Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Bupati Sekadau Aron, S.H Hadiri Natal bersama Pakomo'an Binua Kanayatn Kabupaten Sekadau.

 Foto bersama Pengurus  Pakomo'an Binua Kanayatn kabupaten Sekadau. 2024-2029  bersana Bupati dan undangan lainnya 

Sekadau, dermagafm.com - Pakomo”an Binua Kanayant melaksanakan Natal Bersama Sekaligus Pengukuhan Pengurus Pakomo”an Binua Kanayatn Kabupaten Sekadau periode 2024-2029. Tema Natal 2023, Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera dibumi, 21 Januari 2024 di Ketaketik Sekadau. 

Laporan ketua panitia, Alexander Ogar, pertama megucapkan terimakasih kepada undangan yang hadir dan mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru dikukuhkan dengan penuh harapan pengurus Pakomo”an Binua Kanayatn Kabupaten Sekadau periode 2024-2029. Yang sudah dikukuhkan dapat menjalankan tugas dengan baik sehingga membawa organisasi ini lebih baik dan martabat.

Sementara itu Fransisco Uwardianus yang kerap di sapa Mejeng, ketua Pakomo'an Binua Kanayatn, dalam sambutannya mengatakan bahwa, Melaksanakan Natal bersama tahun 2023 ini adalah momentum untuk mengumpul keluarga yang jauh yang jarang bertemu.

“Natal bersama tahun 2023 ini kita laksanakan supaya keluarga yang jauh dari berbagai Kecamatan bisa hadir bisa bertemu diacara natal bersama ini, karena yang hadir pada acara hari ini juga ada beberapa dari kecamatan lain keluarga kerabat yang tinggal di daerah lain. “kata ketua Pakomo”an Mejeng.

Pepetah tak ada rotan akarpun jadi lanjut Mejeng, saya terpilih 18 November tahun lalu itu sudah sesuai dengan masa jabatan,

“Saya selaku ketua Pakomo”an  Binua Kanayatn terpilih pada tanggal 18 November tahun lalu dan dikukuhkan hari ini, ini seperti pepetah tak ada rotan akarpun jadi,  saya terpilih 18 November tahun lalu itu sudah sesuai dengan masa jabatan. Jadi saya terpilih dengan berkat dukungan kita semua, saya berterima kasih atas dukungan masyarakat,  yang mendukung saya kembali untuk bisa memimpin Pakomo”an  Binua Kanayatn ini. “jelas nya.

Mejeng sebagai ketua Pakomo”an terpilih menyampaikan beberapa pesan untuk anggota Pakomo”an dan seluruh warga Kanayat Yang diperantauan. 

“Pesan untuk kita semua pertama terkait dengan berbagai pekerjaan diberbagai daerah Semoga selalu menjaga kekompakan, persatuan, Jangan sampai terpecah belah,  Kita tidak lama lagi menghadapi Pemilu politik praktis jangan bawa organisasi nanti gara-gara pilihan berbeda lalu pacar biar, dan silakan gunakan hak pilih kita pada tanggal 14  Februari 2024

Kedua mari kita semua mendukung pemerintahan bupati dan wakil bupati yang ada sekarang, kalau ada kekurangan mohon dimaklumi jadi tidak ada pemimpin yang sempurna pasti ada kekurang dan kelebihanya.

Ketiga,  kepada seluruh anggota Pakomo”an dari dulu kami sudah berusaha bawa atau lihat organisasi menuju ke arah modern karena apa? dari situlah kita akan dikenal orang, kita akan disegani orang,  ya jika ada beda pendapat itu wajar,  silakan , tapi Ame pemisahkan dirik

Kami sudah sepakat membuat lembaga bantuan hukum dan saat ini  sudah membentuk badan otonom hukum dan badan otonom adat istiadat."pesan Mejeng. 

Sementara itu di tempat yang sama ketua Dewan Adat Dayak (DAD) yang diwakili oleh Isbianto Sekretaris DAD kabupaten Sekadau mengatakan bahwa, sesuai pesan dari ketua DAD supaya warga Sekadau yang tinggal  didaerah aliran sungai (DAS) agar selalu hati-hati dan waspada dengan kondisi tingginya intensitas hujan yang menyebabkan banjir dan juga meminta agar semua paguyuban untuk membentuk bidang hukum guna mengantisipasi jika ada anggota terjerat hukum.

Sambutan Kapolres Sekadau AKBP Dr. I Nyoman Sudama, S.I.K., M.S.i  menyampaikan bahwa, pihaknya punya angan-angan untuk mewujudkan kabupaten Sekadau yang aman dan damai, angan-angan itu bisa terwujud bila di dukung oleh semua pihak.

"kami dari Polres  Sekadau memohon dan meminta doa restu dan kerja sama dari bapak ibu semua dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban wilayah kabupaten Sekadau, Kami punya pandangan punya angan-angan dan cita-cita untuk mewujudkan Sekadau yang aman dan Sejahtera dan juga Kami selalu punya angan-angan untuk memberi rasa aman dan damai kepada masyarakat di kabupaten Sekadau ini, “ kata Polres Sekadau.

Pesta demokrasi (Pemilu 2024), adalah event kita bersama lanjut Kapolres, Kami menghimbau bapak ibu untuk menjaga keamanan dan ketertiban wilayah Sekadau, kita tahu bahwa kabupaten Sekadau selama ini sudah aman dan damai, walaupun semikian kita perlu mengantisipasi setiap  gejala di masyarakat yang dapat menimbulkan keributan dan jangan mudah terpancing dengan orang-orang yang ingin merusak keamanan, apapun masalah yang kita hadapi pasti ada solusi,"himbau Kapolres.

Pembina Pakomo'an Binua Kanayatn kabupaten Sekadau, Usman, dalam sambutannya mengatakan bahwa, dirinya menyambut baik setiap program kerja yang di canangkan oleh Pakomo”an ini  dan selamat atas dikukuhkannya pengurus baru Pakomo'an Binua  2024-2029 di kabupaten Sekadau," ucapnya.

Drs. Dr.  Adrianus Asia Sidot, anggota DPR-RI,  dalam sambutannya mengatakan, pentingnya kita menjaga Marwah adat istiadat kita agar menjadi sanksi yang adil bagi semua pihak. “Karena sanksi adat bisa menimbulkan efek jera sekaligus bisa menjadi pendamai bagi semua pihak, makanya kita harus mengedepankan sistim penerapan Adat yang baik  supaya kita disegani oleh orang diluar kita," kata Adrianus Asia Sidot.

Maria Goreti anggota DPD diacara yang sama menyampaikan bahwa, para perantau tidak salah kemudian menjadi emas atau  berlian di perantauan.

“Karerna para perantau selalu dan harus berpegang pada pepatah lama dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. “kata anggota DPD Maria Goreti.

Tahun ini adalah tahun kabisat, 4 tahun sekali memiliki tanggal 29 dibulan Februari, tahun ini juga ada Pemilu legislatif Pemilu presiden dan Pilkada, momen seperti ini rentan untuk terkontak-kotak dalam warna,  baik warna merah, kuning, hijau orange, biru dan juga lain-lain,  walaupun lain warna lain pilihan namun kita tetap satu, apalagi  ini bertepatan dengan hari Natal, Yesus yang menjadi juru damai di manapun dia berada,  kita hari ini juga dan seterusnya menjadi juru damai di manapun kita berada karena Yesus itu diidentikkan dengan raja damai. “kata anggota DPD Maria Goreti.

Dalam arahannya Bupati mengatakan, sesuai tema Natal : Kemuliaan bagi Allah dan Damai Sejahtera Di Bumi (Luk : 2:14) pada tema tersebut Gereja ingin berpesan agar kita harus menciptakan damai dan kesejahteraan di Bumi. Pesan ini tentunya berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu tahun ini.

"Sesuai tema Natal kita harus menjaga agar kedamaian dan kesejahteraan terjadi di bumi, terutama di kabupaten Sekadau, karena sebentar lagi  akan menghadapi pesta demokrasi yakni agenda rutin lima tahun sekali, kata Bupati, dalam Pemilu kita pasti ada yang berbeda pilihan, untuk itu meskipun kita berbeda pilihan, tidak membuat kita saling bermusuhan, bahkan tidak bertegur sapa satu sama lain, hal ini tentu perlu kita hindari,"sambung Bupati.

“Artinya kita tidak boleh memberikan sanksi adat dengan semena-mena diluar ketentuan yang sebenarnya, mari kita jaga adat istiadat  sesuai dengan hukum adat  kita, adat istiadat  bisa menjadi hukum yang tertinggi dan akandisegani oleh semua orang,"tutup Bupati (FJ)

Editor PenJab Radio

Info ini bisa disimak di HP Android klik' dermagafm.com.

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya