Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Sekda Sekadau, Buka Workshop TP PKK Kabupaten Sekadau: Kita Turunkan Prevalensi Angka Stunting.

Foto Bersama Peserta dengan Sekda Kabupaten Sekadau

Sekadau, dermagafm.com -  Sekda Sekadau, Ir,Muhammad Isa M.Si membuka Worksop Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau dengan thema Workshop Upaya Penurunan Prevalensi Angka Stunting melalui Gerakan Tim  Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Tahun 2023, diikuti oleh 100 peserta terdiri dari istri-istri Kepala Desa dan organisasi wanita. Kegiatan ini berlangsung di aula Gedung PKK Sekadau, hari sabtu tanggal 9 Desember 2023.

Dalam sambutannya Ketua TP. PKK Magdalena Susilawati Aron, SP, mengucapkan selamat datang kepada para peserta workshop, dan menyampaikan penurunan prevalensi angka stunting melalui gerakan TP,PKK kabupaten Sekadau tahun 2023 menuju kabupaten Sekadau yang maju sejahtera dan bermartabat.

“Upaya penurunan prevalensi stunting melalui gerakan TP. PKK Kabupaten Sekadau tahun 2023 menuju kabupaten Sekadau yang maju sejahtera dan bermartabat,  jadi mengapa kami mengambil tema ini karena isu stunting masih menjadi isu strategis yang perlu kita perangi bersama, kita tangani bersama sampai dengan tahun 2024, Seperti yang disampaikan ketua panitia bahwa angka stunting di kabupaten Sekadau Tahun 2022 diangka 35,5% artinya masih banyak anak kita yang dan indikasi stunting dari 100 kelahiran ada kurang lebih 36 anak yang stanting ini yang perlu kita perangi bersama. Seperti Instruksi Presiden pada pidatonya, untuk penanganan starting di 2024. kita diharapkan turun di angka 14% jadi ini untuk  akhir tahun kita, upaya kita bersama-sama untuk memberantas stunting, mengurangi prevalansi angka stunting, jadi sebagai upaya kita juga dalam menyusun rencana kerja dari masing-masing kita di tahun 2024 yang akan datang. “kata Ketua TP. PKK.

Ketua TP. PKK berterima kasih atas kehadiran tiga narasumber yang akan memberikan materi, Pemateri pertama Dr.spesialis anak, kedua dari Wahana Visi Indonesia yang ketiga Bapak spesialis psikolog anak yang bernama Dimas Apangesti.

Selanjutnya dia berharap kepada semua peserta dapat berkontribusi hingga kegiatan selesai.

“Saya berharap semuanya dapat berkontribusi mengikuti kegiatan hari ini hingga selesai,  karena kegiatan ini jarang sekali kita laksanakan, semoga di akhir tahun ini kegiatan ini benar-benar bermanfaat untuk kita semua. “harap Ketua TP. PKK.

 Ketua TP. PKK  juga menyampaikan bahwa dalam rangka ulang tahun Kabupaten Sekadau, TP. PKK Sekadau  melaksanakan penanaman 70  pohan yang tersebar di tujuh kecamatan.

“Dalam rangka ulang tahun sekadau kami ada kegiatan tanam pohon, kami akan menanam pohon di 7 kecamatan, ada 70 pohon yang akan kita tanam,  di kecamatan masing-masing 10 pohon untuk tahun ini, karena isu lingkungan kerusakan lingkungan menjadi isu strategis perlu kita kendalikan bersama jadi saya berharap kita semua bisa menjaga kelestarian lingkungan hidup, “Ketua TP. PKK.

Mari kita menjaga bersama-sama melakukan hal-hal kecil dengan cinta kita yang besar untuk menjaga bumi tempat tinggal kita bersama tetap menjadi sahabat bagi kita.

Sementara itu, Sekda Sekadau, Ir,Muhammad Isa M.Si, atas nama pemerintah Kabupaten Sekadau mengapresiasi kegiatan dalam rangka HUT Pemda yang dilaksanakan oleh TP. PKK Kabupaten Sekadau dalam rangka workshop yaitu upaya prevalensi stunting melalui Gerakan TP. PKK.

Dalam sambutannya Sekda menyampaikan bahwa, kegiatan workshop sangatlah penting, sangat bermanfaat apalagi momen ini dalam rangka memperingati HUT Pemkab sekadau.

“Jadi tentu kegiatan workshop ini sangat penting dan sangat bermanfaat apalagi momen yang diambil pada hari ini untuk memperingati HUT Pemkab Sekadau yang jatuh pada tanggal 18 Desember, peran yang diambil PPTK ini ini sudah tepat dan strategis mengapa karena di dalam Permendagri  tahun 2003 tentang penyusunan APBD Kabupaten kota untuk di seluruh Indonesia, peran TP. PKK  masuk di dalam peraturan menteri itu.  TP. PKK itu memang menjadi prioritas untuk mendukung pemerintah daerah dalam rangka Salah satunya adalah program yang saat ini prioritas sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah nasional tahun 2020-2024 itu salah satu prioritasnya penanganan stunting. “kata Sekda.

Ir.Muhammad Isa juga mengatakan bahwa Kegiatan ini  sangat strategis tinggal bagaimana semua stakeholder untuk mendukung kegiatan ini karena dalam peraturan perundang-undangan peran TP. PKK ini sangat strategis, strategis itu dimaksudkan semua untuk mendukung program pemerintah, saya harapkan karena ini sebenarnya adalah program OPD, program SKPD, jangan terbalik jangan TP. PKK yang lebih banyak menangani, TP. PKK sebenarnya hanya mensupport SKPD mendukung SKPD, SKPD yang harus bergerak lebih cepat.

Selesai pembukaan, acara dilanjutkan dengan workshop dengan 3 narasumber hingga pukul 14.30.(FJ)

Editor: PenJab Radio

Info ini bisa didengarkan melalui radio Dermaga 100,9 Fm, atau bsa dimonitor melalui radio streaming dermagafm.com di HP anda 


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya