Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Festival Adat Budaya di Desa Maboh Permai, ditutup, Simak Pesan Wabup Sekadau

Wabup, Ketua DAD, Muspika dan Tokoh masyarakat berfoto di deoan pentas utama setelah acara penutupan

Sekadau, dermagafm.com - Festiva Adat Budaya SP2 Desa Maboh Permai Kecamatan Belitang yang telah diselenggarakan sejak hari Minggu tanggal 25 sampai tanggal 26 Juni, secara resmi ditutup oleh Wabup Sekadau, Subandrio SH, hari Selasa  tanggal 27 Juni 2023.

Sebelum acara dimulai, Wakil Bupati dan rombongan, yaitu Ketua DAD sekaligus anggota DPRD, Jefrai Raja Tugam, Kabid Kebudayaan Dinas Pemuda olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan, Camat, Kapolsek dan Danramil Belitang, para Kepala Desa sekecamatan Belitang serta sejumlah tokoh adat masyarakat termasuk media radio Dermaga, disambut dengan tarian adat Dayak, dari Sanggar Lesong Salutam yang diketuai oleh Pinsin, di pintu Gerbang. Setelah rombongan tiba di tempat, kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan diselingi dengan pertunjukan oleh pasukan merah, atau disebut TBBR Belitang. Selain dari pertunjukan TBBR, juga diadakan pertunjukan lainnya oleh para pemenang lomba dan pertunjukan dari para anggota sanggar, diantaranya Kuda Lumping dan... 

Dalam sambutannya di depan ribuan penonton, Kepala Desa Maboh Permai, Sebastianus mengatakan bahwa sebagai Kades, tentu dia harus mengucapkan terima kasih atas para panitia yang sudah melakukan berbagai kegiatan dan kepada para donatur, dan secara khusus diucapkan terima kasih kepada CU Bima  sebagai sponsor utama kegiatan festival ini.

"Terima kasih kepada Wabup Sekadau yang sudah rela datang ke wilayah ini, sebab ini sebagai tanda bahwa pemerintah terus memperhatikan perkembangan wilayah kami ini, terim kasih kepada peserta dan warga yang sudah ikut serta mendukung, jugakepada CU Bima yang menjadi sponsor utama kegiatan ini,"katanya.

Sementara itu Camat Belitang, Hermansyah dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Desa Maboh Permai. 

"Saya sangat berterima kasih kepada warga Belitang, khususnya di Desa Maboh Permai yang sudah melakukan acara festival ini dan sudah sukses, ini tentu sangat berpengaruh kepada masyarakat yang memang sudah hidup damai satu dengan warga lainnya, di mana ada Dayak, Jawa, Melayu, Cina dan etinis lainnya dan  mereka telah melestarikan budaya, mari kita lestarikan budaya,"ujar Camat. 

Sementara itu Pinsin selaku Sekretaris Panitia Pelaksana  yang juga merangkap MC mengatakan kepada medi radio Dermaga bahwa Perlombaan dalam kegiatan Festival Adat dan Budaya ke-1 Desa Maboh Permai :Bujang dan Dara,. Lomba Bepangkak gasing Pria dan Wanita, Lomba Menyumpit Pria dan Wanita, Lomba Karaoke, Lomba Busana Anak Kreasi Putra dan Putri. 

"Hadiah untuk para sang juara : Piala, Piagam dan uang pembinaan dan yang juara akan kita utus ke tingkat Kabupaten Sekadau mengikuti Pekan Gawai Dayak ke 12 Kabupaten Sekadau. Pengunjung yang hadir mencapai lima ribu jiwa atau orang. Melalui radio Dermaga saya sampaikan bahwa manfaat kegiatan ini selain melestarikan Seni Budaya di Desa Maboh Permai agar hidup di masyarakat tetap harmonis walaupun berbeda suku, agama dan secara tidak langsung memberikan multipalyer effect dengan banyaknya warga yang  membuka Stand dan warung," ujar Pinsin

Sementara itu, Wabup Sekadau Subandrio SH, MH menyambut baik semua kegiatan ini dan berharap agara diteruskan di tahun mendatang.

"Pemerintah menyambut baik semua kegiatan di sini, yang tentunya merupakan pengamalan dari Visi dan Misi Kabupaten Sekadau yang maju, mandiri dan bermartabat dan sebagai bagian dari pengembangan IP3K Kabupaten Sekadau, tentu hal ini kami sambut baik dan terus mendapat dukungan dari pemerintah,"kata Wabup.

"Kepada warga masyarakat kecamatan Belitang, khususnya warga desa Maboh Perrmai, saya ucapkan selamat dan sukses dan teruskan kegiatan ini di masa mendatang,"singgung Wabup.(FJ) 

Editor: PenJab Radio Dermaga

Info ini bisa didengarkan melalui Dermaga FM.com atau radio Dermaga 100,9 FM Sekadau


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya