Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Calon Kardinal, Bapa Pengakuan yang Meminta Maaf kepada Yesus karena Terlalu Banyak Mengampuni

Sekadau, dermagafm.com

HIDUPKATOLIK.COM – Pastor Luis Dri, 96, seorang biarawan Kapusin yang telah mengaku selama bertahun-tahun di Tempat Suci Bunda Maria Pompeii di Buenos Aires, pada malam hari, biasa meminta pengampunan di depan Sakramen Mahakudus (Tabernakel) untuk banyak absolusi, dengan berkata: “Itulah Engkau, Siapa yang memberiku contoh buruk!”

Bahkan jika dia yang terakhir dalam daftar, dia pasti bukan yang terakhir di hati Paus Fransiskus.

Mengumumkan daftar kardinal baru yang akan menerima topi merah dalam Konsistori 30 September pada 30 September, Bapa Suci menyelesaikan daftar itu dengan nama seorang biarawan Fransiskan lanjut usia, yang, sejak pensiun pada 2007, tinggal di ruang pengakuan dosa yang kedap suara, tempat kudus Bunda Maria dari Pompei di Buenos Aires, Argentina.

Ia adalah Pastor Luis Pascual Dri, seorang Kapusin, lahir di Federación, Provinsi Entre Ríos, Argentina, pada tanggal 17 April 1927, dalam sebuah keluarga di mana semua kecuali satu anak membaktikan diri kepada Allah dalam kehidupan religius.

Paus Fransiskus berbicara tentang dia beberapa kali.

Pertama kali pada 6 Maret 2014, saat bertemu dengan pastor paroki Roma. Dia mengulangi contoh itu beberapa bulan kemudian, pada 11 Mei 2014 dalam homilinya untuk Misa pentahbisan imam. Dia kembali mengutipnya dalam buku-wawancara “The Name of God is Mercy”, kemudian melakukannya sekali lagi pada Februari 2016 selama homili di Santo Petrus dengan para biarawan Kapusin, dan dalam pertemuan baru-baru ini dengan para imam Roma di St. Yohanes Lateran dan dengan para bapa pengakuan Jubileum.

Ketika berbicara tentang pengakuan dosa dan menerima peniten di ruang pengakuan dosa, pikiran Paus Fransiskus selalu tertuju padanya.

Paus Fransiskus: Saya ingat seorang bapa pengakuan yang hebat

“Saya ingat seorang bapa pengakuan yang hebat, seorang imam Kapusin, yang menjalankan pelayanannya di Buenos Aires. Begitu dia datang menemui saya, dia ingin berbicara. Dia berkata kepada saya: ‘Saya datang untuk meminta bantuan Anda. Orang-orang di depan ruang pengakuan dosa, orang-orang dari segala jenis, rendah hati dan kurang rendah hati, tetapi juga banyak imam…. Saya banyak memaafkan, dan kadang-kadang saya merasa ragu, ragu karena terlalu banyak mengampuni’.”

“Kami berbicara tentang belas kasihan, dan saya bertanya kepadanya apa yang dia lakukan ketika dia merasakan keberatan itu. Dia menjawab saya seperti ini: ‘Saya pergi ke kapel kecil kami, di depan tabernakel dan berkata kepada Yesus: ‘Tuhan, ampuni saya karena saya telah memaafkan terlalu banyak. Tapi Andalah yang memberi saya contoh buruk!’ Ini, saya tidak akan pernah lupa. Ketika seorang imam menghidupi dirinya sendiri seperti ini, dia bisa memberikannya kepada orang lain.”

Tujuh tahun lalu, kami pergi mencarinya di tempat suci yang didedikasikan untuk Perawan Pompei di Buenos Aires. Ada sangat sedikit orang, itu adalah sore yang agak gerah. Hanya satu ruang pengakuan dosa yang dibuka, seorang biarawan dengan pakaian Kapusin sedang menunggu di dalam, di antara panel-panel kedap suara berwarna putih yang menyerupai studio radio tua. Itu dia.

Mengapa Paus mengutipnya

Dia memberi tahu kami mengapa Paus begitu sering mengutipnya.

“Saya, semua hal dipertimbangkan, saya, saya tidak akan mengatakan teliti, tapi katakanlah sedikit kuatir dalam pengakuan. Ketika dia adalah seorang kardinal di sini di Buenos Aires, saya sering curhat padanya. Saya akan pergi dan berbicara dengannya dan sekali Saya menceritakan semua ini kepadanya. Dia mengatakan kepada saya: ‘Maafkan, maafkan, kamu harus memaafkan’. Dan saya: ‘ya, saya memaafkan, tetapi kemudian saya ditinggalkan dengan kegelisahan tertentu dan itulah sebabnya setelah itu, saya pergi kepada Yesus dan beri tahu Dia bahwa Dialah yang mengajari saya, bahwa Dia memberi saya contoh buruk, karena Dia memaafkan segalanya, dia tidak pernah menolak siapa pun. Anda dapat melihat bahwa kata-kata ini mengejutkan Paus Fransiskus, melekat padanya. Dia tahu bahwa saya mengaku banyak, selama berjam-jam, di pagi dan sore hari. Dan lebih dari sekali, dia menasihati beberapa imam, untuk beberapa masalah, untuk datang dan berbicara dengan saya. Saya telah mendengarkan mereka dan sekarang kami berteman baik, dengan beberapa dari mereka sering datang, kami berbicara, dan mereka bergaul dengan sangat baik, secara rohani, secara pastoral.”

“Saya harus berterima kasih banyak kepada Paus atas kepercayaan yang dia berikan kepada saya, karena saya tidak pantas menerimanya. Saya bukan seorang pribadi, seorang imam, seorang biarawan, yang telah melakukan studi, saya tidak memiliki gelar doktor, saya tidak memiliki apa-apa. Tapi hidup telah mengajari saya banyak hal, hidup telah menandai saya, dan sejak saya lahir sangat miskin, saya merasa saya harus selalu memiliki kata-kata belas kasihan, pertolongan, kedekatan, bagi siapa saja yang datang ke sini, belum dipahami atau dibenci atau ditolak.”

Dalam pengakuan sampai lilin padam

Para biarawan yang menghabiskan setiap pagi dan setiap sore di kamar pengakuan, melanjutkan “sampai lilin habis”, tidak memiliki nasihat khusus untuk diberikan kepada “rekan” bapa pengakuannya: “Apa yang dikatakan Paus. Saya tidak bisa mengatakan apa-apa lagi, karena saya merasakannya, karena saya menjalaninya. Belas kasihan, pengertian, mencurahkan seluruh hidup saya untuk mendengarkan, untuk memahami, untuk dapat menempatkan diri pada kulit orang lain, untuk memahami apa yang terjadi. Kita tidak boleh, mulai dari diri saya sendiri, pejabat yang baru saja lakukan sesuatu: ‘Ya, saya memberinya absolusi. ‘Ya, tidak, dan hanya itu.’ Justru sebaliknya.

“Saya pikir kita harus memiliki kedekatan tertentu, keramahan khusus, karena kadang-kadang ada orang yang tidak tahu betul apa itu pengakuan. ‘Jangan takut, jangan khawatir’. Pengakuan… satu-satunya hal yang diperlukan adalah keinginan untuk menjadi lebih baik, tidak ada yang lain. Anda tidak perlu memikirkan dengan siapa, atau berapa kali, atau itu atau yang lain. Semua hal ini tidak membantu. Saya merasa seperti mendorong orang itu menjauh. Dan saya harus membuat orang lebih dekat kepada Tuhan, kepada Yesus.”

Sedangkan kepada para pendosa, biarawan yang sekarang akan memakai topi merah itu selalu memberikan nasihat: ‘Jangan takut. Saya selalu menunjukkan gambar ini, gambar ini melambangkan pelukan Bapa terhadap Anak yang Hilang. Karena mereka bertanya kepada saya: ‘Tetapi apakah Tuhan akan mengampuni saya?’… Tuhan memelukmu, Tuhan mengasihimu, Tuhan berjalan bersamamu, Tuhan datang untuk mengampuni, bukan untuk menghajar, Dia datang untuk bersama kita, Dia meninggalkan surga untuk menjadi bersama kita. Jadi bagaimana kita bisa takut! Bagi saya itu hampir merupakan suatu absurditas, ketidaktahuan, gagasan yang salah, tentang Allah Bapa kita’.

Bapa Pengakuan, sekarang Kardinal Terpilih, adalah sosok yang mengingatkan pada Pastor Leopoldo Mandic, yang memiliki sikap yang sama dengan orang-orang di kamar pengakuan. “Ya, ya, saya mengenalnya dengan baik; saya membaca kehidupannya dan belajar banyak darinya,” cerita Pater Dri.

“Saya juga belajar dari Padre Pio: Saya bersamanya pada tahun 1960. Dan semua ini banyak mengajari saya. Saya bersama Padre Pio, saya mengaku dosa dengannya, saya berada di biara yang sama pada tahun 1960. St Leopold dan St Pio mengajari saya begitu banyak, begitu banyak hal indah tentang belas kasih, cinta, kedamaian, ketenangan, kedekatan. Meskipun Padre Pio begitu kuat, begitu energik, ketika dia harus mendengarkan dan memaafkan, dia adalah Yesus.’ **(FJ)

Andrea Torinelli (Vatican News)/Frans de Sales


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya