Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Dinas Koperasi Adakan Pelatihan Koperasi: Ini harapan Kadis

Berfoto bersama peserta Pelatihan Koperasi
Sekadau, dermagafm.com - Dinas Koperasi Kabupaten Sekadau, selenggarakan Kegiatan Pelatihan bagi Pengurus dan Pengawas Koperasi dalam rangka Penilaian Kesehatan Kopwerasi tahun 2023 untuk angkatan pertama, hari Senin l 10 sd 12 Juli 2023, yang berlangsung di aula Hotel Multi Sekadau. 

Menurut Ketua Panitia, sekaligus Kabid  Kelembagaan dan Pengawasan, Andra Kriswanto, SE mengatakan bahwa peserta ini berasal dari 30 KUD yang ada di Kabupaten Sekadau yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Pengurus koperasi dalam Penilaian Kesehatan Koperasi serta memberikan motivasi dan bimbingan kepada Pengurus Koperasi bagaimana mengelola koperasi dengan baik sehingga memberikan manfaat kepada anggota.

"Hasil yang ingin diharapkan yakni agar Pengurus Koperasi dapat membuat Laporan Keuangan dan menyusun Laporan Pertanggungjawaban Pengurus sehingga tercapai Pelaksaaan RAT dan diharapkan masing-masing komponen SDM dalam koperasi baik Pengurus maupun Pengawas memiliki pengetahuan yang baik tentang koperasi dan peraturannya, maka masing-masing dapat memberikan kontribusi yang efektif bagi kemajuan koperasi dan para pengurus dan pengawas Koperasi dapat mengetahui tingkat kesehatan koperasinya, sehingga dapat menjadi bahan evaluasi untuk peningkatan pertumbuhan dan kualitas koperasi,"ujarnya.

Sementara itu, Kadis Koperasi dan UKM ST.Emmanuel SKM, ME dalam sambutannya mengatakan bahwa tahun 2022 lalu, terdapat 157 koperasi dan di tahun 2023 ini sudah bertambah menjadi 198 buah koperasi.

"Kami selaku instansi pembina koperasi berupaya memberikan pembinaan bimbingan memotivasi kepada koperasi agar kegiatan yang diselenggarakan koperasi berjalan dengan baik dan sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku sehingga dengan adanya kegiatan evaluasi untuk mengetahui kekurangan-dan berkualitas.

"Perkoperasian bertambah dari tahun 2022 lalu berjumlah 157, kini menjadi 198 dan hal ini harus membuat kita bersemangat dalam menjalankan Roda Koperasi serta mampu mengembangkan koperasi yang berkualitas. Kami berharap agar peserta dapat dengan sungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini sehingga dapat menerapkan hasil dari pelatihan,'lanjutnya.

Asisten II Drs. Hironimus dalam hal ini mewakili Bupati Sekadau, dalam sambutannya mengatakan bahwa Peran koperasi dalam kehidupan masyarakat kita di Kabupaten Sekadau diperlukan untuk memperbaiki system dan inilah kegiatannya yaitu melalui Dinas Teknis yakni Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Sekadau menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Bagi Pengurus dan Pengawas Dalam Rangka Penilaian Kesehatan

"Koperasi, Ini merupakan cerminan dari arah kebijakan  Pemerintah Kabupaten Sekadau Misi yang ke 4 yaitu mewujudkan Iklim Investasi yang kondusif dan Pengembangan Ekonomi yang berbasis Usaha Mikro, Kecil, Koperasi dan Industri. sehingga tercapai visi mewujudkan Kabupaten Sekadau yang Maju, Sejahtera dan Bermartabat,"katanya.

Asisten II juga berharap agar pelatihan Bagi Pengurus dan Pengawas Dalam Rangka  Penilaian Kesehatan Koperasi Koperasi bisa tumbuh dan berkualitas, serta mampu mengelola akan potensi dan sumber daya alam yang tersedia di wilayah kita, sehingga bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan anggota dan masyarakat di Kabupaten Sekadau.

Adapun beberapa Koperasi yang turut serta dalam kegiatan tersebut diantaranya adalah Koperasi Pridusen Perkebunan Makmur Bersama, KUD Satrimas, KUD Setawar (FJ) 

Editor: Pen.Jab Radio

Info ini bisa disimak di radio Dermaga 100,9 FM atau di dermagafm.com


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya