Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Serikat PELIKHA Sekadau Berbenah

Foto bersama di depan Sekretariat PELIKHA DPC Sekadau 

Sekadau dermagafm.com - Serikat pekerja adalah merupakan organisasi perkumpulan para pekerja atau buruh yang memiliki tujuan untuk melindungi hak-hak para pekerja dengan tujuan agar karyawan dapat menyelesaikan masalah terkait pemenuhan hak mereka oleh perusahaan.

Hal ini dikatakan oleh Ketua Serikat Pekerja Pejuang Katulistiwa DPC PELIKHA Sekadau Kornelius Nene kepada media radio Dermaga saat meliput kegiatan rapat internal lembaga tersebut  di sekretariat PELIKHA ini di jln Keling Kumang Sekadau pada hari Minggu 8 Oktober 2023.

Rapat Serikat Pekerja Pejuang Katulistiwa ini dihadiri oleh. Antonius Unok sebagai Wakil Ketua DPC, juga hadir Sekretaris DPC, Sabinus Suparjo, Ketua PUK Perusahaan,  diantaranya Lorensius Triyono, ketua PUK PT APN, Y Heli Alianus atau Pk Dadeng, wakil Koordinator DPC  PELIKHA dan sejumlah pengurus lainnya. PUK adalah singkatan dari Pimpinan Unit Kerja sebuah perusahaan yang diketuai oleh salah satu tokoh pekerja yang dianggap layak.

Menurut Ketua yang akrab disapa Nene ini bahwa Rapat kordinasi internal bertujuan bersosialisasi hal-hal yang baru karena organisasi ini juga baru di mata para pekerja di kabupaten Sekadau dan sudah terdaftar secara online di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab Sekadau.

"Siilaturahmi dengan para Ketua PUK, juga dengan anggota, itu tujuan pertemuan kali ini dan saya sampaikan terkait iuran adalah untuk anggota agar supaya serikat ini berjalan sesuai  etikad baik berazaskan AD/ART,"ujarnya.

Menurut Nene, iuran  khusus DPC kab Sekadau yg sudah di sepakati bersama dan kita tahu kegunaannya adalah untuk keberlangsungan dn hidupnya organisasi ini  terutama hal administrasi, operasional  serta saat ada kegiatan penyelesaian masalah, rapat, maupun kegiatan lainnya di daerah kerja kita masing².berlaku mulai di tingkat PUK,  DPC,DPD dan DPP ( pusat )   di seluruh wilayah kerja provinsi Kalbar. 

"Kita ingin semua perusahaan yg berinvestasi di kabupaten Sekadau bisa segera mendukung,mensuport Serikat Pekerja ini karena ini wadah yang sifatnya universal, sebagai dasar nya adalah UU no 21 tahun 2000 kebebasan berserikat. Melindungi, membela,dan memperjuangkan,hak-hak dan kepentingan pekerja demi terwujudnya kehidupan pekerja di kabupaten Sekadau khususnya,dan pda umum nya Indonesia dan keluarganya yg adil, sejahtera,dan bermartabat. Moto kita adalah Pengusaha Jaya Karyawan Sejahtera, hubungan kerja yang harmonis dan dimamis,"tambahnya.

"Oleh karena itu kita hadir  di tengah-tengah perusahaan bukan hanya menyelesaikan masalah tetapi justru membantu dan menciptakan suasana supaya tidak terjadi masalah  terutama dalam hal produksi dan produktivitas perusahaan itu sendiri  sebagai mitra," tutupnya 

Menurut Nene, saat ini sudah terbentuk 9 PUK di beberapa perusahaan perkebunan.

Sementara itu, Lorensius Triyono selaku Ketua PUK dari perusahaan APN menyatakan bahwa dirinya bersama lebih dari 50 anggotanya siap mendukung program kerja Serikat Pekerja PELIKHA ini.

"Saya hanya mengusulkan supaya ada pertemuan langsung pengurus DPC PELIKHA dengan anggota di lapangan dan bila perlu bertemu langsung dengan pihak perusahaan supaya perusahaan tahu bahwa kita siap mendukung perusahaan selama perusahaan itu mendukung dan memenuhi hal-hal kewajibannya kepada kita sebagai pekerja,"katanya.

Hal senada disampaikan oleh rekan-rekan lainnya yang berharap supaya ada kerjasama yang baik antara perusahaan dan para pekerja sebagai sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. 

Editor: PenJab Radio

Info ini bisa didengarkan di radio dermaga atau di dermagafm.com.


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya