturgi, tugas utama mereka dalah membacakan Injil dan membantu dalam penyelenggaraan Ekaristi.

Turut hadir pada acara ramah tamah ini adalah Provinsi Passionis Indinesis Pastor  Sabinus Lohin CP, sejumlah dosen dan mahasiswa Universitas Katolik Santo Agustinas Hippo Ngabang, para Pastor, bruder, suster tamu yang datang dari Sekadau Sintang Ngabang dan Kapuas Hulu. 

Perkembangan umat Katolik profesi Jeram tidak lepas dari sejarah Katolik di Paroki Sejiram ini yang dimulai tahun 1888. Kemudian didirikan Gereja Santo Fidelis sebagai gereja tertua tahun 1921-1924 dan saat ini sudah dijadikan warisan cagar budaya kebanggaan umat Katolik dan kebanggaan pemda Kabupaten Kapuas Hulu.(nb) 

Editor: Pen.Jab Radio Dermaga

Info ini bisa disimak di 100,9 FM atau di medsos dermagafm.com atau di Tiktok @dermaga1009fm, atau di fb :radiodermaga.

 


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya