Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Polres Sekadau Kerahkan 81 Personel Amankan Festival Keling Kumang II di Taman Kelempiau

Polres Sekadau Kerahkan 81 Personel Amankan Festival Keling Kumang II di Taman Kelempiau

Sekadau, dermagafm.com -  Polda Kalbar - Festival Keling Kumang II Tahun 2024 yang diselenggarakan di Taman Kelempiau, Desa Tapang Semadak, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, secara resmi dibuka pada Kamis (16/5/2024).

Acara pembukaan festival dihadiri oleh Wakil Bupati Sekadau, Kapolres Sekadau diwakili Kabaglog, Danramil Sekadau Hilir, Kadis UKM Sekadau, Kadis Sosial, dan para tamu undangan lainnya serta masyarakat.

Secara simbolis, Wakil Bupati Sekadau Subandrio membuka acara ini dengan pemukulan gong sebanyak tujuh kali, menandai dimulainya serangkaian kegiatan yang berlangsung hingga 18 Mei 2024.

Festival ini menghadirkan berbagai lomba yang mencerminkan kekayaan budaya Dayak, seperti Lomba Bujang Keling dan Dara Kumang, Lomba Nyanyi Lagu Dayak, Lomba Menyumpit, Lomba Gasing, Lomba Masak Pansuh, dan Lomba Sape'.

Kapolres Sekadau, AKBP I Nyoman Sudama, melalui Kasi Humas AKP Agus Junaidi, menyampaikan bahwa pengamanan festival ini melibatkan 81 personel Polres Sekadau.

"Personel tersebut dikerahkan untuk memastikan keamanan selama tiga hari pelaksanaan festival. Pengamanan dilakukan baik secara terbuka dengan personel berpakaian dinas maupun secara tertutup dengan personel non-uniform Polri," ujar AKP Agus.

AKP Agus mengatakan, pada hari pembukaan festival, pengamanan dipimpin oleh Kasat Resnarkoba Polres Sekadau IPTU Robianto, selaku Perwira Pengendali (Padal). 

"Personel pengamanan yang terdiri dari Lantas, Samapta, Intelkam dan Reskrim ditempatkan di Taman Kelempiau untuk mengamankan setiap rangkaian acara, memastikan bahwa festival berjalan dengan aman dan lancar," kata AKP Agus.

Lebih lanjut AKP Agus, mengungkapkan, pengamanan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang hadir dan memastikan kesuksesan Festival Keling Kumang II sebagai ajang promosi budaya Dayak yang kaya dan beragam.

"Pengamanan ini sebagai bentuk dukungan dari Polres Sekadau, diharapkan festival ini tidak hanya menjadi ajang perlombaan budaya, tetapi juga sebagai sarana mempererat kebersamaan dan persaudaraan di antara masyarakat Sekadau dan sekitarnya," pungkasnya.

Sumber Berita: Humas Polres Skd

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya