Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Uskup Sanggau Adakan Kunjungan Kanonik di Paroki Sekadau

Acara Kunjungan Kanonik Uskup Keuskupan Sanggau, di Gereja Paroki Sekadau, Rabu, 14 Juni 2023.
Sekadau, dermagafm.com - Kunjungan Kanonik Mgr. Valentinus CP dilaksanakan di Paroki Sekadau, berpusat di Gereja Katolik Paroki Sekadau, tanggal 14 Juni 2023.

Kunjungan atau Visitasi Kanonik seorang Uskup adalah tindakan seorang Pemimpin Gerejawi yang dalam pelaksanaan jabatannya mengunjungi orang-orang atau tempat-tempat dengan maksud untuk memelihara iman dan disiplin, dan untuk mengevaluasi perjalanan gereja Katolik sesuai dengan Hukum Kanonik (Kan.375 ayat 2). 

Acara dimulai dengan penyambutan kedatangan Bapak Uskup bersama Vikjen, RD Riyadi, Sekretaris  RD Gregorius, Vikaris yudicial: hakim pengadilan Tribunal Gereja Katolik RD Bartolomeus dan Ekonom Keuskupan RD Leo Kupit, berlangsung di halaman Gereja Katolik dan disambut oleh ratusan umat Katolik Paroki Sekadau. 

Dalam dialog khusus bersama umat Katolik, Bapak Uskup bersama rombongan, Uskup menjelaskan berbagai hal terkait dengan situasi umat saat ini dan situasi sejak saat Bapak Uskup November tahun 2023 ditahbiskan hingga saat ini. Demikian juga para pastor yang hadir saling mengisi satu sama lainya.

Dalam dialog yang terbuka ini, para pastor dengan setia mendengarkan usulan, pendapat dan testimoni sejumlah umat yang hadir, terdiri dari para Ketua Kring, perwakilan OMK, Ketua Stasi-stasi yang ada dalam wilayah Paroki Sekadau. 

Acaranya yang sangat istimewa ini berlangsung 2 jam dan berikut tanggapan tiga orang perwakilan umat yang sempat diwawncarai oleh radio Dermaga.

Yohanes Bosko, Ketua Kring Santo Benediktus. 

"Menurut saya, kunjungan Kanonik Bapak Uskup dan rombongannya sangat berguna untuk kita sebagai umat Katolik dan ini baru pertama kali saya ikuti. Kenapa? Hal ini karena saya lihat isu-isu yang disampaikan sangat bermanfaat, salah satunya soal situasi Pemilu 2024 di mana umat harus jeli melihat siapa calon DPRD mulai di Kabupaten sampai dengan calon DPR RI. Saya senang sekali Bapak Uskup telah mengingatkan umat agar jeli melihat calon, bukan asal coblos sebab mereka yang duduk harusnya nanti membawakan aspirasi bagi umat.  Saya sangat bersyukur bisa ikutserta dalam event seperti ini."

Ignatius Kuen, pemimpin agama Stasi Selimus

"Bagi saya acara ini sangat luar biasa sebabnya baru pertama kali saya sebagai pemimpin dipanggil bersama Orang muda Katolik (OMK) dari Stasi Selimus dan juga yang lainnya mendengarkan informasi-informasi terkini terkait dengan perkembangan umat masa kini oleh Bapak Uskup yang baru ini. Saya mengucapkan selamat dan terima kasih atas moment ini, mudah-mudahan bisa dilanjutkan kembali di moment lainnya. "

Yohanes Maria, pegawai Paroki Sekadau 

"Bagi saya acara ini sangat bagus dan tentu tidak berhenti di sini saja, terutama untuk materi hukum Kanonik yang disampaikan oleh Pastor Bartolomeus, terkait dengan perceraian. Itu menurur saya, sangat cocok untuk dikembangkan kemudian hari dengan kelompok kategorial agar masyarakat Katolik itu mengetahui seluk beluk urusan perceraian yang memang sebaiknya tidak kita lakukan sebagai umat. Kalau kita tahu lebih banyak, tentu  kita bisa antisipasi juga dan kita bagikan kepada umat yang lainnya."

Selesai acara dialog dengan umat, dilanjutkan dengan acara Misa bersama umat yang dipimpin langsung oleh Bapak Uskup dab dalam kotbahnya Bapak Uskup mengatakan bahwa sebagai umat Katolik tentu kita harus ingat bahwa kita ini orang Katolik yang menimba Iman dari Yesus melalui Para rasul.

"Sebagai umat Katolik, saya berharap agar pengetahuan kita sebagai orang Katolik tahu bahwa kita dipanggil seperti para rasul,dipanggil untuk pergi ke seluruh dunia untuk mewartakan Injil dan perutusan itu dipercayakan kepada Uskup dan kepada umat sekalian dan pengetahuan kita tentang semua sakramen perlu ditingkatkan. Ada tujuh sakramen yang semuanya berasal dari Yesus sendiri dan sakramen ketujuh, Sakramen Imamat, semuanya berasal dari Yesus dan ada dalam Kita Suci,"

Bapak Uskup juga berharap bahwa penting masing-masing kita tahu bagaimana mengatasi masalah masalah yang ada dalam keluarga kita dengan fokus pada Tuhan dan ini penting karena keluarga adalah gereja kecil, di mana komunikasi dalam keluarga bagus maka gereja Katolik yang satu akan terus berkembang. 

Pada bagian penutup misa, diadakan acara serah terima jabatan oleh Bapak Uskup, jabatan Pastor Paroki yang lama, Pastor Kristianus CP kepada Pastor Paroki yang baru, Pastor Martinu CP. Selamat jalan dan selamat bertugas di tempat yang baru, bagi  Pastor Kris dan selamat datang di Paroki Sekadau, Pastor Martinus. (FJ)

Editor: Pen Jab Radio

Info ini bisa disimak di Dermagafm.com atau di Radio Dermaga 100,9 FM Sekadau

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya