Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Itoi Thomas Aquino Manager Keling Kumang Agro saat RAT Keling Kumang Agro, Katakan Hal ini

Itoi Thomas Aquino, SE. MM. Manager Keling Kumang Agro saat berikan sambutan
Sekadau, dermagafm.com - Keling Kumang Agro dan Anggota Petani Kelapa Sawit Keling Kumang Sekadau, Tapang Sambas Desa Tapang Semadak, mengadakan RAT ke- 3 tanggal 16 Maret 2023. Acara RAT  yang dibuka oleh Bupati Sekadau Aron SH  dihadiri didampingi oleh Kadis Koperasi dan UKM- Imanuel, Kadis Sosial dan P3A - Martinus Ridi, Kadis Lingkungan Hidup - Apeng , Asisten 3 - Sande, pendiri dan pengurus CU KK, Pengurus Badan Usaha binaan CUKK lainnya serta lebih dari 200 petani anggota Keling Kumang Agro dan APKS.

Manager Keling Kumang Agro, Itoi Thomas Aquino dalam sambutannya menjelaskan bahwa khusus Koperasi Produsen KK Agro, ini adalah RAT yang ke 3 sejak KKA beridiri 1 Oktober 2021, sekarang  per Maret 2024 berusia 2, 5 tahun.

"Acara RAT ini sekaligus  dirangkai dengan RAT Koperasi produsen Anggota Petani Kelapa Sawit (APKS). Tahun sebelumnya APKS adalah salah satu unit yan tergabung  dalam Koperasi KK Agro. Setelah dibentuk koperasi sendiri APKS lebih focus mengurus petani kelapa sawit dan KKA focus pada bidang  pertanian, peternakan dan produksi. Sasaran anggotanya adalah para petani, KKA sadar betul bahwa peran petani sangat penting di masa sekarang maupun di masa yang akan datang," katanya. 

Itoi Thomas Aquino juga menjelaskan bahwa unit usaha KK Agro terdapat empat unit, yang pertama adalah unit usaha Toko pertanian menyediakan sarana prasarana pertanian, seperti pupuk, racun rumput, bibit sayur, alat pertanian dll. Bekerjasama juga dengan kelompok tani, koperasi perkebunan lainnya. Tujuannya bagaimana para petani bisa mudah mengakses pupuk dengan sistem pembayaran yang ringan. Khusus anggota koperasi KKA dan anggota CU KK bisa menggunakan fasilitas pinjaman, dengan demikian pembayaran lebih ringan.

Unit kedua adalah unit Demplot, namanya akan menjadi BP3 (Balai Penelitian, Pelatihan dan pengembangan) berpusat di Penyangkak Sintang, kebun seluas 4 hektar digunakan untuk belajar: budidaya jagung hybrida, peternakan ayam layer (ayam petelor usia 3 bulan)  sudah 22 ribu ekor terdistribusi ke peternak ayam,  peternakan ayam petelor produksi kapasitas 4000 ekor, produksi pakan ayam petelor,  50% bahan baku pakan ini dari jagung.  Kendala kami ada di bahan baku terutama jagung hibrida, kebutuhan KK Agro 180 ton per tahun. Selama ini harus mendatangkan dari luar Sekadau dan Sintang.  Harusnya jagung bisa didapatkan dari Sekadau dan Sintang yang juga sangat berpotensi untuk budidaya jagung. Untuk pengadaan jagung kami bekerjasama tim trainer dan pendamping CUKK untuk mengorganisir anggota petani menanam jagung dan kami siap sebagai pasarnya.  

"Petani menyiapkan lahan dan tenaga, pendampingan diberikan KK jika bisa PPL terlibat disitu akan lebih menarik, kehadiran pemerintah benar-benar dirasakan, nanti hasilnya dibeli oleh KK Agro. Untuk menjamin kepastian kami siap berkontrak dengan petani,"jelas Itoi. 

Itoy yang pernah menjadi penyiar radio Dermaga ini lebih lanjut mengatakan bahwa unit ketiga adalah Unit usaha Rumah bibit dimana unit tersebut mengembangkan bibit kakao unggul, bekerjasama dengan Puslitkoka Jember. Sudah lebih dari 50 ribu bibit yang kami distribusikan kepada anggota, sekarang sudah mulai panen. Bagi anggota koperasi yang ingin menanam kakao bisa mendapatkan bibitnya di unit ini.  Kami juga menerima penjualan biji kakao, bagi petani yang ingin menjual biji kakao.

Selanjutnya, menurut Manager Keling Kumang Agro, adalah Unit usaha Rumah produksi dimana unit ini mengajak petani membuat  gula aren batu, selanjutnya diproduksi di rumah produksi aren menjadi gula semut dalam kemasan, membuat  minuman sirup maram dan membantu penjualan produksi milik anggota.

"Unit terakhir adalah Unit Agrowisata dimana di unit ini merupakan tempat wisata dengan konsep agro terletak di kaki bukit kelam Sintang, yang menjadikan kelam sebagai sebuah batu monolit terbesar di dunia dan dijadikan tempat belajar terutama anak-anak yang ingin mengenal pohon-pohon buah, tersedia juga fasilitas rapat, outbond, gallery dan kuliner,"sambungnya.

Itoy pada akhir sambutanya mengucapkan terima kasih atas dukungan bapak/ibu semua anggota dan dukungan pemerintah kabupaten Sekadau atas dukungan yang diberikan kepada lembaga selama ini.

"Kami sangat berharap, jika ada program-program pemerintah terkait pertanian, peternakan sekiranya bisa kita kerjasamakan, bisa di diskusikan lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait,"tutupnya. 

Editor PenJab Radio Dermaga

Info ini bisa disimak melalui radio Dermaga 100 9 FM atau bisa didengarkan melalui HP Android Anda klik dermagafm.com


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya