Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Ritual Mulang Adat Atas Kunjungan Presiden' Joko Widodo ke Sekadau


Sekadau, dermagafm.com - Panitia Penyambutan Presiden dari Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sekadau melaksanakan ritual  adat kembali (Mulang Adat) untuk mengembalikan para  Petara atau penunggu tanah, bumi dan langit yang telah diundang pada saat ritual adat. Kegiatan Ritual ini juga dihadiri Bupati Sekadau, Aron, Yohanes beserta anggota Panitia lainnya, pengurus DAD dan sesepuh/tokoh adat yang dilakukan di lapangan AJ Lantu pada Sabtu sore  23 Maret 2024.

Ketua DAD Kabupaten Jeffray Raja Tugam, saat diminta keterangan oleh media, menyampaikan bahwa pada hari ketiga dimana dalam rangka menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo,  DAD  melakukan ritual  mengundang para petara  atau para orang tua yang menunggu tanah bumi dan langit  maka mengembalikannya dengan ritual adat juga.

“Hari ini hari ketiga dimana kemarin dalam rangka menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo kita selaku masyarakat adat, DAD   telah melaksanakan ritual adat untuk mengundang para Petara atau para tetua yang menunggu tanah bumi dan langit, maka  kita mengembalikan mereka juga dengan ritual adat, seperti waktu kita mengudang,   Mereka sudah kita panggil dan saat ini kita permisi kepada mereka  bahwa  orang nomor satu di Negara Republik Indonesia  datang ke Sekadau Bumi Lawang Kuari  maka  kita harus ijin dan  mengundang mereka untuk membantu menjaga situasi, menjaga alam, menjaga udara supaya semuanya baik-baik saja," kata Ketua DAD Jeffray Raja Tugam.

Ketua DAD juga mengatakan bahwa ritual pemulangan harus dilakukan, maka diadakan lah pada hari ini dimana dilakukan ritual untuk memulangkan mereka supaya mereka kembali kepada asalnya.

"Dalam ritual kita sampaikan bahwa kegiatan sudah selesai,  ritual ini merupakan ucapan terimakasih kepada mereka yang  telah membantu kita sehingga dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar," jelas ketua DAD.

Ketua DAD mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat kabupaten Sekadau yang telah menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo ini dan atas peran serta masyarakat,  yang  membantu menjaga keamanan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat kabupaten Sekadau atas peran serta masyarakat,  yang pertama membantu menjaga keamanan, ketertiban,  masyarakat  dengan  sportif  dan antusias  masyarakat luar biasa dalam  menyambut kedatangan Pak Presiden Joko  Widodo di Kabupaten Sekadau. “ucapnya.

Kunker Presiden tersebut menurut Ketua DAD Kabupaten Sekadau Jeffray Raja Tugam, yang juga sebagai anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari fraksi Partai Demokrat dapil 3 Belitang mengatakan ada beberapa usulan yang disampaikan kepada Presiden.

“Pada Kunker  Presiden kemarin, kita sampaikan beberapa usuLan kepada  Presiden atau kepada pemerintah pusat,  salah satunya yaitu untuk pembangunan jembatan sungai kapuas di Sungai Ayak, Kecamatan Belitang Hilir,  kita berharap usulan kita tersebut  dikabulkan oleh pemerintah pusat," tutupnya. (FJ)

Editor PenJab Radio Dermaga

Info ini bisa disimak melalui radio Dermaga 100 9 FM atau bisa didengarkan melalui HP Android Anda klik dermagafm.com

 

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya