Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di SMK KK: Mari Tingkatkan Wawasan Kebangsaan

Kegiatan sosialisasi Wawasan Kebangsaan di SMK Keling Kumang, Senin 7 Agustus 2023.

Sekadau, dermagafm.com- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik melakukan sosialisasi wawasan Kebangsaan di SMK Keling Kumang Sekadau, yang dihadiri oleh Kepala SMK KK, Dinas Pendidikan, Danramil Sekadau Hilir, sebagai narasumber, hari Senin 7 Agustus 2023.

Menurut Kepala Sekolah SMK Keling Kumang-Rendon S. Pd - bahwa acara ini bekerja sama dengan Badan Kesbangpol, juga dengan Dandim 1204 Sanggau dan Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau dan tentu sangat bermanfaat. 

"Kita sangat mengapresiasi sekali dengan kegiatan ini terutama untuk anak-anak kita kalangan pelajar khususnya di SMK sebab dengan adanya kegiatan-kegiatan ini tentunya ini memberikan nilai positif bagi kalangan pelajar saat ini bahwa anak kita di kalangan pelajar sudah sibuk sekali dengan adanya  teknologi informasi berupa HP tadi sehingga selama ini HP itu memberikan terutama kecenderungan bernilai negatifnya, maka kegiatan ini kita dukung, "ujarnya.

Sementara itu Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Massa Kabupaten Sekadau, Hermanto SP, kepada radio Dermaga menuturkan bahwa kegiatan ini bertemakan "bagaimana generasi muda dalam menguatkan nilai-nilai kebangsaan"dan diikuti oleh perwakilan Siswa-siwi SMK Keling Kumang dengan menghadirkan Kabid Wawasan Kebangsaan- Oscar, perwakilan Dandim Sanggau dan unsur Dinas Pendidikan. 

"Ini merupakan tugas dan tanggung jawab kita selaku SKPD di Kabupaten sekadau yang berperan dalam menjadikan genertasi muda dalam merajut kebihinnekaan, menjaga NKRI dan mengantisipasi diri dari hal-hal atau pengaruh-pengaruh luar sehingga ketahanan nasional semakin kuat untuk negeri kita ini,"katanya.

Terkait dengan 17 Agustus 2023 ini, Hermanto mengharapkan agar semua warga Kabupatensekadau mengibarkan bendera merah putih di setiap halaman rumahnya.

"Sejak 1 Agustus ini kita berharap agar masyarakat bisa mengibarkan bendera Merah Putih sebagai wujud kebangsaan kita dalam menyambut hari jadi kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia dan nanti akan ada membagikan bendera gratis kepada masyarakat di betang Youth Centre dan di sekretariat UKM Centre pada tanggal 9 Agustus hari rabu dan akan dilouncing oleh Bupati sekadau," tambahnya.

Lebih lanjut Kabid Politik dalam. Negeri dan ormas menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah yang pertama:  

1.      Memberikan pemahaman kepada seluruh komponen bangsa masyarakat kabupaten sekadau dan khususnya, kepada generasi muda bahwa negara.

2.      Kesatuan republik indonesia memiliki ciri khas kebhinekaan, ras, suku, budaya, dan agama dan kita bertekad untuk menjadi satu bangsa, satu tanah air, dengan satu bahasa indonesia

3.  Menguatkan rasa nasionalisme atau rasa kebangsaan sebagai bagian dari identitas dunia yang bermartabat. sehingga memberikan kesadaran bahwa bangsa indonesia adalah bangsa yang besar dengan seluruh potensi alam dan penduduknya, yang wajib dijaga dari upaya-upaya pelemahan dan penguasaan oleh bangsa lain.

4.      Menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan serta tetap tegaknya kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia menyegarkan kembali pemahaman terhadap empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, serta melestarikan nilai-nilai sosial budaya.

5.      Meredam berkembangnya penonjolan sikapprimordialisme sempit, kesukuan, kedaerahan dan mencegah disintegrasi bangsa.

      Hadir juga pada acara tersebut, beberapa dewan guru SMK Keling Kumang dengan siswa-siwsi terpilih perwakilan. (FJ) 

    Editor: PenJab. Radio

R

E


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya