Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

RAT Central CUKK digelar, Simak Pesan-pesan Berikut

 

Foto bersama: Wabup Sekadau Subandrio SH MH bersama BOD dan anggota CUKK

Sekadau, dermagafm.com - Wakil Bupati Sekadau membuka RAT Sentral CU KK Tahun Buku 2023 di kantor pusat CU KK Tapang Sambas Tapang Kemayau yang dihadiri oleh seluruh perwakilan anggota di seluruh Kalbar dan Kalteng, Sabtu 24 Februari 2024.

CEO CU KK Valentinus, S.Sos. M.M dalam sambutannya mengatakan bahwa bertumbuh kembangnya CU KK  dengan adanya  dukungan anggota,  pencapaian luar biasa CU KK selama 30 tahun  belum pernah mendapatkan atau kredit lalainya di atas 5%.

“Kita harapkan dengan adanya  dukungan dari  anggota CU KK semakin tumbuh berkembang, Seperti yang disampaikan pak Masiun tahun 2023 yang lalu pencapaian luar biasa CU KK adalah selama 30 tahun CU KK belum pernah mendapatkan atau kredit lalainya di atas 5%,  untuk tahun 2023 kredit lalainya CU KK  4,8% dibawah 5% luar biasa untuk CU KK. “kata CEO CU KK Valentinus.

“Terimakasih untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau  yang sudah membantu kita yang memberikan motifasi kepada anggota kita, mendidik kita, pak Emanuel yang ada program yaitu program  pendampingan ibu-ibu penenun dari kumpang Ilong kunjungan ke Ensait Pajak, hasilnya luar biasa dan terimakasih kepada seluruh pendukung CU KK. “kata CEO CU KK Valentinus

Ketua BOD CU KK, Dr. Drs. Stepanus Masiun, menyampaikan bahwa tema yang dipilih sesuai dengan kondisi dunia, Indonesia  bahkan sesuai dengan keadaan anggota CU KK saat sekarang.

“Tema RAT tahun ini adalah mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan dan Bonus Demografi menuju Indonesia Mas  2045, tema ini dipilih karena sangat relevan dengan kondisi dunia, Indonesia dan anggota CU KK saat ini. Eksistensi CU KK ditopang dengan yang disebut travel patung life yaitu pilar sosial, pilar lingkungan dan pilar finansial. “katanya.  

Ketua BOD CU KK melanjutkan bahwa tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan ini sangat penting karena berkaitan langsung dengan anggota kita, CU KK bertujuan satu  tanpa kemiskinan,  tanpa kelaparan, kehidupan sehat dan sejahtera, berpendidikan berkualitas, kesetaraan gender, air bersih dan sanitasi layak, energi bersih dan terjangkau, tercapainya tujuh tujuan pembangunan berkelanjutan menjadi indikator peningkatan standar hidup anggota CU Kk, karena salah satu misi CU KK adalah meningkatkan standar hidup, tahun 2023 CU kita bertumbuh dengan baik  saya mengapresiasi yang tinggi kepada bapak ibu semuanya  kita akan terus membuat CU kita dan gerakan  CU KK makin tumbuh dan berkembang makin baik.

Sementara Pengurus Puskhat menyampaikan bahwa  Keling Kumang  satu dari tujuh CU primer yang bergabung  dengan Puskhat juga sebagai  motor penggeraknya di pusat.

“Dari tujuh CU primer ini gabungannya aset mencapai 4,2t, keanggotaan indipidu  lima ratus ribu lebih di puskhat dan puskhat lebih mengutamakan pendampingan melihat kepada ke sumber daya manusianya, seiring perkembangan CU-CU walaupun sudah besar, kita selalu berhadapan dengan  Tantangan regulasi perpajakan, sebagai organisasi kita mematuhi itu, untuk  akutansi keuangan kita harus menyesuaikannya kita harus memperkuat disektor it nya dan Persaingan antar lembaga keuangan lainya untuk mengatasi tantangan tersebut adalah pelayan terbaik kepada anggota agar anggota meliliki kesetiaan, loyal kepada lembaganya. “ ucapnya.

Di tempat yang sama, Kadis Koperasi & UKM Provisi Kalbar, mengapresiasi  CU KK yang telah melakukan kewajibannya  dengan tepat waktu.

“Kami apresiasi dan beri penghargaan tak terhingga kepada segenap CU KK yang telah melakukan kewajibannya melaksanakan rapat anggota tahunannya ke 31 tahun ini, tahun buku 2023 dengan tepat waktu ini menunjukan KSP CU KK senantiasa konsisten dan komitmen menjalankan koperasi sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku, lembaga pemerintah  yang membidangi koperasi & MKM baik pusat maupun daerah terus mendukung terciptanya tata kelola yang baik dan profesional. “katanya.

Kadis Koperasi & UKM menambahkan bahwa Keberlangsungan koperasi dengan implementasi tata kelola secara internal organisasi yang sadar dan dukungan regulasi pemerintah serta pembinaan dari pembinaan koperasi tidak terlepas dari kesadaran anggota koperasi itu sendiri untuk bersikap responsif terhadap perubahan dinamika transformasi digitalisasi dan tantangan global yang berdampak pada pengelolaan koperasi,  koperasi simpan pinjam harus memastikan identifikasi kemandirian melalui tantangan pernyataan mandiri bahwa tahun 2025 semua KSP harus memastikan identifikasi melalui pernyataan mandiri apakah sebagai koperasi terbuka yang dapat mengayomi non anggota atau koperasi tertutup yang khusus menangani anggota saja.  

Terakhir, Wakil Bupati Sekadau Subandrio SH.MH, mengucapkan selamat kepada pengurus yang terpilih nanti, berharap pengurus terpilih bisa bekerja sama dengan pemerintah.

“Mengucapkan selamat kepada pengurus yang terpilih nanti mudah-mudahan bisa kerjasama dengan pemerintah daerah, berkaitan dengan program kerja supaya bisa melahirkan program-program CU kedepannya inovatif yang bisa menjawab tantangan masyarakat kabupaten sekadau ini, kehadiran CU di Kabupaten Sekadau ini  sangat berdampak luas terhadap perekonomian masyarakat Kabupaten Sekadau.”harap Wabub.

Wabup juga mengatakan, bahwa tujuan akhir CU sama dengan pemerintah daerah untuk mensejahterakan masyarakat.

“Tujuan akhir CU  sama dengan pemerintah yaitu bagaimana menghadirkan kesejahteraan rakyat, kemudian program CU KK selama ini sejalan dengan program Pemerintah Daerah dan tantang yang dihadapi Pemerintah Daerah, “ kata Wabub

Menyinggung soal pendidikan, Wabup menerangkan Data BPS menunjukkan angka rata-rata pendidikan di kabupaten Sekadau adalah masih setara dengan kelulusan Sekolah Dasar (SD). Sehingga IPM nya berada pada peringkat 13 dari 14 kab/kota di Kalbar. Tantangan lainnya adalah bidang kesehatan dimana dari 94 desa yang ada di kabupaten Sekadau, masih ada 9 desa yang belum bebas buang air besar sembarangan (BABS). Selain itu, sanitasi dilingkungan masyarakat kita juga buruk, sehingga berdampak luas, salah satunya dampaknya adalah stunting.

Usai memberikan sambutannya, Wabup Sekadau Subandrio didampingi BOD pengurus dan tamu undangan lainnya memukul gong sebanyak 7 kali sebagai tanda dibuka nya RAT CU KK tahun buku 2023.

Kegiatan selanjutnya adalah  Keling Kumang Award tahun buku 2023, lanjut RAT CU Keling Kumang, dilanjutkan dengan pemilihan Pengurus dan Pengawas dan sumpah  janji. Pengurus, pengawas terpilih.(FJ)

Editor PenJab Radio Dermaga

Info ini bisa disimak melalui radio Dermaga 100 9 FM atau bisa didengarkan melalui HP Android Anda klik dermagafm.com

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya