Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Gawai Dayak Kabupaten Sekadau, dibuka

Gawai Dayak Kabupaten Sekadau, dibuka tanggal 18 Juli dan akan berakhir tanggal 22 Juli di Betang Youth Centre
Sekadau, dermagafm- Gawai Dayak ke-12 Kabupaten Sekadau dengan thema "bersatu untuk semua, " dibuka oleh Bupati Sekadau hari Selasa, 18 Juli 2023 dan acara ini berlangsung di Betang Youth Centre Sekadau. 

Dalam sambutannya, Bupati Sekadau,  mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dan kepada panitia pelaksana yang telah menyukseskan gawai dayak ke-XlIl Kabupaten Sekadau tahun 2023.

 "Saya memberikan apresiasi yang setinggi- tingginya kepada sub suku Dayak Kerabat yang telah melaksanakan ritual adat yang begitu bagus dan luar biasa," ucapnya.

Bupati berharap hal-hal seperti tersebut di atas harus tetap kita lestarikan dan kita kembangkan karena prinsip gawai dayak bukan hanya bersyukur saja tetapi kita melihat dan menyaksikan setiap penampilan dari sub suku yang menjadi tuan rumah pelaksanaan gawai dayak kabupaten. 

Saat bertemu dengan para Ketua DAD kecamatan dan kabupaten di rumah dinasnya, Bupati Sekadau minta agar pelaksanaan gawai di jadwalkan dengan jelas agar nanti menjadi program tahunan pemerintah daerah Kabupaten Sekadau agar bisa dikemas sedemikian rupa, agar nanti gawai Dayak ini bukan hanya menunjukkan soal tradisi tetapi lebih bagaimana kedepannya masyarakat kita lebih biaa bersyukur atas apa yang telah kita dapatkan selama 1 tahun. 

Sementara itu  Gubernur Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang di wakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Ignatius Ik mengatakan bahwa gawai dayak merupakan perayaan dan festival Budaya yang diadakan setiap tahunnya oleh suku dayak di Kalimantan termasuk di Kabupaten Sekadau. Gawai dayak mempunyai daya tarik tersendiri baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang berkunjung karena event ini mempromosikan budaya khas suku dayak khususnya di Kabupaten Sekadau. 

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kunjungan wisata yang berbasis budaya di Kabupaten Sekadau," katanya. 

Dalam kesempatan sebelumnya, Ketua DAD Kabupaten Sekadau, Jeffray Raja Tugam, berharap bahwa Gawai Dayak ini merupakan ucapan syukur atas keberhasilan selama satu tahun berjalan. 

"Gawai Dayak ini merupakan puncak rasa syukur masyarakat Dayak Kabupaten Sekadau dan kepada masyarakat Dayak Kabupaten Sekadau saya ucapkan selamat hari Gawai dan semoga gawai ini memberikan inspirasi bagi masyarakat Dayak untuk tahun-tahun berikutnya nanti dan kepada Bupati Sekadau, saya atas nama DAD ucapkan terima kasih atas dukungannya,"ucapnya.

Hadir pada acara tersebut, Mgr. Valentinus Saeng, Pastor Paroki Sekadau, Pastor Martinus Cp, Kepala Bidang Pelestari Budaya Propinsi, Anggota DPD Maria Goreti, Ketua DAD Kalbar, Kornelous Kimha, Ketua Adat Dayak Kabupaten Sintang, Jeprai, ketua DPRD Radius Effendi, Kapolres Sekadau, Dandim 1204 Sanggau-Sekadau, kepala pengadilan Sanggau, Kajari Sekadau, Sekda Muhammad Isa, seluruh anggota DPRD, para kepala SKPD dan ribuan masyarakat yang hadir tumpah ruah. (FJ) 

EDITOR: PENJAB RADIO


Info ini bisa disimak di radio Dermaga 100,9 FM atau di dermagafm.com





Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya