Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Pasca Covid19, OMK Paroki Sekadau Siap Aktif Menggereja.

Panitia, narasumber dan peserta EKM di Stasi Senuruk, Paroki Sekadau, Sabtu 7 Mei 2022.
Sekadau, dermagafm.com- Ekaristi kaum muda EKM Paroki Sekadau, yang menghadirkan 21 stasi atau kampung  Katolik dengan jumlah kaum muda Katolik peserta 450 berlangsung di Gereja Katolik Santa Maria Bunda Allah stasi Senuruk Desa Sungai Ringin, Sekadau Hilir,  tanggal 7 sd 8 Mei 2022.

Hal ini disampaikan oleh ketua Panitia Kegiatan EKM Katarina Wiwik dan Ketua Orang Muda Katolik Valentina kepada radio dermaga. kegiatan EKM ini adalah yg ke-5 dan dibuka oleh Frater Fransiskus Emanuel, CP mewakili Pastor Paroki Sekadau,  juga hadir Bruder Syukir CP, suster

Menurut Ketua Dewan Pastoral Paroki Sekadau, Bartholomeus SPd, tujuan pokok kegiatan adalah meningkatkan pemahaman tentang makna ekaristi.

"Tujuan pokok Kegiatan ini adalah meningkatkan kebersamaan dan pemahaman yang satu tentang Ekaristi di dalam Diri Kaum Muda katolik sehingga mereka bisa merasakan kehadiran Tuhan di dalam dirinya dan selain itu dengan EKM ini juga sebagai ajang saling menguatkan satu dengan yang lainya dan saya punya harapan tentang OMK, bahwa nantinya semakin hari semakin melibatkan diri dalam proses hidup menggereja secara praktis, termasuk  pelayanan kategorial gereja, karena kaum muda adalah kekuatan gereja. Harapan khusus untuk OMK Sto. Gabriel Sekadau, Paroki Sto. Petrus dan Paulus, harus segera melibatkan Diri dalam tugas dan pelayanannya, sehingga secara kualitas dan kwantitas terus meningkat, "ujar Bartolo, yang hari-hari adalah tenaga pendidik di SMPN  10 Sekadau.

Sementara itu Abun Tono SP, selaku narasumber dan juga Ketua Pemuda Katolik menyampaikan kepada Radio Dermaga bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pembinaan langsung dan rutin untuk kaum muda Katolik, namun karena pandemi terpaksa terhenti di tahun 2020 lalu baru sekarang diaktifkan kembali dengan agenda rutin tiap tahun dan dengan tujuannya jelas mengaktifkan lagi anak-anak muda Katolik yang ikut ini, nantinya di kampung masing-masing, misalnya aktif di kegiatan gereja membersihkan gereja menata bunga urutan membaca dan lain-lain itu sebaiknya nanti ditangani kaum muda Katolik ini karena mereka sudah terlatih untuk aktif ambil bagian dalam kehidupan menggereja di kampungnya masing-masing,"ujar Abun Tono yang terpilih sebagai Ketua Pemuda Katolik di tahun 2021 lalu. 

"Berkaitan dengan perkembangan teknologi informasi saat ini kita berharap supaya anak muda bisa memanfaatkan mediasosial yang tidak mungkin kita bendung, kita ambil yang positif juga untuk kepentingan gereja kita ini.

Selain itu saya juga berharap dengan kegiatan ini, saya mengajak pentingnya penguatan Iman Katolik kaum muda dengan penekanan sekali Katolik tetap Katolik dan ini merupakan bagian dari militansi kaum muda Katolik yang kita tumbuhkembangkan dalam aktivitas seperti ini. Silahkan masing-masing menterjemahkan apa makna sekali Katolik tetap Katolik ini, "tutup Abuntono yang juga ketua Fraksi Hanura ini.

Pada kesempatan tersebut ketua stasi Senuruk, Aspul menyampaikan apresiasinya terhadap kaum muda dan khususnya dewan pastoral Paroki Sekadau yang telah mempercayai gereja stasi senuruk untuk melaksanakan kegiatan tersebut dan berharap kegiatan ini ada manfaatnya. 

Adapun kesan dan harapan peserta yang sempat diwawancarai oleh radio dermaga yaitu Alan dari OMK Sekadau Kota, Maria dari Seberang Kapuas, Gerald dari Sosok, menyambut baik kegiatan ini sebagai ajang pertemuan kaum muda yang jarang berkumpul apalagi karena pandemi yang lalu, kini bisa berkumpul kembali di sini ini sangat menggembirakan kami sebagai kaum muda dan berharap bisa bertemu secara rutin untuk berdiskusi guna membina pertumbuhan iman kaum muda Katolik. 

Menurut ketua DPP Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau, kegiatan yang diikuti oleh 21 stasi atau kampung Katolk ini, diisi dengan seminar, ramah tamah, pensi dan renungan malam, akan ditutup dengan Misa Kudus yang dipimpin oleh Pastor Kristianus CP di gereja Santa Maria Bunda Allah Senuruk pada hari minggu 8 Mei. (Ika) 

Editor Drs. M.Nico Bohot

Info ini bisa disimak di 100,9 FM radio Dermaga Sekadau atau di dermagafm.com

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya