Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Jadilah Saksi Kristus : Pesan Krisma Bapak Uskup Sanggau di Sekadau

Mgr. Valentinus Saeng CP, didampingi oleh Pastor Martinus CP saat memberikan Sakramen Krisma

Sekadau, dermagafm.com - "Jadilah Saksi Kristus" di mana pun anda berada sebagai orang Katolik, merupakan pesan Mgr. Valentinus Saeng CP, Uskup Keuskupan Sanggau dalam kotbah pada misa penerimaan Sakramen Krisma di Gereja Katolik Paroki Sekadau, hari Sabtu 13 April 2024.

Pada upacara ini terdapat 111 orang Krismawan-krismawati yang didampingi oleh Katekis Paroki Sekadau, yakni Argius dan Yohanes dimana sehari sebelumnya diadakan pelatihan dan pendampingan oleh Bapak Uskup, Pastor Paroki Pastor Martinus CP dan kedua Katekis ini. Selain itu, seluruh calon Krismawan-krismawati ini berasal dari Paroki Sekadau dan ada sejumlah orang dari Paroki Monumental, di antaranya Maria Anggelina yang datang didampingi ayahnya, Lesius Handoko.

Turut hadir dalam misa tersebut, anggota DPP dan BPG Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau, juga sejumlah orang tua dari krismawan-krismawati.

Untuk diketahui bahwa dalam Gereja Katolik terdapat 7 Sakramen yakni Sakramen Baptis, Sakramen Ekaristi, Sakramen Krisma, Sakramen Tobat, Sakramen Pengurapan Orang Sakit, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat. 

Sedangkan Sakramen Krisma merupakan tanda kedewasaan iman seseorang. Penerimaan sakramen Krisma melengkapi rahmat pembaptisan, dan menyempurnakan inisiasi. Melalui sakramen Krisma, seseorang diikat secara lebih kuat dan sempurna dengan Gereja serta diperkaya dengan daya kekuatan Roh Kudus

Dalam kotbahnya, Uskup mengajak umat untuk melihat makna bacaan Kitab suci yang baru saja didengarkan.

"Saya ingin mengajak anda melihat bacaan hari ini bacaan Injil Yesus membuat mukjizat ketika mereka berada dalam bahaya perahunya mau karam karena badai, namun saat Yesus naik ke perahu mereka, tiba-tiba badai berhenti dan mereka sampai di pantai dan selamat dan ada kata-kata yang penting di situ, "Ini Aku, jangan takut" kata-kata itu terus menerus diulang oleh Yesus ketika para muridnya berada dalam bahaya, berada dalam keraguan," ujar Uskup.

Uskup Sanggau melanjutkan bahwa kita mendengar kata-kata yang sama ketika Yesus menampakkan diri kepada para muridnya sesudah dia wafat "jangan takut damai sejahtera bagi kalian" karena itu kita pengikut Kristus harus memiliki keyakinan bahwa janji Yesus menyertai kita bersifat kekal-Aku menyertai kamu sampai akhir jaman.

Uskup juga mengatakan bahwa kita kurang memiliki iman yang kuat karena kita kurang percaya.

"Masalah kita ya satu yaitu tidak memiliki iman yang memadai,  jika kamu memiliki iman sebiji sesawi kamu bisa memindahkan gunung dan penyakit kita, kita tidak pernah menyakini 100 persen bahwa Yesus menyertai kita mendampingi kita dalam setiap langkah hidup kita dalam suka dan duka, kita lupa kita linglung dan hal ini yang terjadi pada diri kita, tapi lihat Yesus berkata inilah Aku jangan takut,"tambah Uskup.

Uskup juga mengatakan bahwa sebagai orang-orang katolik, orang-orang kristen,  kita dibentuk menjadi orang yang menikmati kasih Allah dan bagi kita yang menerima sakramen Krisma hari ini maka kita harus menjadi saksi Kristus dalam kehidupan kita sehari-hari.

"Semoga apa yang saya sampaikan ini sungguh-sungguh bisa diterima, walaupun kita jatuh ke dalam dosa jangan kuatir ada sakramen pengakuan dosa, maka  mengakui dosa-dosa kita kepada Tuhan kita mohon ampun kita ini hidup dalam daging, kita masih memiliki segala kelemahan  karena jadi orang Katolik itu tidak gampang, itulah sebabnya Tuhan mengingatkan supaya hati kita berdamai, kita orang beriman,  bukan orang berdosa, sebab orang beriman jika melakukan kesalahan, dia akan bertobat, maka berusahalah menjadi orang Katolik yang baik,  kalau kita jatuh dalam dosa jangan malu mengaku dosa-dosa kita,"tutupnya.

Pada bagian akhir misa, Pastor Martinus CP mengucapkan terima kasih atas kepada Bapak Uskup Sanggau atas penerimaan sakramen Krisma dan mengucapkan selamat kepada semua krismawan krismawati yang sudah menerima sakramen Krisma.(FJ)

Editor PenJab Radio 

Info ini bisa disimak di dermagafm.com di Google Chrome HP anda.



Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya