Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Ini dia Rekomendasi Hasil Seminar Adat dalam Rangka Gawai Dayak Kab Sekadau

Acara pembukaan Seminar Budaya Kabupaten Sekadau di aula gedung PKK 

Sekadau, dermagafm.com- Panitia Gawai Dayak XII Kabupaten Sekadau menyelenggarakan kegiatan seminar budaya sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Gawai Dayak yang diselenggarakan di Gedung PKK kabupaten Sekadau hari Rabu tanggal 19 Juli 2023

Hadir sebagai narasumber kegiatan tersebut adalah Radius selalu Plt Asisten 1 mewakili Bupati Sekadau, Radius SH, kemudian DR. Masiun, Rektor ITKK Sekadau dan hadir dalam acara ini adalah pengurus 7 DAD Kecamatan, pengurus DAD Kabupaten, Tumenggung Dayak Kerabat  dan perwakilan Komekar-Peguyuban Suku Kerabat, para bujang dan dara gawai serta sejumlah undangan lainnya. 

Ada pun hasil seminar menetapkan keputusan yang diharapkan nanti akan jadi bahan masukan untuk pengurus DAD ke depan. 

1. Pelaksanaan Gawai Dayak Kabupaten Sekadau ditetapkan menjadi agenda Tahunan Pemerintah Kabupaten Sekadau dan diusulkan setiap tanggal 25 Juli setiap tahun.

2. Dewan Adat Dayak Kabupaten Sekadau memfasiltasi pembahasan  Rancangan Kurikulum Muatan Lokal tentang Adat Istiadat dan Kebudayaan Dayak di Wilayah Kabupaten Sekadau untuk diusulkan kepada Pemerintah menjadi Mata Pelajaran Muatan Lokal padaP endidikan Tingkat Dasar dan Tingkat Lanjutan Pertama.

3. Devan Adat Dayak melaksanakan perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan terhadap Adat Istiadat dan Budaya Dayak diwilayah Kabupaten Sekadau antara lain melalui inventarisir dan pencatatan Budaya Dayak Kabupaten Sekadau.

4. Dewan Adat Dayak Kabupaten Sekadau mendorong pengembangan sumber Daya Manusia Masyarakat Dayak dalam menyambut Ibu Kota Nusantara.

5. Dewan Adat Dayak Kabupaten Sekadau melaksanakan penguatan kelembagaan Masyarakat Adat Dayak secara berjenjang kepada Dewan Adat Dayak Kecamatan, Temenggung Adat, Ketua Adat serta Menteri Adat hingga tingkat dusun.

Seminar yang berlangsung hampir satu hari ini diikuti oleh 50 orang dari awal sampai akhir acara seminar dan berita acaranya ditandatangani oleh Kabid Kebudayaan,  Dinas Pemuda, Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan,  Nazur Yardana dan oleh Sekretaris DAD, Isbianto. (FJ) 

Editor:PenJab Radio

Info ini bisa disimak di radio Dermaga 100,9 FM atau di dermagafm.com 


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya