Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Pagar Pintu masuk Kantor PT MBJ dibuka

Foto setelah upacara pembukaan pagar pintu masuk ke kantor PT. MBJ di Desa Landau Kumpai, Kec. Ng Mahap. 

Sekadau, dermagafm.com - Pagar Pintu masuk yang dibuat oleh warga masyarakat 3 Desa di Nanga Mahap terhadap PT.MBJ di Desa Landau Kumpai, hari Selasa tanggal 1 Agustus 2023, resmi dibuka kembali.

Acara ini dihadiri oleh Asisten 2 Pemda Sekadau, Drs. Hironimus, Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Radius Effendy, Ketua Komisi II, Bambang Setiawan ST, Perwakilan Perusahaan, Daniel dan Niko, Muspika Kecamatan Nanga Mahap, 3 Temenggung Adat Desa Tamang, Desa Engkulun dan Desa Landau Kumpai, Ketua Serikat Pekerja/ Buruh DPC PELIKHA Kabupaten Sekadau - Kornelius Nene, Perwakilan DPC PELIKHA wilayah Nanga Mahap, Antonius Unuk, Anselmus Ensep- Ketua PUK PT MBJ, Ketua TBBR Kecamatan Nanga Mahap- Widodo dan Ketua Muhammadiyah Kecamatan Nanga Taman, Muhamdi, serta sejumlah undangan lainnya dan puluhan warga masyarakat dari ketiga desa tersebut.

Acara ini dimulai dengan upacara adat pembukaan pagar pintu masuk ke kantor MBJ yang didahului dengan upacara adat "bepomang" yang intinya minta kepada yang mahakuasa agar merestui pembukaan pagar penghalang pintu masuk ke kantor PT. MBJ dan berdoa agar perusahaan ini kemudian hari tidak melakukan hal yang sama kedua kalinya. Setelah itu dilakukan foto bersama di tempat, kemudian dilakukan kegiatan sambutan di tempat lainnya yang berjarak hanya 30 an m dari pintu pagar.

Dalam sambutannya, Bambang Setiawan ST, Ketua Komisi 2 yang membidangi perkebunan mengatakan bahwa acara adat hari ini merupakan puncak kesabaran masyarakat adat di tiga desa ini.

"Peristiwa atau kegiatan hari ini merupakan puncak kesabaran masyarakat adat di tiga desa ini, manakala hal ini dilanggar, maka akan sulit diselesaikan, oleh karena itu saya minta kepada perusahaan jika hal ini sudah diselesaikan secara adat, maka seluruh kewajiban perusahaan kepada masyarakat petani harus diselesaikan juga,"timpanya, yang langsung disambut dengan tepuk tangan oleh masyarakat. 

Ketua Komisi 2 juga menegaskan perannya selaku perwakilan pemerintah untuk mengawasi semua perkebunan yang ada di Kabupaten Sekadau.

"Kami berharap jika nanti ada permasalahan, silahkan bapak ibu sekalian melaporkan dengan kami dan kami nanti akan mengevaluasi. Kami juga mendukung perusahaan dan tentu saja mendukung masyarakat di mana harus ada hubungan yang saling menguntungkan antara keduanya, jangan sampai terjadi lagi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama, sebab ketika masyarakat punya hak, maka perusahaan harus melakukan kewajiibannya, demikian sebaliknya," harapnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Ketua DPRD Radius Effendy, bahwa kegiatan masyarkat hari ini merupakan niat baik masyarakat kepada perusahaan dan berharap kepada perusahaan agar memenuhi kewajibannya sesuai dengan kesepakatan yang sudah ditandatangani sebelumnya.

"Saya minta kepada perusahaan agar segera penuhi kewajibannya agar nantinya perusahaan ini bisa berjalan sebagaimana mestinya," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Serikat Buruh PELIKHA Kecamatan Nanga Mahap mengharapkan agar kemudian hari perusahaan ini bisa berjalan bersama dan mendukung masyarakat dan acara adat ini menjadi tanda bahwa masyarakat adat ini tetap pertahankan adat-adatnya di kala diperlukan.

"Masyarakat adat di manapun, juga di tempat ini, tetap pertahankan adat istiadatnya manakala tanah airnya diganggu oleh siapapun dan saya selaku pewarkilan masyarakat di acara ini berharap agar perusahaan memenuhi kewajibannya yang telah disepakati beberapa waktu lalu dan saya minta agar 28 orang karyawan perusahaan yang dirumahkan dan belum menerima upahnya, segera dibayarkan dan saya selaku Ketua Serikat Buruh PELIKHA di wilayah ini siap membantu menfasilitasinya besok,"tegasnya.

Setelah selesai sambutan, kemudian dilanjutkan dengan acara pemberian adat kepada 3 desa, yang diwakili oleh 3 temenggung adat, juga diberikan kepada semua tokoh masyarakat yang hadir, termasuk kepada ketua DPC Persatuan Buruh - PELIKHA Kabupaten Sekadau, berupa 3 buah piring. 

Editor: PenJab Radio

Info ini bisa disimak di radio Dermaga 100,9 FM atau bisa didengar di hp Android anda, klik dermagafm.com, lalu tekan tanda play...

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya