Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Semarak, Mulad ke- 7 Muhammadiyah PC Nanga Taman

 

Rangkaian Kegiatan Mulad ke 7 Muhammadiyah PC Ng Taman, di Aula Kantor Camat Ng Taman, Sabtu 8 Juli 2023.

Sekadau, dermagafm.com - Thema Semarak Milad Muhammadiyah Kecamatan Nanga Taman Kabupaten Sekadau  yang ke -7  yaitu "Cerdas mencerahkan membangun harmoni dan toleransi". Kegiatan yang dilakukan selama dua hari di aula kantor Camat Nanga Taman adalah pertama Rihlah dakwah bersama PDM (Pusat Dakwah Pontianak) kota Pontianak, kemudian sunatan masal gratis untuk 39 anak, lalu cerdas cermat al islam dan ke muhammadiyahan untuk muallaf,  dialnjutkana dengan gerakan muhamadiyah menanam, kemudian pertunjukan seni bela diri tapak suci putera Muhammadiyah pimda Sekadau,  penampilan seni hadrah dan jepin, paduan suara ikatan pelajar muhammadiyah sekadau dan akan di tutup dengan isbat nikah masal untuk 25 pasang  yang jadwal menunggu dari pengadilan agama Sanggau.

Hal ini disampaikan oleh Muhamdi, selaku Ketua Wilayah Kecamatan Nanga Taman saat memberikan sambutannya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris daerah KabupatenSekadau, Ir. Muhammad Isa M.Si sekaligus mewakili Bupati Sekadau, juga PDM Pontianak, Kepala KPH 12 Sekadau,  Ketua Muhammadiyah Kabupaten Sekadau, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Camat Nanga Taman, Danramil serta Polsek Nanga Taman, sejumlah tokoh masyarakat. Selama acara berlangsung, ditampilkan berbagai selingan atraksi dari beberapa kelompok remaja binaan Muhammadiyah, di antaranya Pencak Silat, tari Jepin dan lain-lainnya.

Menurut Muhamdi, Muhammadiyah diperkenalkan dan dirintis di Nanga Taman sejak tahun 2009 khususnya di kamp perusahaan wilayah Nanga Kiungkang, dimana setiap ada kesempatan selalu memperkenalkan Muhammadiyah kepada sanak saudara, handai tolan.

"Akhirnya di tahun 2012 dibentuklah Majelis Taklim.dan akhirnya sesuai dengan SK pimpinan daerah Muhammadiyah Kabupaten Sekadau pada tanggal 17 Juni tahun 2017, Muhammadiyah Nang Taman terbentuk. Jadi Ulang tahun atau  milad nya pada tanggal 17 Juli, tapi tidak apa kita mendahului karena berkaitan dengan waktu yang tersedia. Kegiatan Milad  ini kami isi dengan berbagai kegiatan pertama adalah cerdas cermat dan kegiatannya berjalan dengan lancar dan sunat masal gratis dengan tema sunat ceria, kegiatan ini bekerjasama dengan PDM kota Pontianak, sunat masal diikuti 39 peserta,"ujarnya.

Muhamdi, selaku Ketua Muhammadiyah Nanga Taman dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi anak-anak yang berprestasi di segala bidang.

"Kita juga akan memberi apesiasi pada hari ini sebagai penghargaan pimpinan cabang Muhammadiyah Nanga Taman terhadap anak-anak  yang berprestasi dan akan diberikan penghargaan kepada pelatih dan atlit panjat tebing dari Desa Engkulun yang meraih mendali emas pada pada panjat tebing popda kemarin, juga kepada santriwati yang  telah berhasil menghapal Al Quran sebanyak 30 juz, yang kita kirim pada tahun 2015 dan juga pada  tahun 2022 membawa harum nama Kabupaten Sekadau menjadi wakil Kabupaten Sekadau di Kabupaten Ketapang, ini kita lakukan  karena di Muhammadiya juga adalah sebuah lembaga pengembangan olahraga seni dan budaya,"tambah mantan Kades Nanga Kiungkang ini. 

Muhamdi juga menjelaskan program beasiswa bagi anak-anak berpretasi dan siap dibantu untuk ke lembaga Universitas Muhammadiyah Pontianak atau pun di tempat lainnya.

"Tahun 2024 dua orang anak akan diwisuda lagi, satu dari Dusun Mungguk Agur dan satunya dari SP. 2 Landau Kodah Seberang Kapuas. Tahun ini kami merekomendasikan pimpinan cabang Muhammadiyah Nanga taman akan merekomendasikan lima orang putra putri yang terbaik, dari SMK Negeri Nanga Taman akan kami kuliyahkan dan mendapat beasiswa ke Universitas Muhammadiyah Pontianak, satu orang dari Nanga Mentrap akan dikirim ke Universitas Muhammadiyah Purworejo,  Jawa Tengah, jurusan Tehnik Sipil," tuturnya.

Sementara itu Camat Nanga Taman, Gunawan dalam kata sambutannya menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh Muhammadiyah dalam rangka peringatan atau Mulad ke-7 di Keccamatan Nanga Taman.

"Saya mengucapakan terimakasih karena bisa hadir menikmati kegiatan ini dan menikmati kota Nanga Taman inilah keadaannya, jika ada hal yang kurang berkenan harap maklum saja dan kami tetap berusaha melakukan hal yang terbaik, maka dukungan stakeholder dari beberapa pihak tetap kami butuhkan termasuk juga arahan-arahan dari pimpinan, yaitu pak Sekda yang selalu kami adakan komunikasi, diskusi koordinasi terkait dengan pembangunan di Kecamatan Nanga Taman ini, dan saya mengucapkan terimakasih kepada Ketua pimpin cabang Muhammadiyah Kecamatan Nanga Taman yang luar biasa sudah mampu melaksanakan kegiatan yang  kita hadir bersama-sama, kita tetap mendukung kita apresiasi bahwa hari ini adalah ulang tahun Muhammadiyah ke-7 dan selamat atas Muladnya," tutup Camat.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Sekadau dalam arahannya mengatakan bahwa usia ke-7 tahun tentu masih muda, tetapi sudah dapat berkembang, dapat berkontribusi, sudah banyak kegiatan dan tentu hal ini perlu juga menjadi perhatian kita bersama.

"Pertama saya ucapkan selamat Mulah ke-7 kepada Muhammadiyah PC Nanga Taman. Walaupun perserikatan ini berbau Islam, tetapi kegiatannya bermacam-macam, sosoial, kesehatan, olah raga dan lainnya. Sebagai pemerintah, tentu kami sangat menghargai semua kegiatan atau kontroibusi yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Sekadau sebab Muhammadiyah sebagai sebuah perserikatan, tentu tidak hanya di Nanga Taman, tetapi di Kabupaten, di Propinsi dan secara nasional dan tentu saja pengaruhnya juga sudah dikenal oleh kita semua,""ujar Sekda.

Sekda juga menjelaskan bahwa Muhammadiyah tentu sudah dikenal oleh seluruh masyarakat dengan berbagai kamus, tokoh-tokoh besarnya yang bisa menjadi contoh yang bisa ditiru oleh kita semuanya.

"Untuk lingkup Kabupaten Sekadau, di bawah Bupati Aron dan Wakil Bupati Subandrio, pemerintah sudah memiliki program kerja yang sudah diprioritas di berbagai bidang yang juga sudah diterapkan oleh Muhammadiyah dan untuk itu kita berharap agar Muhammadiyah di Kabupaten Sekadau nantinya bisa bersinergi dengan pemerintah daerah,"tutupnya.

Setelah selesai kegiatan dalam ruangan, acacar kemudian dilanjutkan dengan penamanan pohon buah buahan yang disiapkan oleh KPH 12 Kabupaten Sekadau dan penanaman ini dilakukan di kompleks kantor Camat Nanga Taman. Setelah acara penanaman selesai, kemudian dilanjutkan dengan acara penutup dengan makan siang bersama. (FJ)

Editor: PenJab Radio

Info ini bisa disimak di radio Dermaga 100,9 FM atau di dermagafm.com atau di tiktok dermagafm.


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya