Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Tok, Tok, Tok, Musrenbang Desa Sungai Lawak dibuka oleh Camat Nanga Taman

Foto bersama: Camat, para kasi, Kepala Desa beserta Staff bersama Ketua dan anggota BPD pasca pembukaan Musrenbang Desa Sungai Lawak, 14 Sept 2022
Sekadau dermaga fm.com-Musrenbang Desa Sungai Lawak Kecamatan Nanga Taman digelar di kantor desa pada hari Rabu tanggal 14 September 2022.

Acara yang dihadiri oleh Muspika Kecamatan Nanga Taman, staf bidang Pemerintahan Desa, pendamping desa, tokoh masyarakat, Kepala Desa beserta staf, Ketua dan anggota BPD serta para ketua RT,  dibuka oleh Camat Nanga Taman Gunawan S.Pd.

Pada kesempatan tersebut Camat Nga Taman menyampaikan makna musrenbang tingkat desa ini sebagai agenda tahunan pemdes.

"Musrenbang adalah  agenda rutin tahunan sebagai implementasi rencana pembangunan jangka menengah desa menurut pada UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa,  permendagri nomor 114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi, permendagri nomor 21 tahun 2020 tentang pedoman pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat tentang pengelolaan dana desa,"jelasnya.

Camat Nanga Taman juga menyampaikan bahwa saat ini sudah disiapkan perencanaan untuk tahun anggaran 2023 dengan tujuan menyepakati prioritas kebutuhan pembangunan yang menampung aspirasi dari setiap dusun di desa Sungai Lawak ini. Maka perlu membangun komunikasi dengan BPD serta perangkat desa dan tokoh-tokoh masyarakat 

"Untuk pembangunan lainnya tetap menjadi program yang perlu dikaji,  juga melihat rasio keuangan atau alokasi DD atau ADD dalam pengelolaan DD maupun ADD harus dihindari tindakan yang mengarah kepada konsumtifm, maka penganggaran desa  sesuai tupoksinya, untuk itu bangun komunikasi yang baik antara perangkat desa dan masyarakat,  optimalkan peran organisasi yang ada," ujar Camat yang berasal dari Desa Sungai Lawak sekaligus Ketua Peguyuban Ayong Taman Kabupaten Sekadau.

Pada kesempatan tersebut kepala desa Sungai Lawak, Yohanes mengucapkan terima kasih atas kehadiran camat yang juga berasal dari desa Sungai Lawak ini.

"Dengan dibukanya musrenbang ini artinya kami atas nama masyarakat dan pemerintahan Desa Sungai Lawak mohon kepada pemerintah agar usul-usulan desa ini nanti bisa menjadi program desa di tahun berikutnya, tentulah nanti akan diverifikasi oleh pihak kecamatan kan ataupun pihak-pihak terkait lainnya," katanya.

Sementara itu Ketua BPD Desa Sungai Lawak, Cornelius Nene menyampaikan kepada radio Dermaga bahwa kegiatan musrenbang ini diawali dengan pertemuan tingkat dusun yang dihadiri oleh Kepala Desa, Kepala Dusun para ketua RT dan unsur masyarakat.

"Selaku Ketua BPD saya menyerahkan bukti konkrit usulan-usulan para kepala dusun, tokoh-tokoh masyarakatdan ini nanti tentu akan dibahas pada tingkat lebih lanjut yaitu di tingkat kecamatan atau instansi terkait,  kami sebagai Ketua BPD mempunyai tanggung jawab untuk memastikan bahwa hasil musdus tetap dikawal sampai ke tingkat lebih lanjut,"katanya.

Pada pada kesempatan tersebut juga tokoh masyarakat tengah taman yaitu Drs.Yosef Alim berharap kepada para aparat desa BPD staf kepala desa dan lain-lainnya agar menguasai regulasi.

"Ini ini penting dikuasai agar kita mengetahui bagaimana peraturan untuk membangun sebuah desa supaya terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan ke depan,"harapnya.

Ketua BPD dan beberapa tokoh masyarkat berharap ke depan agar desa ini bisa menjadi desa percontohan,  sebab Camat Nanga Taman yang berasal dari desa ini, tentu nantinya bisa memberikan motivasi.

Editor: Penjab.Radio Dermaga.

Info ini bisa disimak di 100,9 FM radio Dermaga Sekadau, atau di dermagafm.com, streaming di hp anda




Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya