Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Bupati Sekadau Buka Kegiatan Penurunan Stunting Tingkat Desa

 

Bupati Sekadau, buka acara Penurunan Stunting Tingkat Desa, Selasa 4 Juli 2023.

Sekadau, dermagafm.com – Bupati Sekadau, Aron SH membuka Kegiatan Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa Dalam penanganan Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Desa di Aula Kantor Bupati Sekadau, hari selasa, 4 Juli 2023.

Turut hadir dalam acara tersebut, Dirtektur RSU Sekadau, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, serta semua camat dalam Kabupaten Sekadau, para kepala Desa dan sejumlah awak media dan tokoh masyarakat

Kepala Bidang Penataan dan Kerjasama Desa Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa Kabupaten Sekadau menyampaikan tujuan kegiatan adalah Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa dalam penanganan percepatan penurunan stunting tingkat dengan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah agar pemerintah Desa dapat merumuskan merencanakan dan menjalankan program-program yang dapat menunjang penanganan penurunan stunting di wilayah kerja masing-masing.

“Adapun narasumber yang akan menyampaikan materi pada kegiatan hari ini yang pertama adalah ketua tim percepatan penurunan samping kabupaten Sekadau yang kedua kepala bidang administrasi Pemerintah Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan desa Kabupaten sekadaung dan yang ketiga Kepala Bidang pemberdayaan masyarakat desa pada dinas masyarakat dan desa kabupaten Sekadau,” tuturnya.

Bupati Sekadau, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dalam rangka mewujudkan visi Sekadau, Pemerintah kabupaten Sekadau melakukan berbagai akselerasi pembangunan dalam upaya menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi dimasyarakat, salah satunya adalah masalah stunting.

"Pada tahun 2022, angka prevalensi Stunting kabupaten Sekadau berada pada kategori tinggi, yaitu 35,5% berada di atas angka rata-rata prevalensi stunting provinsi kalimantan Barat 28,8% dan nasional 21,6%,"ucapnya.

Menurut Bupati, dari data di atas, maka Pemerintah Pusat menjadikan Kabupaten sekadau sebagai salah satu Kabupaten yang menjadikan penurunan angka stunting sebagai  program prioritasnya. Bupati berharap untuk melakukan penurunan Stunting bukan hanya menjadi tanggungjawab salah satu pihak saja, namun menjadi rangkaian atau proses kerja sama semua bidang dan semua stekholder termasuk para kepala desa dan masyarakat pada umumnmya.

"Tidak hanya menjadi tanggung jawab bidang kesehatan saja namun menjadi rangkaian atau proses kerja sama semua bidang, khususnya dalam kaitannya terhadap pelayanan terhadap ibu hamil,"harap Bupati.

“Pemerintah telah menetapkan Prevalensi Stunting pada tahun 2023 sebesar 16% dalam rangka percepatan penurunan stunting dan Pemerintah Kabupaten sekadautelah menerbitkan peraturan Peraturan Bupati Nomor 36 Tahun 2022 tentang percepatan penurunan stunting terintegrasi dan membentuk tim pencegahan penurunan stunting di Kabupaten Sekadau dan lewat Keputusan Bupati no 44/82/Dinkes PP&KB-BI tahun 2022. Bahwa dengan diterbitkannya keputusan ini, maka tanggung jawab penanggulangan stunting adalah tanggung jawab seluruh stake holder,” tegas Bupati.

Bupati berharap kepada semua stake holder agar memberikan pelayanan prima kepada ibu-ibu, anak, dan calon pengantin, Penyediaan air minum, sanitasi dan pemukim yang layak bagi masyarakat atau keluarga, pemberdayaan dan peningkatan pendidikan serta pengetahuan masyarakat terkait pentingnya pola hidup sehat serta pemanfaatan keluarga, lahan dan pekarangan dalam rangka pemenuhan kebutuhan vitamin dan gizi keluarga serta masyarakat.

"Saya berharap pemerintah desa dalam hal ini para kepada desa yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan mengetahui sejauh mana kondisi masyarakatnya baik dalam bidang pembangunan, kesejahteraan dan bidang lainnya," kata Bupati.

 

Editor: Penj Radio

Info ini bisa disimak di Radio mDermaga 100,9 FM dan di medsos radio dermagafm.com

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya