Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Acara Syukuran Kades Mondi: Kerja sama, Kunci sukses Desa Mondi

Terima Kasih semuanya.
Walon Thomas Lino, Kades Mondi periode 2022-2028
Sekadau, dermagafm.com - Warga Desa Mondi Kecamatan Sekadau Hulu diajak bersyukur kepada Tuhan atas terpilihnya Walon Thomas  dan bentuk syukuran ini dilakukan dengan ibadat secara Katolik dan dilanjutkan dengan suguhan malam hiburan di dusun Bandan, tanah kelahiran sang Kades pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022.

Acara syukuran  ini diawali dengan ibadat sabda yang dipimpin oleh pemimpin agama Dusun Bandan, yang intinya sebagai umat beriman, pantaslah beryukur kepada Tuhan karena salah satu warganya terpilih menjadi Kepa Desa. Dalam kotbahnya pemimpin umat ini mengharapkan agar umat berdoa bersama-sama agar Kepala Desa yang baru ini selalu sehat dan bisa memimpin warganya dengan lancar sesuai dengan janjinya dan mengabdikan diri untuk seluruh masyarakat.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat yaitu pak Jaman, dalam kesan dan pesannya sebagai warga Desa Mondi, mengatakan bahwa Kepala Desa yang baru dilantik tanggal 4 Oktober lalu adalah kepala desa untuk semua warga desa Mondi.

"Tidak ada lagi nomor 1 nomor 2 atau nomor 3, semuanya sudah melebur menjadi satu karena proses pemilihan sudah selesai dan malam ini kita semua diundang tanpa membeda-bedakan kelompok manapun,"jelasnya.

Kepala Desa Walon Thomas atau yang dikenal dengan sebutan Lino, menurut Pak Jaman hadir untuk semuanya, untuk semua dusun yang ada di desa Mondi.

"Malam ini kita diajak bergembira dan bersyukur di kampung halamannya, dusun Bandan, agar kita semua yang dulunya berbeda pilihan, bersatu atas nama Desa dan tadi kita sudah mengungkapkannya dan memohon doa kepada Tuhan, jadi mulai saat ini kita lepaskan semua persoalan pilkades,"harapnya.

Dalam sambutannya, Kades terpilih Walon Thomas mengungkapkan rasa kegembiraannya atas dukungan semua warga Desa Mondi dan secara khusus mengucapkan terima kasih atas kehadiran masyarakat pada acara syukuran tersebut.

"Saya sangat-sangat berterima kasih terutama kepada Pemerintah Kabupaten Sekadau, Pemerintah Kecamatan Sekadau Hulu, kepada Kepala Desa sebelum saya, kepada kita semua sebagai warga masyarakat Mondi, dusun Bandan, Gedet, Sungai Agong, Landas, Bau, Jangka Riam, RT Berumang  dan semuanya yang bersedia hadir pada acara syukuran kita pada malam hari ini karena saya terpilih sebagai kepala desa untuk semuanya. Masyarakat desa kita ini adalah masyarakat majemuk, terdiri dari berbagai macam suku dan agama. Saya sengaja mengatakan kita beryukur, bukan saya sendiri yang bersyukur, sebab tanpa dukungan bapak ibu saudara semuanya, saya tidak bisa apa-apa dan tentu saja tidak bisa berjalan dalam membangun desa ini," ujar Lino

"Harapan saya untuk kedepannya untuk bapak ibu sekalian, desa Mondi, saya  minta dengan rendah hati, mari, aboh, kita bangun desa ini dengan semangat kebersamaan agar lebih baik dan lebih maju ke depan. Tanpa kerjasama, kita tidak akan maju,"tambahnya.

Kepala Desa juga mengatakan bahwa dalam proses pembangunan ini, apa lagi sebagai Kepala Desa baru, tentu harus mengacu pada program-program prioritas. Untuk itu silahkan masyarakat dari berbagai dusun di desa Mondi, menyampaikan usulannya kepada desa.

"Kita membangun desa tentu dengan skala prioritas ya, bapak ibu sekalian, ini pembangunan atas nama pemerintah demi masyarakat, dana pembangunan diajukan atas nama masyarakat dan untuk itu saya mohon dengan rendah hati agar kita berpartisipasi aktif, tidak perlu takut mengusulkan, jangan ngomongkan unek-unek di belakang, mari ketemu dengan saya dan kita bisa diskusikan berhadapan, biar lebih mudah dan terbuka. Jika ada usulan atau kritikan maka sampaikan kritikan atau usulan tersebut dengan staf desa, atau perwakilan BPD dan akhirnya pada saya sebagai kepala Desa Mondi. Saya mau kita membangun desa ini bersama-sama,"lanjutnya. 

"Harapan dan permintaan saya yang lain dalam kesempatan ini, yaitu saya minta dengan hormat, setelah proses pilkades ini berlangsung sampai dilantiknya saya sebagai Kepala Desa, maka saya minta kita saling merangkul sehingga tidak ada lagi kelompok-kelompok pendukung, tetapi seiring sejalan, berjalan beiringan, sebab dukungan dan kerja sama ini adalah modal kita membangun desa,"tutup Kades.

Editor: Penanggung Jawab Radio Dermaga 

Info ini bisa disimak di 100,9 FM Radio Dermaga Sekadau, atau bisa dengar di HP android anda, dermagafm.com

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya