Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

50 Tahun Setia Dalam dalam Pewartaan

Para komentator 50 tahun SMPK Nanga Taman

Sekadau, dermagafm.com – Pesta Emas sekaligus Reuni Akbar SMP Katolik Suparna Nanga Taman sudah dibuka secara resmi oleh Asisten 2, Yohanes Paulus berlangsung di kompleks SMPK  hari Sabtu, 12 Februari 2022.

Acara pembukaan yang dihadiri oleh ratusan alumni semua angkatan ini dilaksanakan di mega tenda di belakang gedung SMPK dan diteruskan dengan seminar sehari yang dilaksanakan di dalam ruang kelas terbuka dimana didatangkan narasumber seorang Pastor senior dalam bidang pendidikan dari Jakarta dan akan ditutup dengan Misa Kudus pada hari minggu pagi, dimana akan dihadiri juga oleh Bupati Sekadau. 

Penting untuk diketahui bahwa para lulusan atau alumni SMPK ini sudah banyak yang menempati berbagai posisi sosial dan bidang kerohanian dalam masyarakat. Sebut saja, para alumni, Bupati Sekadau, Pastor Yosef, Pastor Aimsori, Bruder Rafael, beberapa suster, Hasan, Moloi, Adi, Selasio (keduanya anggota DPRD periode sebelumnya) puluhan jabatan lainnya. Sejak didirikan di Senangak tahun 1972 hingga moving ke Nanga Taman, tahun 1991 sampai 2017 sudah pernah dipimpin oleh 10 Kepala Sekolah dan 2017 hingga saat ini dinahkodai oleh Bruder Antonius Doko, CP, Kepsek ke -11. 

Bruder A.Doko CP

Harapan kami dengan ulang tahun ke-50 ini terutama dari para alumni, karena lembaga ini,  merupakan lembaga Katolik dimana pendidikan iman sangat diperhatikan dan sangat menonjol di sini dan inilah misi kita yang harus diperkuat dan dipertahankan dan semoga alumni mendukung almamaternya untuk menjadikan sekolah ini menjadi SMP K plus sesuai dengan maksud dan tujuan reuni akbar ini dan semogau di usia emas ini menjadikan sekolah ini makin dewasa dalam proses edukasi bagi anak-anak kita. Tantangan saat ini adalah promi ke  kampung-kampung terkendala karena pandemi covid19, berimbas juga pada finansial. Saat ini sedang berbenah diri menuju SMPK PLUS. Saya juga ucapkan terima kasih pada pemerintah yang sudah banyak membantu. 

Hasan SE, Ketua Panitia, anggota DPRD

Saya bangga sebagai salah satu dari 2 ribu lebih  alumni  SMPK ini, apa lagi ada Bupati Sekadau yang satu angkatan dengan saya, ada Pak Moloi, beberapa pastor, bruder dan suster, juga bapak ibu yang lainnya yang masing-masing berperan aktif dalam masyarakat di berbagai wilayah, dari Putusibau sampai Pontianak, Kalbar bahkan nasional dan internasional karena ada Bruder Rafael MTB yang saat ini dipercayai sebagai pimpinan umum Bruder MTB tingkat dunia dan ini semua membahagiakan kita para alumni.. SMPK ini menjadi bagian juga dari pewartaan Iman Katolik. 

Pastor Martin CP, Ketua Yayasan sekaligus Pastor Paroki Nanga Taman. 

SMPK Nanga Taman ini sebenarnya menjadi ikon sekolah Katolik di kecamatan  Nanga Taman, yang menjadi harapan kita semua. SMPK tetap terus berlanjut maju berkembang dalam pendidikan iman dan intelektual  dan melalui pesta emas dan reuni semua angkatan diharapkan mendapatkan support dari masyarakat yang di pedalaman di kampung-kampung. Mereka itu harus ambil bagian untuk memberikan sumbangsihnya untuk mengirim dan mengutus anaknya untuk tetap bersekolah di SMPK yang sudah 50 tahun setia mewartakan iman Katolik. Ini misi yang sejak awal ditanamkan dalam diri kita. Misi dalam pelayanan untuk masyarakat pelayanan untuk  gereja dan tanah air. Tantangannya adalah bagaimana menjadikan SMPK ini sebagai sekolah pilihan masyarakat, dan inilah yang diharapkan muncul ide inovatif dari reuni ini. Puji Tuhan setiap tahun ajaran SMPK ini selalu jadi pilihan anak kita dan orang tua masih percaya di sini karena juga di sini ada asrama yang jadi kelebihan juga memiliki ciri khas khusus sebagai sekolah Katolik berasrama. 

Bruder Rafael Donatus MTB, pimpinan Umum MTB Dunia.  

Reuni akbar ini merupakan hal yang luar biasa sekali karena setelah 50 tahun baru kali inilah saya alami dan saya hadir sebagai ucapan terima kasih saya kepada orang yang telah mendidik saya sehingga saya bisa menjadi sekarang ini. Saya sangat mendukung sekali dengan adanya kegiatan ini karena bisa bertemu  dengan semua alumni dan rekan sekelas, semoga dengan pertemuan ini bisa memberi dorongan kepada alumni guna memikirkan apa yang perlu dibantu apalagi banyak yang sudah sukses. Perlu dilahirkan inovasi baru sebagai nilai PLUS dan saya yakin akan mendapatkannya dalam event reuni ini

Moloi S. AP, anggota DPRD 

Saya bangga sekali pernah sekolah di SMPK ini pada tahun1990. Kenapa bangga? Karena para alumni ini banyak sekali yang berhasil menjadi yang berpengaruh, yang berguna bagi masyarakat seperti yang kita dengarkan tadi apa yang disampaikan oleh Ketua Panitia. Kawan-kawan yang di sekitar kita ini  rata-rata sukses ada yang jadi pedagang ada yang jadi pejabat, guru, jadi pegawai negeri dan swasta dan posisi lain dalam masyaraat. Mantap

Yohanes Bosko, angkatan 1986, wiraswasta

Saya memang tidak bisa hadir saat reuni akbar SMPK. Sebagai salah satu yang pernah belajar di sana, saya rasa SMPK ini sudah sangat berjasa pada pendidikan diri saya dan saya yakin existensi sekolah ini dengan misi Katolik yang diembannya sudah dirasakan oleh masyarakat. Proficiatlah SMPK, lahir lah inovasi sebagai nilai PLUS dan jadi pilihan masyarakat. 

Aleksander, Guru SMPN 1 Sekadau Hilir

Selamat dan proficiat almamaterku, jasamu selalu diingat oleh para alumni. Saat saya diwawancara radio dermaga dalam acara telpon interaktif, saya katakan bahwa saya bangga menjadi bagian dari sekolah ini. Ceritanya panjang dan menarik untik diingat kembali bagaimana struggle of life kami ketika bersekolah di SMPK di masa tahun 1980-1983. Saya yakin bersama para alumni akan temukan nilai PLUS supaya jadi sekolah Katolik pilihan masyarakat wilayah  RTM.. Rawak, Taman Mahap. 

By Drs. Nico Bohot.

Simak siarannya di dermagafm.com atau di 100'9 FM





Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya