Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Bawaslu Sekadau: Penguatan Kapasitas para Saksi Peserta Pemilu 2024

Foto: Bawaslu adakan kegiatan Penguatan Kapasitas Saksi peserta Pemilu 2024
Sekadau, dermagafm.com - Bawaslu Kabupaten Sekadau menyelenggarakan penguatan Kapasitas ( Training of Trainer) dan manajemen pengetahuan saksi peserta pemilu tahun 2024 di wilayah kabupaten Sekadau, bertempat di Aula Hotel Vinca Borneo, pada hari Kamis, tanggal 28 Desember tahun 2023.

Ketua Bawaslu Sekadau, Marikun S.Sos dalam sajiannya menyampaikan bahwa penting bagi para saksi untuk mendapatkan penguatan kapasitas ini karena bagaimanapun juga mereka menjadi saksi kunci tentang perolehan suara pada pemilu 2024.

"Penting bagi para saksi agar menambah wawasan dan pengetahuan tentang tugas sebagai saksi karena mereka nanti sangat berarti bagi suksesnya penyelenggaraan pemilu,"tegasnya.

Menurut Ketua Bawaslu ini, pengetahuan tentang tugas dan tanggung jawab saksi itu sangat perlu diberikan kepada para saksi agar yang tadinya tidak tahu, menjadi tahu tentang tugasnya, maka diberikan oleh Bawaslu dan diharapkan para saksi juga harus menambah pengetahuan tentang tugasnya yang bisa diambil dari berbagai sumber, dari medsos atau dari buku-buku panduan Pemilu.

Sementara itu, narasumber kedua yakni Mujiyo S.Pd mengatakan bahwa yang penting dalam menjadi saksi itu adalah dirinya sendiri, bagaimana dirinya menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri, untuk keluarganya dan disitulah kita bisa menjadi pemimpin yang selanjutnya bisa menjadi saksi pemilu.

"Pemimpin yang baik itu dilihat dari kemampuannya mulai dari dirinya sendiri, keluarganya dan barulah bisa menjadi saksi yang berjiwa pemimpin,"tegasnya.

Menurutnya bahwa tugas umum saksi itu sangat penting karena tugasnya menjadi saksi itu harus mengetahui perkembangan kegiatan pemilihan.

"Tugas saksi adalah untuk menjamin agar pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara berlangsung jujur dan adil sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang selanjutnya yang kedua mennjaga hak peserta Pemilu untuk mendapatkan proses penyelenggaraan pemungutan suara yang transparan akuntabel dan yang ketiga Mendapatkan kesempatan yang sama dalam melakukan upaya-upaya hukum jika mendapatkan perlakuan yang curang,"tambah narasumber yang berasal dari KPU propinsi Kalbar.

Peserta yang hadir pada penguatan kapasitas kali ini diikuti oleh Panwascam Kecamatan dan saksi partai politik yang ada di Kabupaten Sekadau berjumlah 36  yakni panwascam 7 kecamatan, PPI perhimpunan pemilih Indonesia, Akademi Pemilu dan Demokrasi, JPPR Kabupaten Sekadau dan saksi parpol dan saksi DPD serta alumni SKPP Sekadau- Sekolah Kader Pengawas Partisipatif.

Editor: PenJab Radio dermaga

Info ini bisa didengarkan melalui radio Dermaga 100 9 FM atau melalui streaming di hp android anda, klik dermagafm.com




Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya