Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Siaran khusus Tentang Upaya Turunkan Stunting: Ketua TP PKK Kabupaten Sekadau Katakan Hal ini

Siaran Tentang Turunkan Stunting Bersama Ketua TP PKK dan Kabid Pengendalian Penduduk, Kamis 24 Agustus 2023.

Sekadau dermagafm.com - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Magdalena Susilawati Aron, mengadakan siaran di radio Dermaga Sekadau bekerja sama dengan Dinas Kesehatan. Bidang Pengendalian Penduduk dan Pergerakan Kabupaten Sekadau, Wihelmus Pranseda SKM, MAP, tentang upaya penurunan Stunting pada hari Kamis tanggal 24 Agustus 2023.

Acara dengan host Nico Bohot ini didampingi oleh Kepala Bidang Pengendalian Penduduk ini disiarkan secara live streaming di dermagafm.com dan siaran live Facebook radiodermaga.

Pada kesempatan tersebut Kabid  pengendalian penduduk mengatakan  bahwa untuk di Kabupaten Sekadau di tahun 2021 terdapat 26,44% berdasarkan data SSGI di tahun 2022 angka SSGI  ini berdasarkan survei status gizi Indonesia harus diturunkan tentunya sesuai dengan target dari Presiden RI yaitu di tahun 2024 mendatang 17% atau bahkan 14% untuk Kabupaten Sekadau.

"Ada beberapa intervensi yang memang telah kita laksanakan sampai saat ini mulai dari pemberian tablet tambah darah kepada anak kelas 7 dan kelas 10 terus penguatan kader di lapangan yakni tim pendamping keluarga, aksi bergizi di sekolah-sekolah sedang berjalan, terakhir di SMP 08 Simpang Kayu Lapis dengan Wahana Visi Indonesia dan TPS kabupaten dan sekarang adalah BAS,  bapak anak asuh stunting terdapat 87 orang,"katanya.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Magdalena Susilawati Aron menjelaskan tentang peran Pokja kabupaten Sekadau dalam upaya penurunan stunting yaitu ada empat Pokja yang semuanya terintegrasi untuk penanganan 10 program pada saat ini Lokus pada percepatan penurunan stunting.

"Yang pertama itu ada pembinaan karakter keluarga di situ ada program unggulan dengan mencegah perkawinan anak, dan kita berharap sekarang anak-anak tidak menikah di usia anak  yang kita cegah melalui pokok-pokok pikiran dan selanjutnya pendidikan dan peningkatan ekonomi keluarga,"ujarnya.

Menurut Ketua TP PKK bahwa melalui PAUD Holistik diharapkan anak-anak PAUD kita memiliki gizi yang baik sehingga mereka siap untuk belajar untuk meneruskan amanat dari orang tua.

"Karena anak itu adalah harapan kita, masa depan bangsa dan negara kita, maka di Pokja 3 juga ada penguatan ketahanan keluarga dan PKK juga bekerjasama dengan PKK di semua desa, dan nanti untuk urusan persiapan perkawinan, akan bekerjasama dengan Pastor Paroki, para pendeta dan organisasi Islam,"tegasnya.

Dalam acara yang berlangsung 45 menit ini banyak hal yang dibahas terkait program PKK dan usaha Dinkes dalam rangka penurunan stunting dan juga menjawab pertanyaan beberapa WA dari pendengar Radio Dermaga.

Pada bagian akhir siaran, Ketua TP PKK dan Kepala bidang pengendalian penduduk Dinas mKesehatan mengucapkan closing statement yang mengajak masyarakat Kabupaten Sekadau untuk bersama-sama berpartisipasi menurunkan angka stunting sehingga siap menyongsong Indonesia emas di tahun 2045. (Tim)

Editor: PenJab Radio

Info ini bisa disimak juga di radio dermaga 100,9 FM atau di dermagafm.com di HP Android Anda.


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya