Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Bangkitkan Semangat Cinta Budaya: BPK Adakan Diskusi Antar Penggiat Budaya

Foto bersama: BPK  dan Penggiat Budaya Kalbar di dermaga Pontianak 

Sekadau, dermagafm.com - Upaya pemajuan kebudayaan di Indonesia khususnya di daerah, menghadapi berbagai tantangan diantaranya kurang kuatnya peran komunitas pelaku seni budaya di daerah dan paradigma peran pemerintah yang masih menggunakan sudut pandang eksekutor.

Hal ini menjadi topik kegiatan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah 12 Kalbar pada tanggal 24 sampai 26 Mei 2024 di Pontianak. 

Acara ini diikuti oleh 50 stakeholder dari Dinas Pendidikan Kebudayaan Provinsi Kalbar, komunitas lintas seni budaya, penggiat, pemerhati budaya Kalimantan Barat serta berbagai pihak yang terafiliasi dengan kegiatan kebudayaan Kalimantan Barat, dimana dari Sekadau hadir radio dermaga sebagai penerima aki Tahun 2022 yang lalu dan juga Tawak Borneo Sekadau. 

Tema kegiatan ini jelajah warisan budaya peran komunitas budaya dalam pembuatan ekosistem kebudayaan di Kalimantan Barat. 

Acara ini dibuka oleh PLT BPK Wilayah 12 Dra Dwi Murwaningrum dan dua narasumber Luh Gede Suparyani dan Muda Mahendrawan sebagai pemerhati bidang kebudayaan Kalimantan Barat. 

Dalam press release yang disampaikan bahwa kehadiran para narasumber diskusi kelompok serta pleno oleh stakeholder yang terlibat diharapkan mampu mendorong terbentuknya kemitraan antar sekunder kebudayaan dirumuskannya rencana program dan strategi organisasi dalam penguatan ekosistem kebudayaan dan tersusunnya rencana cipta ruang berbasis potensi warisan budaya. 

Kegiatan ini selaras dengan dua dari 6 tugas dan fungsi BPK wilayah 12 yaitu fasilitasi pemanfaatan cagar budaya dan objek pemajuan kebudayaan serta pelaksanaan kemitraan di bidang pelestarian cagar budaya objek yang diduga cagar budaya dan objek pemajuan kebudayaan. 

Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan seluruh kabupaten/kota Kalimantan Barat ini, berlangsung di dua tempat, pembukaan sampai dengan diskusi awal, berlangsung di Ballroom Orchard Hotel Gajah Mada dan pada hari kedua dilanjutkan kegiatan menjelajahi kawasan ruang publik dengan topik dan warisan budaya dengan menyusuri Sungai Kapuas. (NB)

Editor PenJab Radio Dermaga 

Info ini bisa dengarkan melalui radio Dermaga 100 9 FM atau bisa didengarkan melalui HP Android Anda klik dermagafm.com




Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya