Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Wakil Bupati Sekadau Resmikan Gereja Katolik Suak Tebelian

Foto: Wabup sampaikan Sambutan saat Misa Peresmian dan Pemberkatan Gereja Katolik Suak Tebelian, Minggu 13 Feb 2022
Sekadau, dermagafm.com- Wakil Bupati Sekadau meresmikan Gereja Katolik St Lukas Stasi Suak Tebelian, Desa Nanga Pemubuh, yang terletak di KM31 Jalan Kayu Lapis dan Uskup Keuskupan Sanggau, Yulius Menccucini CP memberkatinya pada hari Minggu 13 Februari 2022.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pastor Monumental, Ketua GOW, Kepala BPKAD, Kadis Pertanian, Kadis Koperasi, Anggota DPRD Propinsi-Ason dan Martin, juga anggota DPRD Kabupaten Sekadau-Subarno dan Abuntono, Muspika Sekadau Hulu, WKRI Monumental, Legio Maria dari Paroki Sekadau, Kades Ng Pemubuh, Tpg Perodah, Bokak Sebumbun dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Pastor Paroki . Monumental, Agustinus Rian Pr mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan atas  partisipasi dalam membangun gereja ini dan berharap gereja yang baru ini dipenuhi dengan umat pada setiap hari minggu. 

“Terima kasih kepada Pemda Sekadau dan kepada umat yang secara luar biasa apa yang perjuangkan kini akhirnya kerinduan mereka akan kehadiran gereja ini benar-benar dapat mereka realisasikan dan mereka mampu secara nyata sehingga kita bisa berkumpul bersama dari berbagai tempat ada yang ada di wilayah paroki ini dan yang terpenting, gereja ini perlu diisi oleh umat pada setiap hari minggu dan tentu saja perlu pemeliharaan bersama oleh umat kita selanjutnya. Saya yakin umat di sini mampu melakukannya dalam kesatuan umat beriman,”ujar Pastor Rian Pr.

Sementara itu, Wakil Bupati Sekadau, Subandrio SH MH atas nama pemerintah mengucapkan selamat atas diremsikannya Gereja Santo Lukas Suak Tebelian ini dan Wakil Bupati berharap kesatuan umat beriman ini bisa berlanjut dalam mengisi gereja ini dengan ibadat pada hari minggunya.

“Selamat dan proficiat kepada umat di  stasi ini karena memiliki sarana ibadah, Gereja Santo Lukas yang cukup megah ini dan saya saya berharap agar gereja ini nanti selalu dipenuhi oleh umat saat hari-hari minggu selanjutnya nanti, bukan hanya saat peresmian hari ini yang dihadiri oleh begitu banyak umat yang datang dengan memakai masker, terima kasih atas ketaatan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan,”kata Wakil Bupati.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau sangat mendukung segala pembangunan untuk masyarakat dan untuk urusan keagamaan  ini dan tahun ini Pemerintah Daerah sudah menganggarkan pembangunan dan renovasi Gereja Katolik sekitar 5-6 milyar yang nantinya akan dikordinasikan dengan Pastor Kristianus CP, selaku ketua Dekenat Sekadau untuk mengalokasikan gereja mana saja yang mendapatkan anggaran tersebut baik untuk renovasi atu membangun baru,”tambah Wakil Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati mengharapkan dukungan masyarakat dalam berbagai bentuk demi pelaksanaan pembangunan di lapangan.

“Saya berharap agar masyarakat bisa mendukung program Pemerintah Sekadau khususnya dalam mewujudkan IP3K bidang pertanian dan perkebunan guna menuju masyarakat Kabupaten Sekadau yang maju, mandiri dan bermartabat. Pemerintah melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perkebunan dan Perikanan sudah membentuk kelompok tani dan karena itu saya mengajak masyarakat, bapak-bapak ibu-ibu PKK atau WKRI untuk membentuk kelompok tani, misalnya berkebun sayur mayur, kebun sawit, karet dan coklat dan laporkan keberadaannya agar mendapat bantuan bibit dan yang lainnya dari pemerintah," ajak Wakil Bupati. 

Sementara Uskup Keuskupan Sanggau, Mgr. Yulius Menccucini, CP yang sebelumnya memberikan Sakramen Krisma kepada 77 umat dalam misa kudus, memula sambutan dengan pantun. 

"Apa guna panjat pepaya, panjat pepaya untuk dimakan, apa guna dirikan gereja, dirikan gereja karena umat cinta Tuhan," ujar Uskup Menccucini. 

"Gedung fisik gereja Santo Lukas Suak Tebelian ini menjadi gereja ke 936 yang saya berkati selama saya menjadi Uskup anda dan terima kasih saya sampaikan kepada Umat dan pemerintah Kabupaten Sekadau yang sudah memperkaya Keuskupan Sanggau dengan berdirinya Gereja Katolik di sini dan melalui Gereja dimana kita berkumpul dan berdoa, Tuhan pasti mengabulkannya, "ujar Uskup  Yulius yang akan berusia 76 tahun di bulan Maret tahun ini. (Radio) 

Simak siarannya di 100,9 FM atau  di dermagafm.com


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya