Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Vikjen Keuskupan Sanggau, P.Ricardus Riyadi Pimpin Misa di Sejirak

Bupati Sekadau, dalam upacara adat Motong Buluh Mudak sebelum memasuki Gereja Santo Petrus, Sejirak, bersama Vikjen dan Pastor Paroki Rawak serta rombongan

Sekadau, dermagafm.com - Bupati Sekadau, Aron, SH. menghadiri Misa Pemberkatan Gereja Santo Petrus Stasi Sejirak Paroki Hati Kudus Yesus Rawak Desa Perongkan Kecamatan Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau, yang dipimpin oleh Vikaris Jendral Keuskupan Sanggau, Pastor Ricardus Riyadi Pr, pada Jumat 7 Juli 2023.

Pastor Ricardus Riyadi dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya hadir dan memimpin misa di Sejirak ini karena Bapak Uskup Valentinus berhalangan karena kesehatan dan Bapak Uskup mengirimkan salam hormat dan rindu dengan Umat Stasi Sejirak.

"Bapak Uskup Valentinus karena kesehatannya terganggu, mengirimkan salam hormat dan rindu dengan umat di Sejirak ini dan menugaskan saya selaku wakil beliau untuk memimpin misa bersama pastor paroki Rawak. Saya mengucapkan profesiat kepada umat di sini, juga kepada Pastor Paroki  Rawak yang terus-menerus mensupport dan memotivasi mendorong umat di Sejerak ini sehingga mereka hari ini bersama-sama menyaksikan pemberkatan gereja yang mereka renovasi ini.  dulu Gereja ini mungkin hanya 8 meter dan sekarang bisa menjadi 12 meter,  sehingga umat yang bisa duduk di dalam gereja ini cukup banyak, karena itu Kita patut bersyukur kepada Tuhan yang penuh kasih yang menyertai memberkati perjuangan panitia dan seluruh umat stasi sejirak ini yang  kerjasama dengan baik dari berbagai pihak sehingga Gedung Gereja yang kita cita-citakan berhasil dibangun dan diberkati hari ini, untuk itu kepada seluruh panitia dan umat di stasi sejirak saya mengucapkan selamat dan proficiat atas pemberkatan gereja kita yang direnovasi ini,"ujarnya.

Vikjen mengatakan bahwa membangun gereja sebagai bangunan fisik itu mungkin mudah meskipun panitia tertatih-tatih menyodor proposal ke sana kemari dan ternyata proposal yang disodor direspon dengan baik oleh semua pihak dan bahkan Bupati sampai dua kali memberikan dana hibah dan juga anggota dewan yang berasal dari wilayah pemilihan Sanggau Sekadau Juga memberi, juga dari Depag, Juga dari dana Solidaritas antar Keuskupan KWI juga membantu sedikit dan tentu semuanya diucapkan terima kasih semuanya.

"Tetapi membangun gereja sebagai persekutuan umat penuh persaudaraan itu tidak gampang tidak semudah membalik telapak tangan, jadi pesan saya setelah pembangunan fisik gedung gereja yang direnovasi ini selesai dan sudah diberkati hari ini Umat stasi Sejirak tidak boleh puas dan berhenti di sini saja kita harus semakin hari meningkatkan semangatp persekutuan yang didasarkan oleh cinta kasih guna memperkokoh kebersamaan persaudaraan sejati sebagai anak-anak Allah,"sambungnya.

"Terima kasih kepada segala pihak yang sudah berpartisipasi menyisihkan isi dompetnya untuk merenovasi gereja ini dan terima kasih kepada umat Sejirak yang bergotong-royong membangun merenovasi gereja ini semoga semangat kalian yang sudah dimulai dengan merenovasi gereja ini terus berkembang dan bertumbuh dan berbuat agar dalam masa-masa yang akan datang kita dapat lebih menunjukkan Persaudaraan, solidaritas satu terhadap yang lainnya,"tutupnya.

Pastor Paroki Rawak, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan gereja ini bisa sukses adalah hasil kerjasama semua pihak. Tentunya baik masyarakat Sejirak serta semua pihak yang berpartisipasi dalam proses pembangunan maupun peresmian.

“Sebagai kepala paroki, saya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang terlibat langsung atau dalam bentuk apapun sehingga gereja ini bisa diresmikan,”ucapnya.

Sementara itu, Bupati Sekadau,Aron, SH dalam sambutannya mengucapkan selamat dan proficiat kepada umat di Sejirak atas kerjasamanya dalam membangun Gereja Katolik Santo Petrus ini.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau saya mengucapkan profeciat dan selamat kepada umat masyarakat stasi sejerak yang hari ini gereja yang direnovasi telah diberkati, ini merupakan gereja kebanggaan stasi Sejerak, walaupun tadi sudah disampaikan oleh ketua panitia, ini sebenarnya bukan Rehab, ini pembangunan baru sebenarnya karena angkanya itu cukup besar, cuma bertahap, tetapi di balik itu semua kita mengucapkan terima kasih atas partisipasi yang luar biasa baik dari bapak ibu warga Dusun Sejirak kemudian para donatur dan teman-teman dari DPRD Kabupaten dan  Provinsi Kalimantan Barat yang juga partisipasi luar biasa semangat pembangunan gereja di Sejarak ini walaupun laporan dari panitia tadi dari tahap pertama tahap kedua dan tahap ketiga namun semuanya  itu berjalan dengan lancar  dan saya salut lagi masyarakat itu ada song, ini memang yang kita harapkan karena biasanya selama ini di tempat-tempat lain yang kami resmikan sebagian besarnya tekor,"ujar Bupati

"Saya berharap sebenarnya di kabupaten Sekadau ini karena memang masih banyak gereja yang belum kita bantu, belum kita bangun dan mudah-mudahan tahun-tahun mendatang bisa mengalokasikan anggaran untuk gereja- gereja, karena memang mimpi kita bersama bahwa gereja di Kabupaten Sekadau ini terus kita lakukan tetapi karena keterbatasan APBD kita maka pelaksanaannya  bertahap. Memang tahun ini  kita fokus ke gereja pusat Paroki Rawak dimana tahun lalu kita bantu 1,5 miliar tahun ini kita bantu 1,5 milyar lagi,"tutup Bupati. 

Turut hadir pada acara peresmian tersebut, Martinus Sudarno anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Paulus Subarno anggota DPRD kabupaten Sekadau, Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Emanuel, Kasat Pol PP Paulus Yohanes, Uden Camat Sekadau hulu, Kapolsek Sekadau hulu, Danramil Sekadau hulu, kepala desa Perongkan Ali, serta para tamu undangan lainnya.

Sekedar informasi, bahwa pembiayaan renovasi Gereja santo Petrus Sejirak ini sebesar Rp.406.238.000 yang berasal dari berbagai donatur, uang kas Gereja,sumbangan umat, juga dari Pemda sekadau yang menganggarkan bantuan sebesar 157.juta rupiah. (FJ).

Editor: Pen Jab Radio Dermaga

Info ini bisa juga disimak di radio Dermaga 100,9 FM atau di dermagafm.com atau di tiktok dermaga100,9fm

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya