Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Saat Peresmian Rumah Betang di Nyonak: Ini Kata Ketua DAD

Ketua DAD Kabupaten Sekadau, saat acara ramah tamah peresmian rumah Betang Tamongong Naga Lantai di Dusun Nyonak, DesaTeluk Kebau, Kecamatan Nanga Mahap, Senin 8 Mei 2023.
Sekadau, dermagafm.com - Ketua Dewan Dayak Kabupaten Jefrai Raja Tugam SE mengatakan bahwa Dewan Adat Dayak dan shadow kabupaten Sekadau sangat menghargai kegiatan kebudayaan khususnya dalam melestarikan budaya Dayak dalam bentuk rumah Betang Tamongong Naga Lantai, yang diresmikan pada hari Senin tanggal 8 Mei 2023 di Dusun Nyonak, Desa Teluk Kebau, Kecamatan Nga Mahap Kabupaten Sekadau. 

Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Sekadau mengatakan bahwa Rumah Betang ini sudah dibangun dan sudah mendapatkan  beberapa kali anggaran dan saat ini diresmikan dan tentunya kita mesti bersyukur. 

"Rumah betang ini dibangun dengan beberapa kali anggaran dan pada hari ini dapat diresmikan dan sejatinya saya sangat berterimakasih dan bersyukur bangunan rumah ini bisa selesai dan juga berterimakasih kepada masyarakat yang telah bekerja sama membangun rumah adat ini sehingga dapat diresmikan pada hari ini, "ucapnya.

"Saya sebagai Ketua DAD Kabupaten Sekadau tentunya banyak-banyak mengucapkan terimakasih, yang tentunya rumah betang difungsikan untuk keperluan adat dan tentunya digunakan untuk semua kegiatan budaya dan  ini adalah suport dari pemerintah dan kita sudah mendengar visi dan misi dari Pak Aron sebagai Bupati dan Pak Subandrio sebagai Wakil Bupati, Bupati  ingin masyarakat maju dengan mengikuti jaman namun tidak meninggalkan  budayanya, artinya kita boleh maju berpendidikan lebih tinggi tapi budaya tetap kita lestari dan jagakan untuk anak cucu kita ke depannya,"sambung Ketua DAD. 

Pak Jefrai yang juga sebagai Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Sekadau ini berharap supaya masyarakat punya keinginan yang kuat untuk menggali dan melestarikan budayanya masing-masing. 

"Bila perlu kita inginkan budaya gaya lama kita angkat kembali, kita lestarikan dan kita  jaga, jika budaya kita sudah mulai hilang, mari kita gali kembali supaya nantinya kita wariskan kepada anak cucu kita. Harapan kita semua dan tentunya  harapan Bupati juga. Karena apa? Supaya Kabupaten Sekadau yang kita cintai ini tidak hanya moderen tetapi nilai- nilai budaya nilai leluhur kita tetap ada, " tegas Ketua DAD lagi. 

"Kami juga menghimbau dan berharap supaya rumah adat ini difungsijan sebagaimana mestinya dan dijaga sebaik-baiknya, dirawat untuk masa yang akan datang, demi anak cucu kita, " tutupnya. 

Editor: PenJab Radio Dermaga


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya