Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Credit Union Keling Kumang, Kini Perluas Wilayah Pelayanan di Kecamatan Balai Batang Tarang

 

Rangkaian acara Pembukaan Kantor CU Keling Kumang  (Distric Office) Wilayah Kecamatan Balai Batang Tarang, Jumat, 10 Juni 2023.
Sekadau, dermagafm.com – CU Keling Kumang kembali perluas wilayah pelayaannya menuju Kecamatan Balai Kabupaten Sanggau. Hal ini terlihat pada acara Pembukaan Kantor Distrik Office Pelayanan CU KK di Batang Tarang, pada hari Sabtu, 10 Juni 2023.

Radio Dermaga berhasil mewancarai via telpon WA dan disiarkan langsung melalui Radio Dermaga 100,9 FM dan streaming dermagafm.com, melalui Kepala Bagian Promosi CU KK, Edi Hendy. Adapun yang diwawancarai adalah Camat Balai, Ketua BOD CU Keling Kumang dan CEO CU Keling Kumang sesaat setelah selesai acara pembukaan tersebut.

Menurut Camat Balai, Ayus S.Pd, MM acara ini berlangsung dengan baik dan dibuka dengan acara Pemberkatan Gedung baru oleh Pastor Paroki dan dihadiri oleh Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kabupaten Sanggau, Sy. Ibnu Marwan SH, M.Si,  Kepala desa, juga Camat Tayan serta sejumlah tokoh masyarakat.

“Terima kasih kepada CU KK yang sudah membuka kantor di wilayah ini dan saya selaku Camat di sini menyambut baik kehadiran CU KK ini, karena ini nanti akan membantu masyarakat di sini terutama bagi yang belum masuk CU dan masyarakat yang secara ekonomis, masih kurang,” jelasnya.

“Semoga nanti ke depan Khususnya di Kecamatan Balai kehadiran CUKK dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat terutama perekonomian dan juga nanti dengan adanya partisipasi dari kawan-kawan CUKK ini kedepannya dapat meningkatkan sumber daya manusia Itu sendiri,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Board Of Director (BOD) CU KK, Dr.Drs.Stefanus Masiun SH, ME mengatakan bahwa di kecamatan Balai ini sudah mempunyai 171 anggota dan kehadiran CUKK di sana memang sebagai rekan kerja bersama 6 CU lainnya.

“Menurut laporan dari teman-teman bahwa di sini sudah ada 171 anggota  dan menurut informasi dari Pastor John, Pastor Paroki masih 50% dari penduduk Batang Tarang, yang penduduknya berjumlah 80.000 jiwa, CU yang sudah ada  di sini ada tujuh CU dengan CU KK. CU Keling Kumang nantinya harus bersama-sama dengan CU yang sudah ada dengan gerakan yang sederhana,yaitu  kita gerakan masyarakat yang belum ber- CU  supaya ber CU, sebab tujuan kita (CUKK) hadir itu adalah mengangkat harkat martabat dan harga diri Tebtunya juga mengangkat  taraf hidup masyarakat,”tegas Masiun yang juga Rektor Institut Teknologi Keling Kumang Sekadau.

“Kemarin (jumat) saya sudah bertemu dengan kelompok inti untuk pelatihan, saya katakan mari masyarakat kita yang taraf hidupnya menengah kebawah ini kita ajak untuk ikut ber-CU dan dukungan para kepala desa sangat baik Camat Balai  juga Camat Tayan,  kita hadir bukan untuk bersaing tapi kita bersama-sama berkolaborasi dengan CU lain yang telah ada, kita bersama-sama mengangkat taraf hidup masyarakat disini, “pungkasnya.

Ketua BOD Keling Kumang juga menyampaikan keberadaan SMK Keling Kumang,  perguruan tinggi, Institut  Keling Kumang yang ada di Kabupaten Sekadau. Ketua BOD juga menyampaikan bahwa sambutan Kepala Dinas Koperasi, sebaiknya Keling Kumang membuka SMK di Sanggau supaya nanti lulusan dari SMK Keling Kumang Sanggau bisa untuk melanjutkan ke Institut Keling Kumang dan juga bisa untuk memperkuat gerakan pemberdayaan SDM.

Sementara itu, CEO Keling Kumang, Valentinus SE, MM dalam wawancara yang sama mengatakan bahwa kehadiran CUKK adalah untuk berkolaborasi dengan CU lainnya, bukan bersaing sesama CU.

“Kalau CU Keling Kumang  sendiri yang hadir di kecamatan Balai Batang Tarang bukan pesaing untuk CU-CU yang sudah ada, tapi kita membangun kolaborasi. Tadi dalam sambutan pak camat mengatakan dari 80.000 jiwa masyarakat kecamatan Balai Batang Tarang,  masih 50% masyarakat  belum menjadi anggota CU, berarti 18.000 belum ber-CU dan dari 18.000 tersebut 20% taraf hidupnya dibawah garis kemiskinan,”jelas CEO.

Menurut CEO CU Keling Kumang, tujuannya hadir adalah untuk meningkatkan standar hidup masyarakat dan juga akan  merekrut menjadi anggota CU Keling Kumang,  dan setelah menjadi anggota CU KK  kita damping.

“Salah satu target kita untuk Kecamatan Balai ini dan beberapa anggota minta diadakan pelatihan lapangan petani kelapa sawit,  itu yang pertama,  kedua pelatihan penanaman jagung hibrida karena itu masih menjadi salah satu komoditi alternatif yang bisa dikembangkan karena kita langsung memberikan bibit melalui Keling Kumang Agro,”tegasnya.

Menurut informasi dari Kepala Bagian Promosi CUKK, bahwa acara sehari sebelumnya, diadakan Pelatihan Kelompok Inti yang terdiri dari anggota yang sudah masuk dan materi diberikan oleh panitia dengan mendatangkan Ketua BOD dan CEO Keling Kumang.(FJ)

Editor: Pen Jab. Radio

Info ini bisa disimak di radio Dermaga 100,9 FM atau di dermagafm.com

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya