Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Dialog Radio: Makna Lahirnya Pancasila, Ini kata Dr. Masiun


Sekadau, dermagafm.com - Tanggal 1 Juni 1945 adalah hari lahirnya Pancasila dan 1 Juni merupakan hari libur nasional dan dengan tetap mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia dan sebagai warga negara Indonesia tentu kita tetap wajib mempertahankan Pancasila ini di manapun kita berada. 

Hal ini dikatakan oleh Dr. Masiun, selaku Ketua BOD, Board Of Directot CU Keling Kumang saat siaran di radio Dermaga dengan tema "makna hari Kelahiran Pancasila", pada hari Senin tanggal 22 Mei 2023.

Turut hadir pada acara dialog live tersebut Kabid Kesatuan Bangsa, Badan Kesbangpol, Oscar, juga CEO CU Keling Kumang, Valentinus. 

Dr. Masiun mengatakan bahwa Pancasila ini satu hal yang sangat penting, mendasar bagi sebuah bangsa  seperti Indonesia yang beragam karena Pancasila adalah filsafat hidup Sekaligus merupakan ideologi negara dan kalau sebuah bangsa berdiri tanpa ideologi tanpa filsafat hidup yang kuat maka negara itu tidak akan tumbuh menjadi bangsa yang besar. 

"Negara yang besar ada  karena ada dasarnya, yaitu Pancasila dan kehadiran Pancasila luar biasa penting yang sejak lama telah  dicanangkan oleh Ir. Sukarno sejak dia berada di Flores kemudian sejak Indonesia merdeka dan persiapan  Indonesia merdeka dan didiskusikan banyak orang  dan kemudian ditetapkanlah Pancasila dan ini adalah satu produk bangsa kita sendiri yang menjadi tulang punggung yang menjadi penopang juga menjadi suluh yang sangat berkembang sampai saat ini, "tutur Dr. Masiun saat menjawab pertanyaan host Radio Dermaga. 

Terkait dengan keberadaan CU Keling Kumang, Dr. Masiun mengatakan bahwa mereka sudah mempraktekkan kepada 200.000 lebih anggotanya dan juga bagi gerakan CU Keling Kumang, juga dalam lembaga pendidikan sampai dengan Institut Teknologi Keling Kumang, tentu dengan berbagai kekurangannya, sangat menjunjung tinggi kelahiran Pancasila serta maknanya bagi masyarakat di kabupaten Sekadau khususnya dan di Kalimantan Barat pada umumnya. 

Sementara itu Kabid Kesatuan Bangsa, Oscar mengatakan bahwa pemerintah kabupaten Sekadau memang selalu memperhatikan hal-hal terkait dengan kelahiran Pancasila yang serta mempraktikkan ke dalam kehidupan pegawai pemerintah dan juga kepada masyarakat kabupaten Sekadau. Pancasila adalah salah satu dari empat pilar kebangsaan. 

Sedangkan CEO CU Keling Kumang, Valentinus, pada kesempatan tersebut menjelaskan bahwa pada dasarnya CU itu adalah Koperasi dan sebagai koperasi CU KK menjadi salah satu pilar ekonomi Indonesia, sebagaimana dinyatakan pasal 33 undang-undang 1945.

"Karena CUKK ini lahir di Kalbar, tentu lah kami sangat konsern menjadikan kesejahteraan anggota sebagai tujuan dan karena CUKK adalah sebuah gerakan pemberdayaan, tentu juga kami tetap melaksanakan pemberdayaan dan  mengamalkan Pancasila dalam segala aspeknya, "ujar CEO asal Mengkurai, Kecamatan Sepauk ini. 

Pada kesempatan tersebut CEO CUKK juga menyampaikan bahwa anggota CU KK sudah 211,302 dengan 70 kantor cabang di seluruh Kalimantan Barat dengan total aset 1,9 triliyun ini dan akan segera membuka kantor cabang di wilayah Kalimantan Tengah melalui wilayah perbatasan dengan Kabupaten Melawi. 

Editor: PenJab Radio

Info ini bisa disimak di dermagafm.com atau di radio dermaga 100,9 FM. 

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya