Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Bupati Sekadau Resmikan Gedung Steling Dusun Belandung Desa Tingting Boyok

Bupati Sekadau Aron SH saat berikan Sambutan 

Sekadau, dermagafm.com - Steling Dusun Belandung Desa Tingting Boyok diresmikan oleh Bupati Sekadau Aron SH pada hari Kamis tanggal 18 Januari 2024.

Hadir mendampingi Bupati, Martinus Ridi Plt Kadis Sosial, Kadis Koperasi dan UKM Emanuel dan Kadis Pemdes, Sabas, juga hadir Subarno anggota DPRD Kabupaten Sekadau beserta Yosef Sumardi serta caleg Adrianus yang dikenal dengan sebutan Ad atau Camat asal Empaong.

Bupati Sekadau memuji kekompakan masyarakat Dusun Belandung dalam membangun steling yang diresmikan ini.

"Anggaran ini dibantu oleh masyarakat dan pihak perusahaan  dan dari pemerintah daerah juga membantu dana yang satu dari program dan yang satunya adalah aspirasi dari bapak Yosep Sumardi,"kata Bupati.

Bupati Aron mengatakan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Sekadau bersama masyarakat sampai saat ini sudah banyak membantu pembangunan rumah adat di beberapa kampung.

"Tahun 2023 kemarin kita bangun di sungai kunyit dan juga rumah adat di Gunung Urau itu ada dari dana bantuan dari Pemda dan ada dari aspirasi yang membantu pembangunannya,"lanjut Bupati.

Bupati mengatakan bahwa pemerintah sadar akan pentingnya pemanfaatan rumah adat agar bisa digunakan selain tempat untuk pertemuan atau  rapat juga untuk pertemuan sosial lainnya untuk mendiskusikan berbagai hal ke depan  Bupati juga mengharapkan bisa belajar dari Bali sebagai tujuan wisata, sebab pendapatan itu terbesar dari  tempat wisata.

"Ke depan kita juga menginginkan seperti apa di kabupaten Sekadau ini, nanti akan ada icon-icon budaya itu bisa kita kembangkan karena harapan untuk jangka panjang kita ini menjadi salah satu tempat wisata yang nanti akan dikunjungi wisatawan,"tambah Bupati.

Bupati juga menyinggung masalah hukum adat di beberapa tempat yang saat ini kurang dirasakan terutama di bidang hukum' sosialnya dianggap biasa-biasa saja, padahal kalo jaman dulu, orang yang dihukum adat secara sosial merasa malu dan bahkan pindah ke tempat lain.

Selain itu Bupati juga menyatakan bahwa pemerintah sudah menganggarkan pembangunan rumah adat dan mudah-mudahan nanti anggota DPRD bisa mensupportnya.

Pada bagian akhir sambutannya Bupati mengingatkan agar pada hari Rabu tanggal 14 Februari 2024 nanti masyarakat bisa menggunakan haknya untuk ikut pemilu.

Sekedar diketahui bahwa peresmian stelling ini dimulai dengan misa syukur yang dipimpin oleh Pastor Paroki Rawak, Pastor Aga CP yang diikuti oleh semua warga dusun Belandung.(FJ)

Editor PenJab Radio

Info ini bisa disimak melalui radio Dermaga 100 9 FM atau bisa didengarkan melalui HP Android Anda klik dermagafm.com.

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya