Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Simak Pesan Pastor Paroki Sekadau Tentang BKSN 2023

Pastor Martinus CP, Pastor Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau.

Sekadau, dermagafm.com -  Bulan September ini bagi umat Katolik adalah Bulan kitab suci nasional yang disebut dengan BKSN di mana umat Katolik seluruh Indonesia dan khususnya di paroki Sekadau mengadakan berbagai kegiatan dengan tujuan agar umat Katolika makin mendalami makna kitab suci dalam hidupnya. Hal ini dikatakan oleh Pastor Paroki Sekadau, Pastor Martinus CP kepada radio dermaga di ruang kantornya belum lama ini.

"Bulan September ini oleh Gereja Katolik dijadikan bulan kitab suci nasional dengan tujuan supaya umat kristiani khususnya  agama katolik semangkin mengenal  kitab suci lebih akrab dengan kitab suci, mengetahui makna Kitab Suci,  mengandung firman Tuhan disampaikan kepada kita manusia melalui perutusan yang para nabi para rasul," ujar Pastor.

Menurut Pastor Martinus, tujuannya secara umum adalah untuk keselamatan kita umat manusia ,supaya firman itu sungguh­­-sungguh mendarat dalam diri kita manusia yang terbentuk dalam satu buku kitab suci itu dan oleh karena itu gereja itu merencanakan satu bulan khusus bagi umat agar lebih dekat dengan kitab suci yaitu dengan membaca, merenung  tema yaitu disampaikan umat.

Sekedar diketahui bahwa bagi umat Katolik, Alkitab itu terdiri dari 46 Kitab Perjanjian Lama dan 27 Kitab Perjanjian Baru. Ini merupakan ajaran yang harus diketahui oleh setiap umat Katolik.

Pastor Paroki juga menjelaskan bahwa inspirasi kegiatan Bulan kitab suci nasional tahun ini yaitu dari Kitab Nabi Yunus dan Nabi Yoel dengan tema "Allah sumber kasih dan keselamatan," dengan perikop Kitab Yunus Bab 4 Ayat 2 yang berbunyi " Engkaulah Allah yang pengasih dan penyayang, yang panjang sabar dan berlimpah kasih setia."

"Allah  sumber kasih dan keselamatan ini inspirasinya dari kitab nabi Yunus dan Nabi Yoel dan  untuk menanggapi thema ini, kita umat Paroki Santo Petrus dan Paulus bersama-sama telah membuka bulan ini dengan misa tanggal 3 September lalu,"kata Pastor.

Pastor Martinus CP juga menjelaskan bahwa panitia BKSN sudah dibentuk beberapa waktu yang lalu dan sudah menunjuk saudara Abun Tono selaku ketua panitia bersama dengan timnya dan sudah mempersiapkan segala sesuatunya terkait dengan kegiatan ini BKSN tahun ini.

"Yang pertama tama kita mengadakan pendalaman tentang tema BKSN tersebut dengan umat di Kring dalam kota Sekadau selama 4 kali pertemuan dan juga di stasi atau kampung-kampung yang akan disampaikan pula oleh Tim Katekese dengan tourne ke stasi-stasi,"tambah Pastor.

Terkait dengan kunjungan tim katekese tanggal 16-17 september nanti Pastor Martinus CP berharap kepada umat supaya bisa menyambut tim ini dengan baik dengan hadir pada saat ibadah malam minggu maupun hari minggunya.

"Kita mengutus beberapa orang sebagai anggota tim Katekese untuk menyampaikan tema tersebut ke kampung dan supaya orang di kampung juga bisa merasa tersentuh dengan kegiatan BKSN ini dan saya berharap agar umat bisa menyambut dengan baik tim tersebut sebagai bentuk dukungan kepada kegiatan BKSN di Paroki", lanjut Pastor.

Pastor Martinus CP juga menjelaskan kegiatan BKSN selain pendalaman kitab suci, juga ada beberapa kegiatan yang kita laksanakan lebih dulu yaitu cerdas cermat kitab suci, lomba Membaca KS, lomba mazmur dan olahraga pertandingan  bola voli putra dan putri yang merupakan sarana untuk memeriahkan bulan kitab suci nasional ini .

Terkait dengan kegiatan BKN tanggal 27 sampai dengan 30 September di Betang Youth Center Sekadau Pastor Martinus CP juga mengundang umat untuk hadir memeriahkan kegiatan BKS yang ini sebagai bagian dari pengungkapan iman kepada Tuhan.

"Kepada umat umat dikampung, kita undang semuanya untuk hadir memeriahkan  bulan  kitab suci  nasional tanggal 27-30 September nanti. Pembukaan  kegiatan BKSN tanggal 27 september ini dengan pawai, setelah itu nanti selama 4 hari sampai tanggal 30 nanti ada perlombaan- perlombaan,"ajak Pastor Martinus CP.

Melalui radio dermaga 100,9 FM, Pastor Martinus CP juga berharap kepada umat agar segera menghubungi panitia atau para Ketua kring untuk menanyakan hal-hal yang terkait dengan kegiatan bulan kitab suci di Paroki Sekadau ini.

"Selamat merayakan BKSN Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau dengan Thema Allah Sumber Kasih dan Keselamatan."

Editor: PenJab Radio

Info ini bisa didengarkan melalui radio dermaga 100,9 FM atau di dermagafm.com di HP Android Anda.

 .

 


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya