Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Semarak Sambut HSN Panitia Siapkan Sejumlah Agenda

Klivetvindonesia.com (Sekadau) - Sejumlah Yayasan Pondok Pesantren di Sekadau Sedang Mempersiapkan Agenda Penting Untuk Memperingati Hari Santri Nasional (HSN)

HSN tersebut bertepatan pada tanggal 22 Oktober 2023.Sementara di Belitang  akan berlangsung agenda  PORSESI atau Pekan Olah Raga dan Seni Santri yang digagas oleh para Pengelola dan Guru Madrasah Diniyah, TPA/TPQ dan Rumah Tilawah di Wilayah tiga Belitang meliputi Belitang Hilir, Belitang dan Belitang Hulu.

Agenda PORSESI akan dihelat kurang lebih selama 2 Minggu dengan agenda sejumlah perlombaan baik perlombaan dalam bentuk unjuk kebolehan Santri dalam penguasaan ilmu agama dan praktek Ibadah seperti tajwid, hapalan Qur'an, praktek sholat, adzan, cerdas cermat, barzanji, Hadrah, pidato serta olahraga 

Ustadz Syaifuddin ketua Panitia yang sekaligus merupakan Kepala Madrasah Diniyah Al Amin Maboh Permai dan juga merupakan Ketua MWC NU Kecamatan Belitang menjelaskan bahwa persiapan kegiatan sudah 90 %, rapat persiapan sudah dilaksanakan dua kali dan besok pada hari Jum'at 28 September 2023 akan dilaksanakan teknikal meeting dan cabut undi.

"Kegiatan kita laksanakan mulai tanggal 15 Oktober bertempat di Madrasah Diniyah Al-Amin Maboh Permai, peserta berasal dari 3 Kecamatan yaitu Belitang, Belitang Hilir dan Belitang Hulu, kegiatan ini digagas dan dibiayai secara mandiri oleh peserta yang mengutus," demikian Mas Udin sapaan akrab Ustadz muda kelahiran Kabupaten Batang Jawa Tengah ini menjelaskan.

Ustadz Syaifuddin juga menambahkan bahwa nantinya juga akan dilaksanakan Apel Santri sebagai upaya penumbuh semangat belajar dan kecintaan terhadap status sebagai Santri serta rasa syukur atas ditetapkan nya Hari Santri sebagai Hari Nasional.

"Kegiatan juga akan ditutup dengan pengajian dan Apel nantinya, Semua orang antusias bahu-membahu untuk mensukseskan  kegiatan ini, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung dan mohon doa agar acara berjalan lancar tanpa kendala,"Sambungnya

Selain kegiatan PORSESI ini, juga akan dihelat Pengajian oleh Ibu - Ibu Muslimat NU Kecamatan Belitang dengan Menghadirkan Kiyai Dudung dan Abah Kiyai Ahmad Mafrudin dari Pondok Pesantren Miftahul Huda, Manonjaya Tasikmalaya Jawa Barat. Kegiatan ini akan dilaksanakan Kamis pagi pada tanggal 05 Oktober di Pondok Pesantren Fajar Belitang, dengan malam harinya digelar Acara Nariyahan oleh Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor Kecamatan Belitang.

"Kita juga akan gelar pengajian Muslimat NU Kecamatan Belitang dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional, pada Kamis pagi tanggal 05 Oktober 2023 di Pondok Pesantren Fajar Belitang dengan malam nya didahului acara Nariyahan oleh Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor," Ungkap  Ibu Ninik Winarsih aktifis penggerak Muslimat NU yang sekaligus Penyuluh Agama Islam Kemenag ini menjelaskan kepada awak media.

Selain tiga agenda itu, saat bersamaan juga digelar Open Turnamen Bola Volly dan Tenis meja mulai tanggal 01 Oktober 2023 bertempat di Pondok Pesantren Fajar Belitang juga, yang kepanitiaan nya diketuai oleh Bapak Firman Munawar selaku kepala Dusun C Desa Belitang Satu.

"Persiapan Open  Turnamen Bola Volly dan Pingpong dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional di yang bertempat di Pondok Pesantren Fajar Belitang sudah 100 %, lapangan sudah dicor dengan bantuan dan gotong royong bersama seluruh elemen masyarakat, dan kita persilahkan club untuk segera mendaftar selagi masih ada waktu pendaftaran, kita sediakan hadiah dan piala untuk para pemenang " demikian Bapak Firman yang akrab dipanggil Cu Atek tersebut menjelaskan kepada awak media.

Bapak Firman juga memperjelas bahwa Turnamen ini bersifat Open, jadi siapa saja boleh daftar tidak hanya untuk yang muslim dan santri saja, karena Hari Santri itu sudah ditetapkan sebagai Hari Nasional oleh Pemerintah.

"Turnamen ini sifatnya Open, jadi siapa pun boleh daftar bukan hanya untuk yang Muslim dan santri saja, teknikal meeting akan kita laksanakan tanggal 30 September 2023 dan kick off akan dilaksanakan tanggal 01 Oktober 2023 dilapangan Volley Ball dihalaman lokal Pondok Pesantren Fajar Belitang, mari daftar kan sebanyak mungkin Tim dan Club terbaik anda semua,"Tambah Cu Atek.

Tokoh muda yang satu ini memang dikenal ringan langkah dalam terjun ke masyarakat mengurusi urusan sosial kemasyarakatan, beliau adalah pemimpin yang dekat dengan masyarakat dan selalu hadir kapan pun masyarakat memerlukan.

Diketahui selain agenda di Belitang sejumlah tempat seperti Pondok Pesantren Hasan Al Marwi Engkersik, Pondok Pesantren Mambaul Khairat Landau Kodah dan juga Pondok Pesantren Al Rahmah juga akan menggelar kegiatan menyambut dan memeriahkan Hari Santri Nasional tahun ini di Kabupaten Sekadau.

Reporter: Iwan Soleh

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya